Pengertian globalisasi pendidikan : faktor penyebab dan contohnya Globalisasi Pendidikan adalah sesuatu yang sangat berdampak sekali pada pendidikan dunia. Ketika terjadi beragam perubahan pendidikan di dunia maka tentu akan mempengaruhi pendidikan di setiap daerah. Globalisasi yang merupakan tindakan manusia memang selalu memberikan dampak yang besar bagi dunia ini.

Globalisasi terjadi karena adanya kemajuan diberbagai bidang seperti teknologi dan bahkan ekonomi. Globalisasi akan berdampak positif namun juga berdampak negative.akan sangat jelas perbedaan kesenjangan ketika terjadi globalisasi.anda bisa menemukan beragam kasus mengenai

Pengertian Globalisasi Pendidikan

Definisi dari Globalisasi Pendidikan berasal dari globalisasi dan juga pendidikan sehingga maknanya juga diambil dari kedua istilah tersebut. Kata globalisasi memiliki makna sebagai universal sehingga bisa diartikan sebagai proses yang bisa menjadikan bangsa di dunia saling ketergantungan. Sedangkan untuk makna pendidikan anda bisa memaknainya sebagai usaha untuk mewujudkan suasana belajar mengajar secara aktif sehingga tercipta masyarakat dengan kecerdasan dan juga nilai moral yang baik.

Setelah mengetahui kedua arti istilah tersebut maka selanjutanya adalah mengenai istilah dari Globalisasi dibidang Pendidikan secara umum. Pengertian Globalisasi Pendidikan berarti suatu proses sadar dari sebuah perwujudan untuk mengembangkan potensi agar memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, kepribadian, kecerdasan, ketrampilan, dan pengendalian diri secara baik dan menyeluruh. Dari keadaan yang terjadi saat ini bisa dilihat bahwa negara adi kuasa biasanya memiliki peran yang sangat besar mengenai globalisasi dan salah satunya adalah globalisasi pendidikan.

Globalisasi pendidikan akan sangat menguntungkan untuk negara-negars yang besar. Negara kecil yang tidak mampu bersaing akan semakin tertunda setiap harinya. Negara yang kuat akan lebih mudah untuk bersaing dan menguasai perekonomian bahkan hingga ke bidang politik. Globalisasi memang mampu memberikan dampak positif namun juga besar sekali dampak negatifnya.

Faktor Penyebab Globalisasi Pendidikan

Ketika terjadinya globalisasi maka tentu akan ada penyebab atau factor dari proses tersebut. Kemajuan teknologi selalu berdampak dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan juga pendidikan. Kemajuan teknologi seperti internet dan juga hal yang lainnya menyebabkan masyarakat lebih mudah untuk mengakses beragam informasi. Pendidikan juga seolah harus mengikuti perkembangan jaman sehingga metode pendidikan banyak berubah mengikuti perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi membuat proses pembelajaran yang semakin maju sehingga siswa bisa mendapatkan ilmu dengan sumber yang sangat mudah ditemukan. Selain teknologi, factor Globalisasi Pendidikan juga bisa disebabkan oleh perkembangan ekonomi yang semakin meningkat. Perkembangan ekonomi akan semakin mempermudah proses belajar serta membuat fasilitas belajar juga semakin banyak dan bagus. Hal ini juga sangat mempengaruhi globalisasi pendidikan.

Untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain suatu negara harus benar-benar mampu bersaing agar tidak tertinggal dan tetap mampu untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai. Perkembangan industri juga sangat berpengaruh. Kebutuhan suatu perusahaan untuk karyawan yang kompeten di bidangnya juga akan sangat berpengaruh.

Contoh Globalisasi Pendidikan

Globalisasi memiliki banyak dampak pada pendidikan. Ada beberapa contoh yang bisa ditemukan disekitar masyarakat yang menunjukkan globalisasi dibidang pendidikan. Yang pertama adalah mengenai fasilitas yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Anda bisa melihat sekolah-sekolah saat ini ayng telah banyak menggunakan teknologi internet dalam proses belajar. Setiap ruang kelas juga sudah banyak yang dilengkapi dengan wifi atau bahkan LCD yang akan membuat guru semakin mudah untuk menyampaikan materi. Contoh Globalisasi Pendidikan juga bisa terlihat dari siswa yang banyak melakukan penelitian atau karya ilmiah yang memberi banyak manfaat untuk masyarakat.

pengertian globalisasi pendidikan

Dari contoh tersebut ada juga dampak negative yang terjadi di masyarakat seperti moral siswa yang menurun karena adanya akses internet yang semakin bebas dan tidak bisa dibatasi. Minat baca siswa juga semakin turun karena semua didapatkan secara instan. Selain itu dampak Globalisasi Pendidikan juga bisa menyebabkan kesenjangan sosial yang sangat besar. Daerah yang mampu mengikuti globalisasi akan semakin maju dengan masyarakat berpendidikan namun untuk masyarakat kecil akan semakin tertinggal.

Recent search terms:

  • pengertian globalisasi pendidikan
  • globalisasi pendidikan
  • artikel globalisasi pendidikan
  • pendidikan dan globalisasi
  • pengertian globalisasi dalam dunia pendidikan
  • contoh globalisasi pendidikan
  • apa yang dimaksud dengan globalisasi pendidikan
  • gejala terjadinya globalisasi pendidikan
  • definisi globalisasi dalam pendidikan
  • yabg dimaksud globalisasi dalam dunia pendidikan
Pengertian Globalisasi Pendidikan : Faktor Penyebab dan Contohnya
Tagged on: