Pengertian, ruang lingkup, dan fungsi ilmu hukum merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berusaha menelaah hukum. Ilmu hukum mempelajari semua seluk beluk tentang hukum, misalnya mengenai asal mula, wujud, asas-asas, sistem, macam pembagian, sumber-sumber, perkembangan, fungsi dan kedudukan hukum di dalam masyarakat. Ilmu hukum sebagai ilmu yang mempunyai objek hukum sebagai telaah suatu gejala atau fenomena kehidupan dimanapun dan kapanpun.

Hukum adalah ketentuan-ketentuan yang menjadi peraturan hidup suatu masyarakat yang sifatnya mengendalikan, mencegah, mengikat, dan memaksa. Dianggap pengikat seluruh anggota masyarakat karena bertujuan untuk mengadakan suatu tata yang dikehendaki oleh penguasa tersebut.Serangkaian aturan yang berisi perintah ataupun larangan yang sifatnya memaksa demi terciptanya kondisi yang aman, tertib, damai, dan tentram serta ada sanksi bagi yang melanggarnya.

Ilmu hukum mempunyai dasar untuk dipelajari lebih lanjut dalam studi.Studi dasar ilmu hukum kerap disebut sebagai pengantar ilmu hukum atau PIH. PIH bersifat fundamental dalam mempelajarinya, maka perlu pemahaman yang seksama karena mungkin dapat memperoleh pengertian yang baik tentang berbagai cabang ilmu hukum baik yang privat maupun publik.

Tujuan dari pengantar ilmu hukum ini menjelaskan tentang keadaan, inti dan maksud tujuan dari bagian-bagian penting hukum serta pertalian antara berbagai bagian tersebut dengan ilmu pengetahuan hukum. Adapun untuk kegunaannya adalah untuk bisa memahami bagian atau jenis – jenis ilmu hukum lainnya.

Ruang Lingkup Ilmu Hukum

Rung lingkup ilmu hukum mencakup dan membicarakan segala hal yang berhubungan dengan hukum.Ilmu hukum objeknya hukum itu sendiri.Demikian luasnya masalah yang dicakup oleh ilmu ini, sehingga sempat memancing pendapat orang untuk mengatakan bahwa “batas-batasnya tidak bisa ditentukan”.Berikut uraian beberapa ruang lingkup dari ilmu hukum.

Hukum sebagai norma atau kaidah dimana hukum menempatkan diri sebagai pedoman yang mengatur kehidupan dalam bermasyarakat agar tercipta ketentraman dan ketertiban bersama. Hukum sebagai gejala perilaku di masyarakat, berperan menjadi suatu keadaan atau gejala sosial yang berlaku di masyarakat sebagai maninfestasi dari pola tingkah laku yang berkembang.

Hukum sebagai ilmu pengetahuan terbagi menjadi dua pengertian yaitu dalam arti luas ilmu yang mencakup dan membicarakan segala hal yang berhubungan dengan hukum yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang hukum dan sekitarnya.Dalam arti sempit,ilmu hukum mempelajari makna objektif tata hukum positif yang disebut dogmatic hukum atau ajaran hukum.

Unsur yang terkandung dalam ilmu hukum ialah peraturan tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakatnya, peraturan itu diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib.Ada beberapa jenis ilmu hukum, salah satunya hukum pidana dimana mengatur antara para individu dengan masyarakat serta hanya diterapkan apabila masyarakat itu benar-benar memerlukan.

Fungsi Ilmu Hukum

Keadaan hukum suatu masyarakat akan dipengaruhi oleh perkembangan dan perubahan secara terus-menrus di semua bidang kehidupan. Soerjono Soekamto berkata bahwa proses hukum berlangsung di dalam suatu jaringan atau sistem sosial yang dinamakan masyarakat, artinya hukum hanya dapat dimengerti dengan jalan memahami sistem sosial terlebih dahulu.

ilmu hukum

Menurut Sarjoni Soekanto, terdapat dua bidang kajian yang meletakkan fungsi ilmu hukum di dalamnya yaitu pertama terhadap bidang-bidang kehidupan masyarakat yang sifatnya netral, hukum berfungsi sebagai sarana untuk melakukan perubahan masyarakat. Kedua terhadap bidang masyarakat yang bersifat peka atau sensitive, ilmu hukum berfungsi sebagai sarana untuk melakukan pengendalian sosial.

Recent search terms:

  • ruang lingkup ilmu hukum
  • fungsi ilmu hukum
  • pengertian ilmu hukum
  • Ruang lingkup dari ilmu hukum sebagai ilmu yg bersifat preskriktif dan terapan
  • jenis ilmu hukum
  • pemahaman hukum ruang lingkup atau isi hukum
  • tujuan dan fungsi ilmu hukum
  • ilmu hukum serta ruang lingkupnya
  • fungsi ilmu hukum adalah
  • contoh sloka saraccamuscaya berisi tentang ilmu hukum
Pengertian Ilmu Hukum : Ruang Lingkup dan Fungsinya
Tagged on: