Pengertian data mining : contoh dan manfaatnya – Dalam hal data dan penyimpanan database dan lainnya, tentu anda juga diharuskan mengenal dan mengerti istilah-istilah dari database, data mining dan lainnya. database dan data mining juga saling berkaitan satu dengan lainnya. Anda pasti sudah mengenal istilah database, lalu apa itu data mining. Berikut akan dijelaskan beberapa pengertian dari data mining dengan contoh dan manfaatnya.

Pengertian Data Mining

Beberapa pengertian dari data mining adalah sebagai berikut :

  • Data mining merupakan proses ekstraksi atau juga bisa diartikan dengan penggalian data yang belum pernah diketahui sebelumnya, namun tetap dapat dipahami dan berguna dalam dunia bisnis yang cukup penting.
  • Data mining juga sering disebut dengan data atau knowledge discovery, merupakan proses menemukan pola tersembunyi pada suatu data.
  • Data mining merupakan proses mengekstrak atau menambang pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh data besar.

Contoh Data Mining

Beberapa contoh dari data mining adalah aplikasi yang banyak digunakan di bidang perbankan, pemasaran dan juga asuransi. Misalnya aplikasi yang digunakan dibidang pemasaran adalah untuk mengidentifikasi pembelian para konsumen, mencari dan menemukan hubungan karakterisitik demografi pelanggan, memperkirakan tanggapan penawaran melalui surat.

Contoh aplikasi data mining yang digunakan di perbankan adalah mendeteksi pola penyalahgunaan kartu kredit dan mengidentifikasi tingkat loyalitas dari para pelanggan. Dan aplikasi data mining yang digunakan di bidang asuransi misalnya analisis klaim dan memperkirakan pelanggan yang akan membeli produk terbarunya.

Manfaat Data Mining

Pemanfaatan dari data mining sendiri bisa dilihat dari dua sudut pandang, baik sudut pandang komersial dan sudut pandang keilmuan. Dari sudut pandang komersial, data mining bisa digunakan untuk menangani adanya peledakan dari volume data. Dengan melihat bagaimana menyimpannnya, mengekstraknya dan memanfaatkannya. Tentunya berbagai ilmu komputasi dapat untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Selain itu data mining juga bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kebutuhan dibidang bisnis, misalnya :

  1. Mengetahui hilangnya pelanggan dikarenakan adanya pesaing.
  2. Mengetahui item suatu produk yang memiliki kesamaan karakteristik.
  3. Mengidentifikasi produk-produk yang sudah terjual dengan produk lainnya.
  4. Untuk memprediksi dari tingkat penjualan.
  5. Menilai tingkat resiko dalam menentukan jumlah produksi pada suatu item.
  6. Memprediksi perilaku bisnis dimasa depan.

Dari sudut pandang keilmuan, data mining juga memiliki manfaat yaitu dapat digunakan untuk mengcapture, menganalisis data dan juga untuk menyimpan data yang sifatnya real-time dan besar, seperti misalnya remote sensor, telescope dan simulasi saintifik.

Dalam data mining juga terdapat fungsi yang diterapkan dalam data mining, berikut fungsi yang umum dari data mining. Association, proses untuk menentukan aturan assosiatif dari suatu kombinasi item dalam suatu waktu. Secuence hampir sama dengan association namun bedanya diterapkan dalam satu periode saja. Clustering, pengelompokan data dalam kelompok data dan setiap klasternya terisi dengan data yang mirip.

Classification, proses penemuan model dan fungsi untuk membedakan konsep atau kelas pada masing-masing data. Regretion, proses pemetaan dalam suatu nilai prediksi. Forecasting proses dimana mengestimasi nilai prediksi berdasarkan pola dalam suatu kumpulan data. Solution, proses penemuan dasar masalah dari persoalan bisnis yang dihadapi.

pengertian data mining

Penerapan data mining sebagai cabang dari bidang ilmu komputera sudah cukup banyak digunakan dalam bidang industry bisnis dan lainnya. Data mining dapat ditunjang dengan kekayaan dan keanekaragaman dari berbagai bidang ilmu seperti artificial intelligence, database, statistic, permodelan matematika dan pengolahan citra dan lainnya. membuat penerapan data mining menjadi makin luas.

Recent search terms:

  • manfaat data mining
  • contoh data mining
  • pengertian data mining dan contohnya
  • manfaat data mining dalam bisnis
  • pemanfaatan data mining di berbagai bidang
  • Bidang bidang pada data mining
  • manfaat data mining dari berbagai bidang pengetahuan
  • sudut pandang data beserta contohnya
  • contoh aplikasi datamining dan fungsinya
  • bidang bidang dalam data mining
Pengertian Data Mining : Contoh dan Manfaatnya
Tagged on: