Pengertian administrasi negara : istilah dan ruang lingkupnya – Negara memang memiliki banyak hal yang perlu untuk diketahui. Sebagai warga negara, mengetahui mengenai hal-hal berkaitan dengan negara memang diperlukan. Negara ini akan selalu membutuhkan warga negaranya begitu pula warga negara akan selalu membutuhkan negaranya. Salah satu hal yang sering kita dengar dalam istilah kenegaraan adalah administrasi negara. Setiap negara memiliki system administrasinya masing-masing.

Pengertian Administrasi Negara

Pengertian administrasi negara memiliki arti sebagai ilmu atau juga sebagai system. Administrasi negara secara ilmu pengetahuan sudah berkembang sejak dari abad ke 19. Administrasi negara merupakan perpaduan antara ilmu administrasi dengan ilmu politik. Administrasi negara sebagai system berarti system yang dilakukan oleh bangsa untuk melakukan suatu kegiatan bangsa untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Ada banyak arti mengenai administrasi negara dari berbagai sumber atau juga menurut beberapa pakar. Secara prinsip administrasi suatu negara memiliki arti sebagai system atau proses dari kerja sama pikiran dan juga manusia yang dilakukan oleh pemerintah negara dan juga warganya untuk mencapai tujuan bersama, hal ini disesuaikan dengan peran, posisi, kepentingan, tanggung jawab untuk kehidupan negara.

Menurut Dwight waldo, administrasi suatu negara berarti sebagai organisasi manusia dan juga benda untuk mencapai tujuan pemerintahan. Selain itu juga bisa diartikan sebagai ilmu tentang management negara. Pengertian yang selanjutnya adalah menurut John M P Feiffer dan juga Robert presthus tahun 1960 yang mengartikan administrasi negara sebagai proses mengenai kebijakan negara, suatu pengaruh dari kemampuan dan teknik sehingga bisa memandu usaha pemerintah atau orang-orang besar.

Istilah Administrasi Negara

Ada beberapa istilah yang bisa diketahui mengenai administrasi negara. Istilah yang pertama adalah administrasi of public yang bisa menunjukkan tentang cara pemerintah ketika berperan sebagai agen yang memiliki kuasa yang aktif dan juga memiliki inisiatif untuk selalu mengatur dan juga mengambil kebijakan atau langkah yang penting bagi warga negara. Masyarakat dalam hal ini menjadi bagian yang pasif dan harus tunduk terhadap pemerintah.

Istilah yang kedua adalah administrasi for public. Istilah ini memiliki arti bahwa pemerintah memiliki peran untuk mengemban tugas untuk melayani masyarakat. Dalam kasus pelayanan masyarakat, pemerintah harus selalu aktif untuk melayani masyarakat. Pemerintah harus selalu siap untuk menolong masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Istilah yang ketiga dari administrasi negara adalah administrasi by public. Makna dari administrasi by public juga memiliki perbedaan dengan istilah yang lainnya yakni pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh negara untuk mengutamakan kemampuan mandiri dari masyarakat. Pemerintah harus mampu memberikan fasilitas untuk masyarakat agar masyarakat mampu untuk mengatur hidup dengan baik tanpa harus selalu bergantung dengan masyarakat.

Ruang Lingkup Administrasi Negara

Melihat keadaan negara yang memang semakin lama semakin rumit sehingga pemerintah juga perlu untuk selalu mampu mengatur kehidupan masyarakat. Semakin kompleknya kehidupan warga negara juga berpengaruh dengan ruang lingkup administrasi negara. Ruang lingkup ini sangat tergantung dengan perkembangan dari kebutuhan masyarakat.

Menurut Nikolaor henry (1995) memberikan penjelasan mengenai beberapa ruang lingkup administrasi suatu negara. Ruang lingkup yang pertama adalah mengenai organisasi public yang memiliki prinsip mengenai model dari organisasi dan juga perilaku dari birokrasi. Ruang lingkup yang selanjutnya adalah mengenai management public. Pada managemen public mencakup ilmu dan juga system managemen, anggaran public, evaluasi program, produktifisas dan yang lainnya.

pengertian administrasi negara

Ruang lingkup yang ketiga adalah mengenai implementasi yang berarti menyangkut suatu pendekatan untuk kebijakan publik dan juga implementasi dari kebijakan tersebut, administrasi pemerintah, privatisasi, dan juga etika birokrasi. Administrasi negara memang memiliki 3 ruang lingkup namun menurut pakar yang lainnya tentu memiliki penjelasan atau pendapat yang berbeda.

Recent search terms:

  • artikel ruang lingkup administrasi negara
  • administrasi negara untuk masyarakat
  • istilah administrasi negara
  • pengertian administrasi
  • Pengertian dan ruang lingkup admnistrasi negara
Pengertian Administrasi Negara : Istilah dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: