Pengertian globalisasi budaya : dampak dan contohnya – Globalisasi sebenarnya terdiri dari globalisasi secara umum hingga globalisasi dalam bidang yang lebih spesifik. Salah satu globalisassi yang terjadi adalah globalisasi budaya. Globalisasi Budaya bisa diartikan sebagai penyebaran gagasan, nilai dan juga makna ke seluruh dunia dengan suatu cara untuk mempererat suatu hubungan sosial masyarakat. Banyak hal yang terjadi hingga saat ini yang mempengaruhi suatu budaya. Dari suatu budaya yang dimiliki oleh sebuah bangsa bisa diikuti oleh bangsa yang lain.

Negara dengan kebudayaan yang menonjol akan banyak diikuti oleh negara yang lain. Absahan suatu negara bisa menjadi sebuah tren budaya yang bisa sangat berpengaruh untuk budaya yang lainnya. Budaya bisa ditularkan dengan berbagai hal seperti contoh perdagangan, pertukaran, atau juga konsumsi budaya. Budaya asing bisa dikonsumsi oleh suatu budaya apabila ada media yang bisa membantu penularan seperti internet, televisi dan juga yang lainnya.

Pengertian Globalisasi Budaya

Seperti yang sudah disebutkan, pengertian Globalisasi Budaya merupakan suatu proses penyebaran ide atau gagasan serta nilai yang ada pada masyarakat ke masyarakat yang lain dengan suatu cara yang bisa mempererat suatu hubungan social. Kemajuan teknologi saat ini seperti internet sangatlah berpengaruh terhadap yang namanya globalisasi budaya karena semua orang bisa menjadi konsumen budaya dari budaya asing salah satunya adalah budaya barat.

Penyebaran suatu budaya akan sangat berdampak pada kehidupan sosial di masyarakat. Anda bisa melihat betapa cepat perubahan budaya masyarakat yang disebabkan oleh konsumsi budaya secara intens karena globalisasi. Pengaruh budaya bisa terlihat dari perilaku, norma dan juga nilai-nilai budaya yang tampak. Budaya yang dikonsumsi oleh masyarakat sadar tidak sadar akan sangat berpengaruh terhadap ikatan dari suatu bangsa ke bangsa yang lainnya.

Anda bisa melihat budaya yang sekarang sangat digandrungi oleh masyarakat indonesia yaitu budaya barat yang dianggap sebagai budaya modern. Budaya yang sudah sangat terlihatan adalah gaya berpakaian, gaya bergaul, dan juga bahkan makanan serta masih banyak lagi yang lainnya. percampuran budaya suatu bangsa dengan bangsa yang lain memang bisa terjadi namun akan terjadi pergeseran budaya yang nantinya akan ada salah satu yang tersisihkan karena globalisasi budaya.

Dampak Globalisasi Budaya

Globalisasi yang terjadi akan selalu membawa dampak bagi. Ada beberapa hal yang menjadi dampak dari globalisasi dibidang ini yakni dampak positif dan juga dampak negative. Pertama adalah mengenai dampak Globalisasi Budaya yang positif seperti perubahan pada sikap dan juga nilai atau norma. Perilaku dari masyarakat akan perubahan menjadi semakin rasional dalam menyikapi berbagai hal apabila dibandingkan dengan masyarakat yang masih menganut budaya kuno.

Selain itu masyarakat juga masih terlihat perubahan pada ilmu pengetahuannya. Semakin modern budaya yang dianut oleh masyarakat maka ilmu pengetahuan juga semakin berkembang. Tidak hanya itu, tingkat kehidupan suatu masyarakat juga akan semakin meningkat dengan adanya gagasan baru yang membuat masyarakat menjadi semakin kreatif. Globalisasi Budaya juga memberi kemudahan dalam berbagai hal tentu yang akan membuat kehidupan masyarakat juga semakin mudah.

Sedangkan untuk dampak negative kita harus menyadari bahwa pola hidup hidup masyarakat menjadi semakin konsumtif. Masyarakat juga lebih individualis sehingga tenggang rasa terhadap satu dengan yang lain menjadi semakin tipis. Hal yang lebih jelas dari dampak negative globalisasi Budaya adalah masyarakat yang semakin mengikuti budaya barat yang notabene tidak memiliki keyakinan sedangkan budaya Indonesia menjunjung tinggi nilai Ketuhanan. Dan yang lebih buruk lagi adalah kesenjangan sosial. Masyarakat yang mampau bersaing dengan kemajuan budaya serta teknologi akan mampu menghasilkan lebih banyak keuntungan sedangkan masyarakat yang tertinggal akan semakin tertindas.

Contoh Globalisasi Budaya

Sebagai contoh Globalisasi Budaya adalah gerai makanan barat yang sudah begitu banyak di Indonesia seperti Mc Donal, KFC, Pizza hut, Starbuck dan masih banyak lagi budaya luar yang begitu popular di negera Indonesia. Selain itu kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh bangsa barat juga sangat mempengaruhi budaya. Hampir sebagian besar masyarakat sudah memahami yang namanya internet yang didalamnya begitu banyak materi yang bisa diakses dan merupakan budaya barat. Secara sadar atau tidak sadar, masyarakat akan terbawa dengan aru budaya ditambah lagi banyaknya orang asing yang sekarang tinggal di Indonesia dengan membawa budaya mereka.

pengertian globalisasi budaya

Contoh lain yang sanagt konkret sebagai produk globalisasi budaya yang pertama adalah agama. Agama menjadi produk budaya yang benar-benar sudah mendunia karena berbagai macam hal. Misi yang jelas untuk menyampaikan kebenaran ke dunia dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga agama bisa masuk ke suatu negara dengan cara yang beragam. Agama bisa menjadi contoh yang paling mudah untuk dipahami tentang Globalisasi Budaya.

Recent search terms:

  • pengertian globalisasi budaya
  • globalisasi budaya
  • pengertian globalisasi kebudayaan
  • artikel tentang globalisasi budaya
  • golobalisasi budaya
  • artikel globalisasi budaya
  • budaya dan globalisasi
  • globalisasi kebudayaan adalah
  • apakah globalisasi budaya itu
  • pngertian globalisasi budaya
Pengertian Globalisasi Budaya : Dampak dan Contohnya
Tagged on: