Pengertian, fungsi, dan ruang lingkup ilmu komunikasi, Sebelum kita membahas apa itu ilmu komunikasi, mari kita bahas apa itu komunikasi terlebih dahulu. Ada banyak sekali penjelasan dari para ahli mengenai komunikasi, meskipun penjelasannya berbeda-beda namun intinya tetap sama. Berikut akan saya paparkan pengertian ilmu komunikasi menurut beberapa ahli.

Secara harfiah, komunikasi itu berasal dari bahasa latin communis yang artinya bisa dikatakan bahwa komunikasi merupakan suatu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Menurut Carl I. Hovland menjelaskan komunikasi merupakan sebuah proses dimana seseorang komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang bahasa baik berbentuk verbal maupun non verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain.

Komunikasi menjadi sangat penting, contohnya dalam sebuah organisasi yang selalu menekankan komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa Nah dari situlah dapat disebutkan bahwa ilmu komunikasi menjadi sebuah ilmu yang penting untuk dipelajari.terjadi atau sering disebut dengan miskom.

Ilmu komunikasi dasarnya akan menjadi sebuah pedoman bagaimana kita bisa berkomunikasi yang baik. Proses komunikasi terdapat dua tahapan yaitu komunikasi secara primer dimana proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang sebagai media.

Dalam ilmu komunikasi lambang sebagai media primer disini berbentuk pesan verbal atau bahasa dan pesan nonverbal atau isyarat. Kemudian ada proses komunikasi secara sekunder yaitu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua memakai lambang sebagai media pertama.

Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu komunikasi menurut Berger dan Chaffe adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari system tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan hal tersebut.

Pada dasarnya ilmu komunikasi dapat dikatakan sebagai pengetahuan tentang peristiwa komunikasi yang diperolehnya melalui suatu penelitian tentang system, pengaruh, dan prosesnya yang dilakukan secara rasional dan sistematik serta kebenarannya dapat diuji dan digeneralisasikan. Obyek studi ilmu komunikasi yaitu bukan dalam bidang pengalaman komunikator dan komunikan yang sama tetapi makna antara mereka juga harus sama sehingga komunikasi yang terjadi berjalan baik dan lancar.

Fungsi Ilmu Komunikasi

Menurut William I. Gorden Komunikasi memiliki fungsi sebagai komunikasi sosial, ekspresif, ritual, dan instrumental. Secara umum fungsi ilmu komunikasiadalah sebagai sumber ilmu pengetahuan agar bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif sehingga sadar akan fungsi sosialnya. Ilmu komunikasi juga berfungsi sebagai pengalihan ilmu pengetahuan dalam mendorong intelektual, pembentuk watak dan pendidikan keterampilan dan kemahiran pada semua bidang.

Fungsi lainnya ilmu komunikasi memberikan informasi bagaimana pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan. Penyebaran berita, data, gambar, fakta dan pesan opini juga komentar yang dibutuhkan untuk dapat dimengerti dan beraksi secara jelas akan kondisi lingkungan dan orang lain agar dapat mengambil keputusan yang tepat.

Ruang Lingkup Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy dapat ditinjau dari beberapa komponen seperti komponen bentuknya yaitu komunikator, pesan, media, kemunikan dan efek.Dari komponen bidangnya ruang lingkup ilmu komunikasi mencakup komunikasi sosial.Komunikasi manajemen, komunikasi perusahaan, komunikas politik, komunikasi antar budaya, komunikasi pembangunan, komunikasi lingkungan dan komunikasi tradisional dan beberapa komponen lainnya.

Recent search terms:

  • ruang lingkup ilmu komunikasi
  • fungsi ilmu komunikasi
  • ilmu komunikasi dan ruang lingkupnya
  • makalah ruang lingkup komunikasi
  • pengertian dan ruang lingkup ilmu komunikasi
  • ruang lingkup komunikasi
  • pengertian ilmu komunikasi dan ruang lingkup ilmu komunikasi
  • makalah ruang lingkup komunikasi pembelajaran
  • definisi dan ruang lingkup ilmu komunikasi
  • pengertian ilmu komunikasi
Pengertian Ilmu Komunikasi : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: