Pengertian, tujuan, dan ruang lingkup ilmu pendidikan merupakan ilmu yang membicarakan masalah-masalah kaitannya dengan persoalan pendidikan atau ilmu yang mempersoalkan pendidikan dan kegiatan pendidikan. Menurut Dictionary of education pendidikan diartikan sebagai proses sosial yang dimana orang-orang atau anak dipengaruhi dengan lingkungan yang sengaja dipilih dan dikendalikan seseorang Seperti misalnya guru sehingga mereka memperoleh kemampuan-kemampuan sosial dan perkembangan individu yang optimal.

Ilmu Pendidikan itu suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya, dan sebagai usaha manusia untuk menyiapkan dirinya ke kehidupan yang bermakna. Atau juga bisa diartikan suatu usaha yang dilakukan orang dewasa dalam situasi pergaulan dengan anak-anak melalui proses perubahan yang dialami anak-anak dalam bentuk pembelajaran atau pelatihan dan perubahan itu meliputi pemikiran, perasaan dan keterampilan.

Pengertian Ilmu pendidikanadalah suatu kumpulan pengetahuan atau konsep yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu yang bersifat ilmiah yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik atau suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk kehidupan yang bermakna.

Tokoh pendidikan yang paling berpengaruh adalah Ki Hajar Dewantara, Beliau mengatakan bahwa mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Tujuan Ilmu Pendidikan

Tujuan ialah sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang yang melakukan sesuatu kegiatan. Dan tujuan juga merupakan sesuatu yang diharapkan tercapai setelah sesuatu usaha atau kegiatan selesai. Maka, ilmu pendidikan merupakan suatu usaha kegiatan yang berproses melalui tahap-tahap dan tingkatan-tingkatan, tujuannya bertahap dan bertingkat. Tujuan ilmu pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk tetap dan statis, tetapi ia merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang, berkenaan dengan seluruh aspek kehidupannya.

Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan

Ilmu pendidikan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak segi atau pihak-pihak yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung.Obyek dari ilmu pendidikan ini ialah situasi pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman.Diantara segi ruang lingkup ilmu pendidikan mencakup hal berikut ini.

Perbuatan mendidik sendiri, merupakan sikap atau tindakan menuntun, membimbing, memberikan pertolongan dari seseorang kepada anak didik untuk menuju ke tujuan pendidikan.Kemudian ada anak didik yaitu pihak yang merupakan objek terpenting dalam pendidikan.Hal tersebut disebabkan perilaku mendidik diadakan dan dilakukan hanyalah untuk membawa anak didik kearah tujuan ilmu pendidikan.

Dasar dan tujuan pendidikan yaitu landasan yang menjadi fondamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan dilakukan.Pendidikan itu sendiri menjadi subjek yang melaksanakan.Pendidik mempunyai peran penting karena berpengaruh kepada baik tidaknya hasil pendidikan.

Unsur selanjutnya adalah materi pendidikan dimana bahan-bahan atau pengalaman belajar ilmu yang sedemikian rupa untuk disajikan kepada anak didik. Metode pendidikan, sebuah cara yang paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan pendidikan agar materi tersebut dapat dengan mudah diterima oleh anak didik.

ilmu pendidikan

Evaluasi pendidikan berisi cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik. Kemudian ada alat ilmu pendidikan, sebuah alat yang akan digunakan selama melaksanakan pendidikan agar lebih berhasil atau mudah ditangkap oleh anak didik.

Recent search terms:

  • pengertian ilmu pendidikan
  • tujuan ilmu pendidikan
  • ruang lingkup ilmu pendidikan
  • ilmu pendidikan
  • fungsi ilmu pendidikan
  • kegunaan ilmu pendidikan
  • tujuan mempelajari ilmu pendidikan
  • manfaat ilmu pendidikan
  • manfaat mempelajari ilmu pendidikan
  • materi ilmu pendidikan
Pengertian Ilmu Pendidikan : Tujuan dan Ruang Lingkupmya
Tagged on: