Pengertian, perkembangan, dan ruang lingkup ilmu politik kita berbicara mengenai bagaimana masyarakat di suatu wilayah, saling menegosiasikan kepentingan masing-masing untuk kemudian melahirkan kesepakatan bagaimana kepentingan masing-masing tersebut dapat terselenggara tanpa merugikan pihak lain. Saat dimulainya, politik selalu bertujuan untuk mencapai kebahagiaan bersama.

Istilah politik dapat diartikan berbagai macam kegiatan dalam suatu negara yang menyangkut proses menentukan dan melaksanakan tujuan. Dari beberapa pengertian ilmu politik menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dalam kehidupan bermasyarakat dan mengkaji tentang hubungan kekuasaan, baik sesama warga negara, antar warga negara dan negara maupun hubungan sesama negara.

Perkembangan Ilmu Politik

Perkembangan ilmu politik mengkaji tentang sejarah ilmu politik bisa dikaji secara luas berarti ilmu politik telah ada sejak zaman dahulu berupa pembahasan dalam buku-buku tertentu yang telah dikarang masa lampau, sedangkan secara sempit ilmu politik berarti kajian politik dilihat dari aspek sistematisasinya sebagai ilmu dan pengakuannya dari aspek akademis.

Sejarah secara luas.Ilmu politik telah ada sejak zaman dahulu, ini bisa dilihat dari karya-karya diantaranya Yunani tahun 450 SM terdapat buku karya Herodatus, Plato dan Aristoteles.Cina tahun 500 SM terdapat tokoh Confucius dan Kung Fu Tzu, dan Indonesia abad 13 M terdapat kitab Negarakertagama dan Babad Tanah Jawi.

Pada masa berikutnya ilmu sosial banyak memanfaatkan penemuan dari antropologi, sosiologi, psikologi, dan ekonomi, dan dengan demikian ilmu politik dapat meningkatkan mutunya dengan banyak mengambil model dari cabang ilmu sosial lainnya.Berkat hal ini wajah ilmu politik telah banyak berubah dan menjadi ilmu yang penting untuk dipelajari.

Ruang Lingkup Ilmu Politik

Dengan berkembangnya ilmu politik menjadi disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri,beberapasarjana ilmupolitikberusahamencobamengungkapkan bidang garapan atau ruang lingkup ilmu politik.Dari pendapat beberapasarjanapolitikmengungkapkanbahwaruang lingkup ilmupolitik meliputi bidang-bidang yangsangatluas. Namun demikian,pada intinya ilmu politik dapat meliputi:

1.Filsafat dan teori politik.

Filsafat ilmu politik mencari penjelasan yang berdasarkan ratio.Ia melihat jelas adanya hubungan antara sifat dan hakekat dari alam semesta dengan sifat dan hakekat dari kehidupan politik di dunia fana ini. Pokok pikiran dari filsafat ilmu politik ialah bahwa persoalan yang menyangkut alam semesta harus dipecahkan dulu sebelum persoalan-persoalan ilmu politik yang kita alami sehari-hari dapat ditanggulangi.

2.Struktur dan lembaga politik

Lembaga-lembaga politik merupakan kajian terhadap lembaga-lembaga politik khususnya peranan konstitusi, eksekutif, birokrasi, yudikatif, partai politik dan sistem pemilihan yang mula-mula mendorong pembentukan formal jurusan-jurusan ilmu politik di banyak universitas pada akhir abad ke-19.

3.Partai politik dan organisasi masyarakat

Partai politik pertama-tama lahir di negara-negara Eropa Barat. Dengan meluasnya gagasan bahwa rakyat merupakan faktor yang perlu diperhitungkan serta diikutsertakan dalam proses politik, maka partai politik telah secara spontan dan berkembang menjadi penghubung antara rakyat di satu pihak dan pemerintah di pihak lain.

4.Partisipasi warga negara dalam ilmu politik

ilmu politik

Kegiatan seseorang dalam partai politik merupakan suatu bentuk partisipasi politik. Partisipasi politik mencakup semua kegiatan sukarela melalui mana seseorang turut serta dalam proses pemilihan tak langsung dalam pembentukan kebijaksanaan umum. Kegiatan ini mencakup kegiatan memilih dalam pemilihan umum dan sebagainya.

Recent search terms:

  • ruang lingkup ilmu politik
  • ruang lingkup politik
  • pengertian dan ruang lingkup ilmu politi
  • pengertian ruang lingkup ilmu politik
  • makalah ruang lingkup ilmu politik
  • 5 macam yang menjadi ruang lingkup politik
  • manakah yang termasuk dalam ruang lingkup politik
  • ilmu politik dalam mencari masa
  • makalah makna dan ruang lingkup ilmu politik
  • tujuan pengembangan ilmu politik
Pengertian Ilmu Politik : Perkembangan dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: