Pengertian DNS server : fungsi dan cara kerjanya – Pada dasarnya setiap computer di dunia ini terhubung satu sama lainnya. Nah, perangkat atau system yang menghubungkan computer satu sama lain adalah dengan menggunakan ip address. Misalnya anda mengetikan salah satu nama website, pada dasarnya anda mengetikkan serangkaian kombinasi angka. Nah tentunya tidak mudah mengingat serangkaian angka tersebut. Untuk memudahkan hal ini kemudian ada peran dari DNS server yang perlu anda ketahui.

Pengertian DNS Server

DNS server atau domain name system merupakan layaknya sebuah buku telpon internet. Sederhananya sebuah DNS merupakan kumpulan nama host dan alamat ip sebuah website di internet. Kumpulan data ini dibutuhkan DNS untuk menjalankan fungsinya sebagai penerjemah ip address ke host name ataupun sebaliknya.

Tanpa DNS server maka kamu harus mengetikan serangkaian angka yang merujuk sebuah website. Oleh karena itu DNS merupakan sebuah layanan jaringan yang menerjemahkan situs website di internet menjadi sebuah alamat website di internet yang mudah kita ingat.

Pengertian DNS server juga bisa berupa sebuah aplikasi service internet yang bermanfaat untuk menerjemahkan domain pada sebuah ip address dna menjadi salah satu system yang melayani pemetaan ip address ke fqpn (fany qualified domain name) ke ip address. Umumnya DNS di gunakan pada aplikasi yang berhubungan dengan internet seperti website atau email. Dns server berperan dalam memtakan host name dari computer ke ip address.

Selain itu DNS server juga dapat diartikan sebagai suatu host pada jaringan computer yang ditranslasikan menjadi sebuah ip address. Dalam pemberian nama, DNS memiliki arsitektural yang hirarkies. Ada istilah root level domain, top level domain dan second level domain.

Fungsi DNS Server

Setelah tahu definisi dan pengertian DNS server, kini kamu harus tahu apa fungsi dari DNS server. Dns berfungsi sebagai penerjemah nama ip address pada computer menjadi ip address, sebagai kerangka peraturan dalam mengirimkan kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekos, mampu menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer bahkan beberapa mampu memberikan perlindungan pada setiap domainya.

Dns server memang berperan penting dalam menerjemahkan alamat ip, namun bukan berarti tanpa kekurangan. Kekurangan DNS server terletak pada beberapa hal, pertama pengguna atau user tidak bisa menggunakan banyak nama untuk mencari nama domain baik pada internet ataupun intranet. Dns tidak mudah untuk diaplikasikan, selain itu kadangkala DNS tidak konsisten, dan yang terahir DNS tidak bisa membuat banyak nama domain.

Cara Kerja DNS Server

Fungsi DNS server yang sangat penting ini memiliki cara kerja sebagai berikut. Saat kita menuliskan suatu alamat website maka host akan menkontak server local kemudian menanyakan dimanakah alamat website yang kita ketikkan berada. Misalnya ada name server 10.112.222.234 mengirimkan request di database local, nah karena tidak ada maka server akan menghubungi DNS server, nah siapa yang menggunakan domain tersebut (.com).

Domain domain yang saat ini merupakan domain top level domain antara lain com, net, org biz, info dan lain lainnya selain itu ada beberapa domain berdasarkan country top code level domain seperti us, uk, fr, id dan lain lain. Domain domain ini akan disambungkan oleh DNS server.

pengertian dns server

Root server kemudian akan menghubungi ip address dari DNS server misalnya dari sebuah website, kemudian DNS server local akan menghubungi DNS server yang mengelola website tersebut, kemudian DNS akan memberitahu ip address bahwa website tersebut kemudian host yang akan memberitahu atau merequest alamat website tersebut dengan ip address yang telah diberikan DNS.

Recent search terms:

  • fungsi dns server
  • pengertian dns server
  • fungsi DNS
  • fungsi ip server pada dna
  • fungsi dan manfaat dns server
  • peran DNS server
  • domain name beserta fungsi dan cara kerjanya
  • cara kerja root server memberitahu ip address dari server dns
  • cara kerja DNS
  • apakah fungsi dari IP server pada DNS
Pengertian DNS Server : Fungsi dan Cara Kerjanya
Tagged on: