Pengertian dasar negara : fungsi dan kedudukannya – Suatu negara memerlukan yang namanya dasar negara sebagai patokan hukum dan juga sebagai patokan dalam menjalan suatu negara. Negara mampu bergerak dengan baik apabila memiliki dasar negara yang baik. Dasar dari negara Indonesia adalah pancasila. Sebagai warga negara Indonesia maka sebaiknya mengetahui mengenai dasar negara yang dianut. Dasar negara memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjalankan suatu negara.

Pengertian Dari Dasar Negara

Dasar dari negara Indonesia ini adalah pancasila sehingga untuk mengetahui mengenai dasar negara maka anda perlu untuk mengetahui mengenai pancasila. Pancasila memiliki fungsi sebagai ideology atau dasar negara yang berarti berupa gagasan atau konsep, serta pengetahuan dasar. Sedangkan secara umum pengertian ideology adalah ilmu pengertian dasar.

Pengertian dari Dasar negara adalah suatu ilmu pengertian-pengertian yang menjadi dasar suatu negara. Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi yang sangat penting bahkan sebagai central dari suatu negara. Kedudukan pancasila yang tinggi perlu dijunjung karena memang dasar negara akan sangat memberikan pengaruh positif bagi berjalannya suatu negara.

Fungsi Dasar Negara

Pancasila sebagai warga negara memiliki fungsi yang sangat penting. Memahami fungsi dari dasar negara memang sangat diperlukan bagi setiap warga negara mengingat pentingnya dasar negara bagi kesejahteraan warga negara. Ketika warga negara mampu memanfaatkan dan menjalankan negara dengan berdasar pancasila maka hasil dari suatu negara akan sangat luar biasa. Dasar negara memiliki berbagai fungsi yang pertama adalah sebagai pandangan hidup, sebagai dasar negara, dan juga sebagai ideology bangsa.

Fungsi yang pertama pancasila atau dasar negara Indonesia ini adalah sebagai pandangan hidup. Pancasila bisa digunakan sebagai pandangan hidup bagi setiap warga negara Indonesia dan juga untuk pemerintahan. Isi yang terkandung dalam pancasila sudah mencakup semua aspek yang benar-benar dibutuhkan oleh setiap warga untuk mencapai negara yang makmur. Seperti sila yang pertama yang berbunyi “ ketuhanan yang maka Esa”, yang berarti bahwa apapun tindakan harus didasarkan pada perilaku manusia bertuhan.

Fungsi dasar negara yang kedua adalah pancasila sebagai dasar negara republic Indonesia. Fungsi ini berarti bahwa pancasila merupakan suatu dasar yang haruus dipakai untuk mengatur pemerintahan negara dengan arti lain bahwa pancasila digunakan sebagai dasar dari penyelenggaraan suatu negara. Kedudukan ini sangat jelas bagi setiap warga negara bahwa setiap keputusan yang diambil harus sesuai dengan pancasila.

Fungsi yang ketiga dari pancasila atau dasar negara ini adalah sebagai ideology.ideologi diciptakan tidak hanya dari pemikiran seseorang atau sekelompok namun diambil berdasarkan nilai adat, agama, dan juga nilai kebudayaan. Jadi pancasila memiliki fungsi dasar negara yang sangat penting karena dibuat dari pandangan hidup warga negara sendiri dan diperuntukan warga negara.

Kedudukan Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar suatu negara memiliki kedudukan yang sangat tinggi di suatu negara. Kedudukan dasar negara secara rinci dari pancasila sebagai dasar suatu negara adalah memiliki kesinambungan dengan undang-undang dasar, pancasila juga mampu menjadi dasar untuk mencapai cita-cita negara, mengandung nilai yang ada pada undang-undang dasar.

Tanpa adanya pancasila, undang-undang tidak akan memiliki pendukung yang kuat sehingga pancasila bisa menjadi menguat undang-undang dasar 1945. Pemerintah sebagai perangkat negara harus selalu mengambil keputusan terbaik berdasarkan dengan pancasila dan juga undang-undang. UUD 1945 tidak akan bertentangan dengan dasar negara sehingga kedua antara pancasila dengan undang-undang akan saling mendorong anda mendukung.

pengertian dasar negara

Dasar negara memang menjadi hal yang sangat penting karena selalu diperlukan dalam menjalankan negara. Setiap negara memiliki dasar negara yang berbeda. Untuk negara Indonesia, pancasila menjadi ideology yang paling pas dan sudah mampu mewakili berbagai aspek mengenai kehidupan bernegara.

Recent search terms:

  • pentingnya kedudukan dasar negara
  • negara memerlukan perangkat
  • perangkat dasar negara
  • seperanfjat dasar negar
Pengertian Dasar Negara : Fungsi dan Kedudukannya
Tagged on: