Pengertian filsafat hukum : tujuan dan ruang lingkup – Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Filsafat hukum yang mana hal ini sekarang banyak menjadi hal yang diperbincangkan dan banyak juga dipelajari. Filsafat sendiri berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani Philosophia yang mana terdiri dari 2 kata yakni Philo atau Philen yang artinya cinta dan juga Sophia yang artinya adalah kebijaksanaan. Lalu apa pengertian dari filsafat hukum tersebut menurut para ahli?

Pengertian Filsafat Hukum

Pengertian Filsafat hukum menurut Apeldoorn yaitu adalah petunjuk-petunjuk mengenai nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dan sekaligus juga menunjukkan ke arah mana nilai-nilai tersebut akan berkembang. Sementara menurut Soerjono Soekanto filsafat hukum tersebut adalah kegiatan perenungan nilai-nilai serta penyerasian nilai-nilai dan perumusan nilai-nilai yang berpasangan namun terkadang juga bersitegang.

Terdapat pendapat lain juga mengenai Filsafat hukum ini, seperti misalnya pendapat dari J. Gejssels yang menyatakan bahwa filsafat hukum adalah sebuah filsafat umum yang mengarahkan refleksinya terhadap hukum dan juga gejala hukum. Sementara Lili Rasjidi berpendapat bahwa filsafat hukum adalah refleksi teoritis atau intelektual tentang hukum yang paling tua dan bisa dibilang merupakan induk dari semua refleksi teoritis tentang hukum.

Tidak hanya keempat ahli itu saja yang menyumbangkan pendapat mereka tentang filsafat hukum, namun D. H. M. Meuwssen pun juga turut andil menyumbangkan pendapatnya mengenai filsafat hukum ini. Menurutnya, filsafat hukum adalah sebuah filsafat yang merenungkan semua persoalan fundamental dan masalah-masalah perbatasan yang berkaitan dengan gejala hukum.

Tujuan Filsafat Hukum

Filsafat hukum ini tentu juga dibuat berdasarkan suatu alasan dan tentu memiliki tujuan tertentu. Dan tujuan dari filsafat hukum pada masa Yunani Kuno adalah untuk mengatur hidup manusia atau masyarakat. Hukum ini juga dibuat untuk dipatuhi agar manusia mengikuti peraturan sesuai dengan hakekatnya. Sementara pada abad pertengahan, hukum tersebut berasal dari aturan Tuhan yang bertujuan untuk menjamin suatu aturan hidup seperti yang telah dikehendaki oleh Tuhan.

Sementara tujuan filsafat hukum pada masa modern ialah hukum yang dibuat untuk mensejahterakan manusia itu sendiri menurut reallita yang ada dimana pada realitanya manusia merupakan makhluk yang bebas. Dan dari tujuan hukum dari berbagai abad tersebut bisa kita simpulkan bahwa fungsi hukum secara umum adalah untuk mewujudkan suatu kehidupan bersama yang teratur sehingga dapat menunjang perkembangan pribadi manusia.

Ruang Lingkup Filsafat Hukum

Ruang lingkup dari Filsafat hukum itu sendiri tentunya tidak bisa terlepas dari ajaran-ajaran filsafat yang terdiri dari beberapa hal. Yang pertama yaitu antology hukum yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakekat hukum seperti misalnya hakekat demokrasi, hubungan hukum, moral dan lain-lain. Yang kedua yaitu Axiology Hukum yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang isi dan nilai kebenaran, keadilan, kebebasan, kewajaran, penyalahgunaan wewenang dan lain-lain.

Ilmu yang mendasari ruang lingkup Filsafat hukum yang selanjutnya yaitu ideology hukum yang merupakan pembelajaran secara terperinci dari keseluruhan individu atau masyarakat yang memberikan dasar atau legitimasi bagi keberadaan lembaga-lembaga hukum yang akan datang, juga bagi sistem hukum atau bagian-bagian dari sistem hukum itu sendiri.

Berikutnya yaitu ilmu teleology hukum yang merupakan ilmu yang menentukan isi dan juga tujuan hukum tersebut. Berikutnya yaitu keilmuan hukum yang merupakan ilmu meta teori bagi hukum. Dan yang terakhir yaitu logika hukum yang juga merupakan ilmu yang mengarah kepada argumentasi hukum, bangunan logis dan juga sistem hukum dan struktur sistem hukum.

Pengertian Filsafat Hukum

Demikianlah artikel tentang Filsafat hukum tersebut yang tentunya sangat penting untuk kita pelajari karena tentunya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan setiap individu ataupun masyarakat yang akan mewujudkan kehidupan bemasyarakat yang aman, nyaman, dan sejahtera.

Recent search terms:

  • filsafat hukum
  • tujuan filsafat hukum
  • ruang lingkup filsafat hukum
  • pengertian filsafat hukum
  • pengertian filsafat hukum fungsi dan tujuannya
  • filsafat hukum dan ruang lingkup
  • tujuan dan manfaat filsafat hukum
  • fungsi filsafat hukum menurut
  • fungsi dan tujuan filsafat hukum
  • filsafat hukum fungsi hukum
Pengertian Filsafat Hukum : Tujuan dan Ruang Lingkup