Pengertian, tujuan, dan ruang lingkup filsafat ilmu – Berdasar pada pendapat para ahli yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa pengertian filsafat ilmu merupakan telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, baik ditinjau dari segi ontologis, epistemologis maupun aksiologisnya. Dengan kata lainfilsafat ilmu merupakan bagian dari epistemologi (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik mengkaji hakikat ilmu.

Sejarah Filsafatilmu tidak terlepas dari periodisasi sejarah terdahulu yaitu sejak dari caraberpikir yang sangat sederhana hingga cara berfikir modern. Zaman kemajuan ilmu pengetahuan modern yang dikelompokkan kedalam beberapa masa yaitu :

Filsafat ilmu zaman sejarah.Pada masa ini manusia telah mempunyai kemampuan menulis, membaca dan menghitung sehingga setiap peristiwa dapat dicatat dan dapat memperkecilkesalahan.Di zaman ini telah dapat memasyarakatkanpengetahuansecara luas walaupun disampaikan lisan.

Zaman logam. Zaman ini masuk kategori kebudayaan klasik.Pada masa ini perkembangan ilmu lebih pesat lagi yaitu telah ditemukannya logam yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah perhiasan yang indah dan mahal harganya.Kemampuan yang tinggi, kemudian dipakai untuk hal-hal diabadikan dalam bentuk patung yang sekarangmasih tersimpan dalam museum.

Filsafat ilmu zaman Yunani dan Romawi.Perkembangan know-how di masa ini tingkatannya lebihmaju dari zaman sebelumnya.Pengetahuan empiris berdasarkan sikap receptive attitude mind, artinya bangsa Yunani tidak dapat menerima empirissecara pasif reseptif karena mereka memiliki jiwaan inquiring attitude.

Filsafat ilmu pada masa islam. Ilmu pengetahuan dan teknologi lahir dari kandungan islam yaitu menemukan metode ilmiah menjadi kunci rahasia pembuka rahasia alam yang jadi perintismodernisasi eropa dan Amerika. Percobaan-percobaan yang dilakukan dalam dunia islam mirip dengan percobaan trial and error untuk membuat logam emas yang sangat berharga.

Filsafatilmu pada abad ke 18 dan 19 pada masa ini kecepatan perkembangan ilmu pengetahuanpada abad-abad berikutnya sangat menakjubkan, Ilmu pengetahuan empiris makin mendominasi ilmu pengetahuan. Penemuan-penemuan pada akhir abad 18 di dominasi olehpengetahuan dibidang fisika.

Tujuan Filsafat Ilmu

Tujuan Filsafat ilmu ialah mendalami unsur-unsur pokok ilmu sehingga secara menyeluruh kita dapat memahami sumber, hakikat dan tujuan ilmu. Selain itu, filsafat ilmu juga memahami sejarah pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan ilmu diberbagai bidang sehingga kita mendapatkan gambaran tentang proses ilmu kontemporersecarahistoris.

Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

Ruang lingkup filsafat ilmu meliputi beberapa bidangsalah satunya oleh Peter Angeles yang membagi ke dalam empat bidang kajian, yaitu :

  1. Telaah berbagai konsep, pra anggapan dan metode ilmu untuk memperoleh pengetahuan yang ajeg dan cermat.
  2. Telaah dan pembenaran mengenai proses penalaran dalam ilmu.
  3. Telaah mengenai saling kaitan diantara berbagai ilmu.
  4. Telaah mengenai akibat-akibat pengetahuan ilmiah bagi hal-hal yang berkaitan dengan penerapan dan pemahaman manusia terhadap realitas hubungan logika dan matematika dengan realitas.

filsafat ilmu

Ruang lingkup filsafat ilmu mencakup dua pokok bahasan yaitu membahas sifat-sifat pengetahuan ilmiah danmenelaah cara-cara mengusahakan pengetahuan ilmiah sehingga dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu secara umum yang mencakup kajian tentang persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubungan diantara segenap ilmu dan yang kedua secara khusus, yaitu kajian filsafat ilmu yang membicarakan kategori-kategori serta metode yang digunakan dalam ilmu-ilmu tertentu seperti ilmu alam, ilmu kemasyarakatan, ilmu teknik dan sebagainya.

Recent search terms:

  • ruang lingkup filsafat ilmu
  • Tujuan Filsafat ilmu
  • ruang lingkup filsafat
  • filsafat ilmu
  • tujuan filsafat
  • pengertian filsafat ilmu
  • ruang lingkup ilmu
  • ruang lingkup filsafat ilmu pendidikan
  • ruang lingkup ilmu filsafat
  • ruang lingkup kajian filsafat ilmu
Pengertian Filsafat Ilmu : Tujuan dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: