Pengertian evaluasi pendidikan : fungsi dan ruang lingkupnya adalah hal yang harus dilakukan guna mengetahui dan memperbaiki bagaimana pendidikan itu berlangsung dan bagaimana ke depannya. Seperti yang sudah kita tahu bahwa evaluasi adalah sebuah penilaian. Dalam pendidikan, evaluasi ini meliputi beberapa komponen yang termasuk dalam kegiatan belajar mengajar. Dilakukannya evaluasi adalah untuk memperbaiki pendidikan itu lebih lanjut sehingga bisa lebih maju. untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan pada sub bab berikut.

Pengertian Evaluasi Pendidikan

Pengertian evaluasi pendidikan secara harfiah adalah penilaian terhadap pendidikan dan atau penilaian mengenai segala hal yang berkaitan dengan pendidikan. Pengertian tersebut merujuk pada arti evaluasi itu sendiri yaitu penilaian sehingga jika dikaitkan dengan pendidikan, maka penilaian tersebut tentu yang hubungannya dengan pendidikan.

Banyak para ahli yang mengemukakan pengertian evaluasi pendidikan, namun pada intinya ialah sama yakni suatu tindakan yang sengaja dilaksanakan untuk menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan tersebut. Lebih singkatnya, evaluasi pendidikan adalah sebuah proses penentuan nilai pendidikan sehingga dari proses tersebut dapat diketahui mutu dan juga hasil-hasilnya.

Dari penjelasan diatas dapat digaris bawahi bahwa proses evaluasi ini adalah kegiatan yang sifatnya terencana dengan tujuannya yaitu untuk mengetahui keadaan suatu objek. Proses ini dalam pelaksanaannya menggunakan instrumen dan membandingkannya hasilnya dengan tolak ukur yang sudah ditentukan untuk memperoleh suatu kesimpulan.

Fungsi Evaluasi Pendidikan

Dengan mengetahui pengertian dari evaluasi pendidikan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi evaluasi pendidikan diantaranya; pertama untuk mengukur kemajuan. Dengan diadakannya evaluasi pendidikan, maka kemajuan dari pendidikan tersebut dapat diketahui. Jika dari proses evaluasi tersebut terdapat kemajuan maka hal itu perlu ditingkatkan dalam pendidikan itu. namun, jika terdapat kemunduran, maka perlu diadakan strategi agar bisa lebih baik lagi.

Fungsi lainnya yaitu menunjang penyusunan rencana. Dengan diadakannya evaluasi maka rencana bisa disusun dengan baik dan tepat. Proses evaluasi akan sangat bermanfaat untuk sebuah rencana kedepan. Rencana apa yang harus disusun agar proses pendidikan yang ada menjadi lebih baik. Begitu juga dengan pendidik dan anak didiknya akan diperoleh gambaran rencana yang jelas.

Selain itu, fungsi proses evaluasi pendidikan yang sangat signifikan bagi pendidik adalah untuk memberikan pedoman di dalam mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang membutuhkan.setiap peserta didik tentu memiliki problem masing-masing yang penanganannya tidak sama dengan yang lain. Evaluasi pendidikan sangat berkontribusi dengan hal ini, sehingga pendidik mengerti penanganan yang seperti apa yang harus diberikan.

Ruang Lingkup Evaluasi Pendidikan

Ruang lingkup evaluasi pendidikan mencakup tiga komponen utama yaitu evaluasi program pengajaran, evaluasi proses pelaksanaan pengajaran dan evaluasi hasil belajar. Pada ruang lingkup pertama meliputi tujuan pengajaran, isi program pengajaran, dan strategi belajar mengajar. Semua yang tercakup disini adalah hal yang memang sangat penting dalam suksesnya pendidikan. Pendidikan yang bagus dan sukses juga tergantung dari program pengajaran yang ada.

Pada komponen kedua dari proses evaluasi ini meliputi kesiapan guru dalam proses pengajaran, kesesuaian proses belajar mengajar dengan program pengajaran yang ditentukan, kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pengajaran, kesiapan guru dalam mengajar, keaktifan siswa selama proses pengajaran berlangsung, dsb.

pengertian evaluasi pendidikan

Sedangkan pada komponen ketiga meliputi evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik dalam unit program pengajaran yang sifatnya terbatas yang sifatnya tujuan khusus. Sedangkan yang lainnya yaitu evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan umum dalam pengajaran. Ketiga komponen dan beberapa cakupannya tersebut adalah hal yang harus diperhatikan ketika mengadakan evaluasi pendidikan.

Recent search terms:

  • pengertian evaluasi pendidikan
Pengertian Evaluasi Pendidikan : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: