Pengertian globalisasi ekonomi : dampak dan contohnya – Globalisasi merupakan fenomena yang terjadi di dunia hingga menyebabkan banyak perubahan. Definisi globalisasi bisa diartikan sebagai peningkatan dan juga ketergantungan bangsa dengan bangsa yang lain atau antar manusia yang ada di dunia. Peningkatan keterkaitan ini dipengaruhi oleh berbagai hal seperti investasi, perdagangan, budaya yang populer, dan interaksi lain yang berkaitan antar bangsa. Globalisasi ekonomi sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan bangsa.

Globalisasi juga bisa diartikan sebagai suatu proses yang terjadi adalah penyatuan seluruh warga di dunia. Globalisasi terjadi di berbagai bidang dan salah satunya adalah Globalisasi dibidang ekonomi. Globalisasi memang berdampak pada berbagai macam bidang dan di bidang ekonomi akan banyak sekali terlihat dampaknya.

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Pengertian Globalisasi ekonomi bisa dikatakan sebagai proses dalam kegiatan ekonomi oleh negara-negara di dunia. Globalisasi dalam bidang ini juga akan sangat berdampak sekali dengan perubahan ekonomi di seluruh dunia. Dalam globalisasi ekonomi seperti ini maka akan dihapuskan batasan mengenai arus dari modal, jasa dan juga barang. Hilangnya batasan seperti ini juga membuat ikatan perdagangan antar negara menjadi semakin erat sehingga ketergantungan antara satu negara dengan yang lain semakin hebat.

Dalam perdagangan, globalisasi juga akan memberikan kesempatan untuk produk domestik masuk ke pasar internasional dengan mudah begitu juga dengan produk luar yang semakin mudah untuk masuk kedalam negeri. Globalisasi dibidang ekonomi bisa memberikan dampak yang positif namun juga bisa memberikan dampak negative untuk masyarakat yang tidak bisa menyeimbangkan perekonomian mengingat batas dari arus pemasaran yang sudah kabur.

Dampak Globalisasi Ekonomi

Dalam Globalisasi ekonomi akan ada banyak dampak yang ditimbulkan yakni dampak positif dan negative. Adapun beberapa dampak positif yang terjadi dan yang pertama adalah produk global bisa ditingkatan sehingga keuntungan akan semakin banyak. Masyarakat akan mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan juga tabungan. Dampak positif yang kedua adalah meningkatkan kemakmuran dari masyarakat di suatu negara. Masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan produk dari barang yang di impor oleh suatu negara dari berbagai negara.

Dampak yang selanjutnya dari globalisasi ini adalah mengenai tambahan dana yang didapatkan oleh negara semakin banyak sehingga suatu negara bisa membangun sector industri yang baru. Negara juga bisa semakin mudah untuk mendapatkan investasi dari negara lain untuk memakmurkan negara terutama dalam bidang ekonomi. Selain itu dampak positif dari globalisasi perekonimian juga semakin meluaskan pasar international. Negara juga bisa memperoleh teknologi dan modal yang lebih banyak dari investasi negara lain.

Selanjutnya adalah mengenai dampak negative dari Globalisasi ekonomi. Dampak negative yang pertama adalah menyebabkan hambatan pada pertumbuhan dari sector industry. Selanjutnya juga bisa berdampak hingga menyebabkan buruknya neraca pembayaran dunia karena cenderung menaikkan pembayaran pada barang import. Sector keuangan juga semakin tidak stabil karena globalisasi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi juga bisa menjadi semakin buruk apabila tidak ada keseimbangan dalam pengelolaan pasar oleh suatu negara.

Contoh Globalisai Ekonomi

Globalisasi memberikan banyak sekali dampak untuk masyarakat di seluruh dunia. Di negara Indonesia, dampak dari globalisasi ekonomi akan terlihat dengan jelas. Banyaknya investor asing seolah justru menguasai negara ini karena begitu banyak industry yang memiliki investor terbesar dari negara asing. Untuk Contoh globalisasi ekonomi yang terlihat begitu jelas saat ini akan anda temukan dengan begitu mudah.

Contoh yang pertama adalah banyaknya supermarket di perkotaan bahkan saat ini swalayan sudah masuk ke pelosok desa hingga lama kelamaan pasar tradisional akan semakin terlupakan. Anda bisa melihat begitu banyak supermarket di perkotaan. Dalam satu wilayah masyarakat bisa menemukan lebih dari satu super market yang sangat besar dengan beragam fasilitanya. Contoh lainnya adalah adanya jual beli online yang sangat cerdas memanfaatkan teknologi. Selanjutnya masyarakat akan menemukan beragam mesin canggih seperti android, mobil dengan beragam fitur, dan banyak lagi.

pengertian globalisasi ekonomi

Contoh yang terlihat selanjutnya mengenai globalisasi ekonomi yang lebih besar adalah adanya ekspor dan impor yang dilakukan oleh negara. Produk yang diproduksi suatu negara dengan mudah dipasarkan ke dunia.pasar internasional juga semakin terbuka lebar hingga batas perdagangan semakin tidak terlihat.

Recent search terms:

  • globalisasi ekonomi
  • pengertian globalisasi ekonomi
  • globalisasi ekonomi dan contohnya
  • apa yang dimaksud dengan globalisasi ekonomian dan budaya di indonesia com
  • contoh globalisasi ekonomi
  • materi globalisasi ekonomi
  • yang dimaksud globalisasi ekonomi dan budaya
  • definisi globalisasi ekonomi
  • defenisi globalisasi ekonomi
  • barang yang di perjualbelikan dengn dmpak globalisasi
Pengertian Globalisasi Ekonomi : Dampak dan Contohnya
Tagged on: