Pengertian teknologi informasi : fungsi dan sejarah РPerkembangan teknologi informasi memang menjadi suatu yang mustahil untuk dilawan. Hampir semua bidang kehidupan terkena dampak dari teknologi informasi ini.Sebagian besar memang mendapat berbagai kemudahan dengan adanya teknologi informasi yang semakin berkembang. Penggunaan teknologi informasi yang tepat memang sangat membantu mempermudah aktivitas manusia.untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dasar-dasar dari teknologi informasi, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian, Fungsi, Dan Sejarah Teknologi InformasiPembahasan awal haruslah dimulai dengan pengertian dari teknologi informasi agar anda mengetahui batasan yang akan dibahas dalam teknologi informasi ini. Banyak ahli yang mengungkapkan pemikirannya untuk mendefinisikan teknologi informasi. Secara umum, teknologi informasi diartikan sebagai sebuah implementasi dari fasilitas teknologi yang berupa perangkat keras dan lunak yang digunakan untuk mendukung pengolahan informasi dalam setiap lapisan masyarakat atau organisasi.

Teknologi informasi ini banyak dipahami sebagai sarana untuk mempermudah sekumpulan orang dalam jaringan untuk dapat menukarkan data yang mereka miliki. Dengan demikian penyebaran atau penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Teknologi informasi ini nyatanya juga telah mampu memecahkan permasalahan dalam sebuah komunitas dan dapat membuka pintu kreativitas selebar-lebarnya dengan memanfaatkan akses informasi yang mudah dan cepat menggunakan teknologi informasi.

Fungsi Teknologi Informasi

Fungsi teknologi informasi tentunya sangat banyak, melihat pengertian yang sudah dipaparkan di atas.fungsi pertama yang dijalankan oleh teknologi informasi ini adalah melakukan penangkapan terhadap berbagai informasi yang dimasukkan ke dalam sistem informasi. Selanjutnya fungsi teknologi juga membantu untuk melakukan pengolahan data secara lebih mudah dan menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan, misalnya dalam bentuk grafik, diagram, dan lainnya.

Fungsi teknologi yang selanjutnya adalah mampu melakukan penyimpanan terhadap data yang diinput dalam jumlah yang besar. Informasi yang telah di masukkan dalam perangkat teknologi informasi ini dapat digunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Ada juga fungsi teknologi lainnya seperti fungsi transmisi. Pada fungsi ini, informasi dapat dikirim atau ditransmisikan kepada pengguna yang membutuhkan informasi tersebut. Informasi yang terdapat dalam perangkat teknologi informasi juga dapat digandakan sesuai kebutuhan.

Sejarah Teknologi Informasi

Berbicara masalah teknologi informasi tak lengkap rasanya jika tidak mengulas tentang sisi kesejarahannya. Sejarah teknologi informasi dimulai dari peradaban kuno atau pra sejarah (3000 SM) manusia yang menyampaikan informasi melalui peninggalan sejarah seperti lukisan gua, prasasti, dan naskah kuno.

Selanjutnya pada masa yang lebih maju atau masa sejarah (3000 SM – 1400 M), masyarakat memiliki teknologi informasi yang terkandung dalam ritual upacara adat. Hanya saja pada masa ini, hanya kalangan tertentu yang mengetahui informasi yang disampaikan secara turun-temurun. Pada masa ini banyak peradaban dunia yang mulai mengenai symbol dan huruf-huruf untuk menyampaikan berbagai informasi penting.

Pada tahun 500 SM, diperkirakan teknologi informasi semakin maju terbukti dengan ditemukannya sisa peninggalan sejarah berupa serat papyrus yang berisikan informasi penting pada masa lampau. Setelah penggunaan daun papyrus sebagai media tulis, manusia mulai mengembangkan penemuan atas sarana menulis yang hingga saat ini kita kenal dengan nama kertas.

Pada era yang lebih modern atau masuk era masehi, mulailah ditemukan mesin cetak, yang kemudian selalu diperbaiki performanya. Muncul juga alat yang berguna untuk menyampaikan informasi dalam jarak jauh. Pada tahun 1900-an mencapai puncaknya dengan ditemukannya Televisi sebagai media penyampai informasi yang menjangkau area yang sangat luas. Selanjutnya para ilmuwan terus menciptakan berbagai alat teknologi informasi yang membantu kehidupan manusia hingga saat ini muncullah internet sebagai database informasi yang paling besar.

Demikian sedikit ulasan mengenai teknologi informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Recent search terms:

  • pengertian teknologi informasi
  • fungsi teknologi informasi sebagai penangkapan
  • pengertian teknologi informasi beserta sejarah
  • sejarah tentang era sistem informasi
Pengertian Teknologi Informasi : Fungsi dan Sejarahnya
Tagged on: