Pengertian, kegunaan, dan pembagian ilmu ekonomi menjadi salah satu bidang keilmuan yang banyak diminati oleh orang untuk dipelajari secara serius, terutama di bangku perkuliahan.Hanya saja kenyataannya belajar ilmu ekonomi tidak semudah yang dibayangkan.Banyak ilmu-ilmu dasar yang harus dipahami terlebih dahulu untuk dapat mempelajari ilmu ekonomi secara mendalam.Pengertian, kegunaan, hingga pembagian ilmu ekonomi wajib dikuasai sebagai dasar untuk memahami hal-hal lain dalam bidang keilmuan ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Berbicara masalah ilmu ekonomi, sebagian besar orang selalu mengidentikkannya dengan uang.Padahal jika dikaji secara keilmuan, ekonomi tidak berurusan dengan uang secara langsung.Ilmu ekonomi dapat dipahami melalui pengertian berikut ini.secara umum arti dari ilmu ekonomi adalah ilmu yang membahas tentang perilaku manusia (individu dan masyarakat) untuk memperoleh sumber daya yang terbatas dan usaha untuk membuat alternative barang atau jasa demi memuaskan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Dari pengertian di atas, dapat dilihat bahwasanya di dalam ilmu ekonomi lebih memfokuskan pada perilaku manusia yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberadaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas ini kemudian akan menimbulkan kelangkaan. Pada kondisi ini manusia dituntut untuk kreatif dalam memikirkan cara-cara atau alternative untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dalam ilmu ekonomi juga dibahas terkait pilihan-pilihan yang dapat dijadikan alternative dalam memenuhi kebutuhan.Ketika seseorang telah menentukan satu pilihan, maka harus merelakan pilihan lainnya.pilihan atau kesempatan yang dilewatkan ini kemudian dikenal sebagai biaya kesempatan dalam ilmu ekonomi.

Kegunaan Ilmu Ekonomi

Dalam mempelajari ilmu ekonomi, ada beberapa kegunaan atau manfaat yang akan diperoleh. Manfaat ilmu ekonomi yang pertama adalah membuat seseorang menjadi berpikir dengan benar dalam mengambil setiap keputusan. Hal ini dikarenakan dalam ilmu ekonomi membahas tentang biaya oportunitas (pengorbanan terhadap suatu alternative untuk memilih alternative lainnya), marjinalitas (proses menganalisis biaya tambahan pada setiap pilihan), dan pasar efisien (pasar dimana kesempatan laba terhapus karena banyak orang yang mencari peluang laba yang sama).

Ilmu ekonomi juga berguna untuk memecahkan permasalahan global, misalnya terkait penjualan minyak mentah dan lainnya.Dengan mempelajari ilmu ekonomi, seseorang juga diharapkan mampu menjadi pemilih yang baik.Maksudnya, dengan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam setiap pilihan yang datang kepada orang tersebut.ilmu ekonomi juga berguna untuk membuat seseorang lebih bijak, sebab ketika menentukan sebuah pilihan, seseorang harus mempertimbangkan kepentingan orang lain juga.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan ilmu ekonomi, anda juga perlu mengetahui pembagian ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga pembahasan besar, yakni Ekonomi Teori (Economic Analysis), Ekonomi Terapan (Applied Economic), dan Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic).

Ekonomi teori dapat diartikan sebagai cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang hubungan antar variabel dalam ekonomi.Dalam ekonomi teori ini masih dibagi menjadi dua pembahasan utama yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang penerapan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.Permasalahan ekonomi yang muncul diharapkan dapat diselesaikan dengan keberadaan ekonomi terapan ini.

Sementara ekonomi deskripsi merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang di dalamnya dibahas tentang kehidupan ekonomi dalam lingkup sebuah negara atau daerah tertentu. Dengan pembahasan ini diharapkan mampu mengevaluasi sistem ekonomi yang diterapkan daerah tersebut, sehingga dapat diperbaiki di masa yang akan datang.

ilmu ekonomi

Demikian pembahasan singkat mengenai dasar-dasar ilmu ekonomi yang perlu untuk diketahui sebelum mempelajari ilmu ekonomi lebih dalam.Semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • kegunaan ilmu ekonomi
  • ilmu ekonomi
  • kegunaan ekonomi
  • jelaskan kegunaan ilmu ekonomi
  • manfaat ilmu ekonomi
  • apa kegunaan ilmu ekonomi bagi manusia
  • Pengertian kegunaan ilmu ekonomi
  • prinsip kegunaan ilmu ekonomi
  • kegunaan ilmu
  • kegunaan utama ilmu ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi : Kegunaan dan Pembagiannya
Tagged on: