Pengertian akuntansi keuangan : fungsi dan ruang lingkupnya Akuntansi Keuangan merupakan bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan pelaporan keuangan dalam suatu perusahaan kepada pihak luar seperti laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, dan juga arus kas untuk pemegang saham, kreditor dan perihal masalah keuangan kepada pemerintah. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengertian, fungsi, dan ruang lingkup akuntansi keuangan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

secara umum, Akuntansi Keuangan akan selalu berhubungan dengan pencatatan transaksi di dalam suatu perusahaan maupun organisasi-organisasi tertentu untuk menyusun berbagai keperluan laporan. Pencatatan keuangan ini di lakukan bertujuan untuk kepentingan umum. Hal ini biasanya di gunakan di dalam sebuah perusahaan guna untuk menentukan bagaimana kinerja atau prestasi dari pegawainya sebagai salah satu bentuk dari laporan pertanggung jawaban kepada pemegang saham.

Adapun untuk hal yang penting di dalam akuntansi keuangan adalah perihal SAK atau yang di sebut juga dengan Standar Akuntansi Keuangan merupakan sebuah aturan-aturan yang harus di gunakan untuk untuk melakukan pengukuran dan penyajian keuangan sebagai bentuk komunikasi antara pemakai dan penyusun laporan keuangan.

Jadi sesuai dengan uraian di atas, maka dapat di ambil sebuah kesimpulan akuntansi keuangan sebuah kegiatan yang terdiri dari proses pencatatan keuangan dan juga analisa data keuangan dari sebuah perusahaan dan produk dari yang di hasilkan dalam bentuk laporan keuangan. Akuntansi keuangan juga memiliki fungsi dan ruang lingkup yang akan di jelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan juga memiliki fungsi utama yaitu bertujuan untuk dapat memberikan informasi mengenai keuangan dari sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan adanya laporan ini, maka keadaan keuangan suatu perusahaan ataupun perubahan keuangan akan lebih mudah untuk di lihat dan di analisa. Informasi keuangan ini sangat di butuhkan oleh pihak manajemen untuk pengambilan suatu putusan yang berkaitan dengan perusahaan.

Secara umum, akuntansi keuangan juga memiliki fungsi yang di antaranya adalah untuk dapat mengetahui perhitungan laba dan rugi yang di miliki oleh sebuah perusahaan. Selain itu, fungsi akuntansi keuangan juga dapat membantu menentukan hak dari masing-masing setiap pihak baik internal maupun eksternal untuk dapat mengawasi dan mengendalikan aktifitas-aktifitas yang ada di perusahaan.

Akuntansi keuangan juga terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan yang di antaranya adalah laporan arus kas, laporan laba dan rugi, laporan neraca, laporan ekuitas, dan laporan catatan keuangan dimana setiap laporan tersebut akan sangat menentukan bagaimana hasil dari sebuah perusahaan. Selain itu Akuntansi Keuangan juga memiliki ruang lingkup sebagaimana yang akan di jelaskan di paragraf selanjutnya.

Ruang Lingkup Akuntansi Keuangan

Mengetahui tentang ruang lingkup akuntansi keuangan, akuntansi sangat banyak sekali di pelajari di dalam dunia pendidikan dan banyak sekali jenis pekerjaan yang berhubungan dengan dunia akuntansi.

Terkadang kita sebagai orang yang telah mempelajari masalah keuangan, terkadang malah kita merasa lupa setelah memasuki dunia kerja akuntansi. Ada banyak sekali peluang kerja yang membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang keuangan seperti halnya perusahaan bisnis keuangan dan lainnya.

pengertian akuntansi keuangan

Selain itu akuntansi keuangan juga bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam mengatur hal keuangan, berapa pemasukan dan pengeluaran seperti halnya ada istilah kredit, debit, laba, rugi dan istilah lainnya. Hal tersebut bisa anda tulis dengan sangat terperinci agar keadaan keuangan kita menjadi jelas.

Recent search terms:

  • ruang lingkup akuntansi keuangan
  • Ruang lingkup akuntansi
  • pengertian ruang lingkup akuntansi
  • pengertian akuntansi keuangan perusahaan
  • pengertian akuntansi keuangan dan ruang lingkupnya
  • lingkup akuntansi keuangan
  • lingkup akuntansi
  • jenis jenis akuntan dan ruang lingkupnya
  • www ruang lingkup akuntansi keuangan com
  • informasi ruang lingkup akuntansi keuangan
Pengertian Akuntansi Keuangan : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: