Pengertian evaluasi pembelajaran : fungsi dan jenisnya Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran yang bersifat berkelanjutan. Namun dalam dunia pendidikan, kata yang sangat familiar ini masih sering diartikan terutama oleh guru yang merupakan pelaksana pendidikan. Hal inilah mengapa seorang guru harus memiliki kompetensi dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dari mulai penyusunan instrumen hingga indikator yang akan dievaluasi. Dan untuk itu sangat penting untuk mengetahui pengertian, fungsi dan jenis dari evaluasi.

Pengertian Evaluasi Pembelajaran

Jika dilihat pengertiannya dari segi bahasa, evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang diartikan sebagai penilaian. Yang kemudian dijabarkan sebagai sebuah proses yang sistematis untuk menentukan kesimpulan sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa.

Dari pengertian evaluasi pembelajaran tersebut selanjutnya diimplikasikan dalam tiga hal, yakni dilakukan secara terus menerus, sebelum, sesudah dan selama proses belajar mengajar. evaluasi dilakukan untuk tujuan tertentu, yakni untuk memperbaiki proses pengajaran agar lebih efektif dan evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan alat-alat ukur atau instrumen tertentu untuk membuat keputusan seperti ulangan ataupun ujian.

Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Selain berfungsi untuk menilai keberhasilan belajar siswa dan sebagai umpan balik proses pembejaran, evaluasi pembelajaran memiliki fungsi untuk beberapa pihak. Fungsi yang pertama adalah bagi guru, yang antara lain untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, mengetahui kemampuan dan kelemahan masing-masing siswa, memperbaiki proses pengajaran dan untuk menentukan kelulusan peserta didik.

Bagi peserta didik, evaluasi pembelajaran memiliki fungsi untuk mengetahui hasil belajar, mengetahui kemampuan belajar dan cara memperbaikinya, serta memiliki fungsi untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.

Selanjutnya adalah fungsi evaluasi pembelajaran bagi sekolah, dimana hasil evaluasi dari proses belajar mengajar ini berfungsi untuk mengukur mutu pendidikan di sekolah, mengetahui kemajuan dan kemunduran mutu yang selanjutnya digunakan untuk proses perbaikan kurikulum dan terakhir berfungsi untuk membuat keputusan terhadap peserta didik apakah mau diluluskan ataupun harus mengulang untuk memperbaiki pembelajaran.

Tak hanya untuk pelaksana pendidikan, evaluasi pembelajaran juga berfungsi untuk orang tua murid dan masyarakat. bagi orang tua, hasil dari evaluasi ini berfungsi untuk mengetahui hasil belajar anaknya yang selanjutnya digunakan untuk meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Sedangkan bagi masyarakat hasil evaluasi ini berfungsi untuk mengetahui kemajuan sekolah dan ikut berpartisipasi dalam membantu sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitasnya dengan memberikan kritik dan saran.

Jenis Evaluasi Pembelajaran

Ada 3 jenis evaluasi pembelajaran yang dilihat dari fungsinya sasaran dan ruang lingkupnya. Jika dilihat dari fungsinya, evaluasi dibagi menjadi 5 jenis, yakni evaluasi formatif atau penilaian akhir, evaluasi sumatif yakni penilaian di akhir program semester ataupun tahunan, evaluasi diagnostik untuk menemukan kelemahan pembelajaran, evaluasi selektif untuk keperluan seleksi siswa dan evaluasi penempatan untuk menempatkan siswa pada program pembelajaran yang sesuai.

Jika dilihat dari sasarannya, evaluasi dibagi menjadi 5 jenis yakni evaluasi konteks program pembelajaran, evaluasi input atau strategi pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil dan evaluasi outcome yang merupakan evaluasi lulusan yang telah terjun ke sekolah yang lebih tinggi ataupun masyarakat.

pengertian evaluasi pembelajaran

Dan terakhir jika dilihat dari ruang lingkupnya, dibagi menjadi 3 yakni evaluasi program, proses dan hasil pembelajaran. Demikianlah informasi terkait evaluasi pembelajaran, semoga dapat menambah pengetahuan anda terkait dunia pendidikan..

Recent search terms:

  • pengertian evaluasi pembelajaran
  • Evaluasi pembelajaran
  • jenis-jenis evaluasi pembelajaran bahasa Inggris yang ada di sekolah
  • evaluasi pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan kualitas guru
  • evaluasi pembelajaran com
  • macam-macam evaluasi pembelajaran
  • jenis evaluasi dari kegunaannya
  • pengertian pendekatan pembelajaran dan jenis jenisnya
  • evaluasi pengajaran bahasa inggris
  • evaluasi pembembelajaran
Pengertian Evaluasi Pembelajaran : Fungsi dan Jenisnya
Tagged on: