Pengertian hasil belajar : tujuan dan prinsip penilaiannya Hasil belajar merupakan factor yang sangat penting di dalam dunia pendidikan karena hal tersebut merupakan sebuah bentuk laporan terhadap aktifitas pembelajarn peserta didik oleh guru. Hasil belajar di di buat bukan hanya sekedar laporan saja namun ada tujuan dan juga prinsip yang di gunakan. Di dalam artikel ini akan di jelaskan kepada anda tentang apa itu prinsip, tujuan, dan pengertian hasil belajar sebagai berikut.

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar dapat juga di katakan sebagai sebuah penilaian pendidikan yang di dapat melalui sebuahproses pengumpulan serta pengolahan informasi data yang di lakukan untuk dapat menentukan pencapaian dan penilaian dari hasil pembelajaran yang di lakukan oleh peserta didik. Hal ini di dasari oleh PP. Nomor 19 tahun 2005 yaitu tentang Standar Nasional Pendidikan yang menyatakan bahwa sebenarnya penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar atau SD dan menengah terdiri beberapa bagian yaitu:

Bagian yang pertama adalah penilaian hasil belajar yang di lakukan oleh pendidik, penilaian hasil belajar yang di lakukan oleh satuan pendidikan, dan juga penilaian hasil belajar yang di lakukan oleh Pemerintah.

Di dalam hal ini untuk setiap satuan pendidikan, mereka akan melakukan perencanaan proses pembelajaran dan juga penilaian dari hasil pembelajaran siswa yang di lakukan sebagai salah satu upaya terlaksananya sebuah proses pembelajaran baik yaitu efektif dan efisien.

Oleh karena itu, dalam rangka untuk melakukan penilaian dari hasil belajar ini maka biasanya pada semester satu, maka akan di lakukan penilaian yang dapat dilakukan melalui berbagai proses kegiatan yaitu seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dan juga ulangan akhir semester serta dilengkapi dengan berbagai tugas-tugas tambahan lainnya yaitu pekerjaan rumah (PR) dan lainnya. Hasil dari proses ini akan mengisi penilainan rapor semester satu sedangkan pada semester dua, maka akan di lakukan penilaian dilakukan melalui tugas yang sama yang akan mengisi rapor semester dua.

Tujuan Hasil Belajar

Ada beberapa tujuan dan fungsi hasil belajar yang harus anda ketahui yaitu yang meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun untuk tujuan umumnya yaitu untuk dapat menilai hasil dari pencapaian kompetensi para peserta didik, untuk dapat memperbaiki proses -proses pembelajaran, dan juga sebagai bahan yang di gunakan untuk penyusunan laporan kemajuan belajar para siswa.

Adapun untuk tujuan khusus dari penilaian hasil belajar ini adalah untuk dapat mengetahui kemajuan dari proses hasil belajar siswa.

Selain itu, penilaian dari hasil belajar juga bertujuan untuk mendiagnosis bagaimana kesulitan belajar yang di alami oleh para siswa, untuk dapat memberikan umpan balik atau sebagai perbaikan dari proses belajar belajar mengajar, dan juga sebagai penentu kenaikan kelas.

Prinsip Penilaian Hasil Belajar

Adapun untuk melakukan penilaian dari hasil belajar juga menggunakan prinsip-prinsip yang diantaranya adalah valid yaitu penilaian menggunakan standar kompetensi dasar. Selain itu penilaian hasil belajar juga harus objektif yang tidak memihak siapapun, transparan atau terbuka untuk setiap poin penilaian di lakukan dengan jelas tanpa manipulasi, adil yaitu tidak memihak pihak manapun. Jadi penilaian di lakukan kepada semua pihak secara adil tanpa terkecuali, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis atau berurutan, akuntable, dan juga mengacu pada criteria pembelajaran.

pengertian hasil belajar

Demikianlah artikel tentang pengertian, fungsi, dan prinsip penilaian hasil belajar, semoga bermanfaat untuk anda sebagai informasi yang bisa menunjang begaimana anda bersikap sebagai seorang pendidik untuk dapat memberikan penilaian hasil belajar yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah di tentukan.

Recent search terms:

  • fungsi hasil belajar
  • tujuan penilaian hasil
  • tujuan khusus hasil belajar
  • tujuan hasil belajar
  • tujuan dan fungsi hasil penilaian
  • tujuan dan fungsi hasil belajar
  • prinsip prinsip hasil belajar
  • prinsip hasil belajar
  • pengertian Valid prinsip hasil belajar
  • hasil belajar objektif
Pengertian Hasil Belajar : Tujuan dan Prinsip Penilaiannya
Tagged on: