Pengertian, fungsi, dan ruang lingkup ilmu kalam – Dalam kajian keilmuan Islam, pembahasan tentang ilmu kalam memang sangat menarik.Hal ini tidak terlepas dari objek pembicaraan ilmu kalam yang sangat asyik ketika dibahas.Hanya saja untuk dapat berbicara masalah ilmu kalam, seseorang perlu mengetahui ilmu-ilmunya terlebih dahulu.Maka dari itu untuk anda yang belum mengetahui seluk-beluk tentang ilmu kalam, simak uraiannya berikut ini.

Pengertian Ilmu Kalam

Pengertian ilmu kalam sebenarnya sangat banyak, apalagi yang berupa hasil pendapat para ahli ilmu kalam.Untuk mempermudah dalam memahami arti ilmu kalam, maka perlu diketahui arti secara etimologi maupun arti secara terminology.Secara etimologi, kalam berasal dari bahasa Arab yang artinya pembicaraan.Namun demikian, ilmu kalam tidak dapat diartikan begitu saja sebagai ilmu yang berkaitan dengan pembicaraan.Lebih tepatnya secara etimologi, ilmu kalam diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang pembicaraan yang di dalamnya terdapat logika atau nalar berpikir.

Sementara definisi ilmu kalam menurut terminology adalah salah satu cabang keilmuan Islam yang membahas tentang cara menetapkan kepercayaan atau keimanan terhadap agama (baca: Islam) menggunakan bukti-bukti yang telah meyakinkan. Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa pembahasan dalam ilmu kalam ini tidak jauh dari segi keimanan (rukun iman). Maka dari itu tidak salah jika beberapa ahli menamai ilmu kalam ini dengan nama ilmu Aqa’id ataupun ilmu Ushuluddin.

Salah satu tokoh Islam yang mengungkapkan pemikirannya tentang arti dari ilmu kalam ini adalah Ibn Khaldun. Menurutnya, ilmu kalam merupakan keilmuan yang di dalamnya memuat argumen atau dalil yang bersifat rasional untuk digunakan sebagai pembelaan terhadap akidah yang diimani, dan memuat pengelakan terhadap golongan yang menyimpang dari mazhab yang benar serta ahli sunnah.

Fungsi Ilmu Kalam

Mempelajari ilmu kalam merupakan hal yang penting, sebab dengan perantara ilmu kalam ini keimanan seorang menjadi lebih mantap dan tidak goyah. Selain itu ada beberapa fungsi lain ketika mempelajari ilmu kalam yang akan diuraikan berikut. Pertama, keimanan akan jauh lebih kuat karena kebenarannya tidak hanya diperoleh secara filosofis tetapi juga secara logis atau rasional. Kedua, memberi jawaban atas kegelisahan umat muslim ketika muncul penyimpangan teologi. Ketiga, ilmu kalam dapat memperkokoh ajaran Islam normative yang meliputi iman, Islam, dan ihsan.

Selanjutnya, kegunaan ilmu kalam juga penting untuk menguraikan dalil-dalil untuk menjelaskan kebenaran Islam sesuai al-Quran dan Sunnah.Ilmu kalam juga menuntun seseorang untuk dapat menemukan akidah yang benar dan memuaskan akal.Pembahasan ilmu kalam juga mampu membantu umat Islam untuk mengetahui hakikat adanya Allah Swt beserta kekuasaannya dan keluasan ilmu-Nya.

Dari beberapa fungsi yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan secara umum fungsi dalam mempelajari ilmu kalam adalah untuk menjadi dasar atau fondasi bagi keimanan kaum muslimin agar tidak mudah goyah dengan adanya goncangan akidah, serta tidak mudah untuk tersesat dengan akulturasi budaya yang seringkali mengaburkan ajaran Islam.

Ruang Lingkup Ilmu Kalam

Setelah membahas pengertian dan fungsi dari ilmu kalam, penting juga untuk mengetahui ruang lingkup pembahasan ilmu kalam.Ada beberapa ahli yang membagi ruang lingkup ilmu kalam berdasarkan objek yang dibahas dalam ilmu kalam.Sebut saja Hasan al-Banna yang mengungkapkan bahwa ruang lingkup ilmu kalam meliputi Illahiyat, Nubuwat, Rohaniyyat, Sam’iyyat.

Illahiyyat adalah pembahasan ilmu kalam yang berkaitan tentang Allah Swt, baik wujud-Nya, sifat-Nya, maupun asma’-Nya. Nubuwat adalah pembahasan terkait kenabian dan kerasulan, termasuk kitab dan mukjizatnya. Rohaniyyat membahas g hubungan sesuatu yang ghaib, mencakup malaikat, setan, jin, dan sejenisnya. Sedangkan Sam’iyyat berkaitan tentang hal-hal yang hanya diterima melalui dalil-dalil atau pendengaran, misalnya alam kubur, akhirat, surge, dan sebagainya.

Sedangkan menurut pendapat lainnya, dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu kalam meliputi hal-hal yang berkaitan dengan Allah Swt, hal-hal yang berkaitan tentang nabi atau rasul, dan hal-hal yang berkaitan tentang akhirat, seperti surga, neraka, dan lainnya.

ilmu kalam

Demikian pembahasan mengenai seluk-beluk ilmu kalam yang dapat menambah pengetahuan anda.semoga bermanfaat dan anda tertarik untuk mempelajari ilmu kalam.

Recent search terms:

  • ruang lingkup ilmu kalam
  • pengertian ilmu kalam
  • ilmu kalam
  • FUNGSI ILMU KALAM
  • manfaat mempelajari ilmu kalam
  • ruang lingkup ilmu kalam menurut hasan al banna
  • manfaat ilmu kalam
  • ruang lingkup pembahasan ilmu Kalam menurut hasan al banna
  • ruang lingkup kalam
  • ruang lingkup ilmu kalam dan dalilnya
Pengertian Ilmu Kalam : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: