Pengertian hukum bisnis : perkembangan dan ruang lingkupnya – Saat anda atau siapapun berniat untuk menjalankan sebuah bisnis tentu hal pertama yang harus dilakukan dan harus dipahami adalah memahami Hukum bisnis. Dimana hukum bisnis tersebut biasanya telah dimengerti dan dipahami oleh banyak orang terlebih bagi anda yang telah menempuh pendidikan di bidang ilmu bisnis. Namun pada kenyataannya banyak orang yang tidak bisa menerapkannya pada dunia nyata.

Hukum bisnis itu sendiri memang harus dimengerti dan juga dipahami dengan benar agar bisnis yang anda jalankan bisa lebih aman dari adanya berbagai permasalahan. Tentunya saat anda menjalani bisnis terdapat banyak sekali masalah yang akan dihadapi. Bukan saja masalah ijin dan juga pemasaran namun terdapat juga berbagai permasalahan lainnya yang mau tidak mau mengharuskan pelaku bisnis untuk berurusan dengan hukum.

Karena tidak jarang sekarang ini banyak sekali bisnis-bisnis yang tersandung permasalahan hukum yang mana permasalahan tersebut akan menghambat perkembangan bisnis yang mereka kelola. Banyaknya permasalahan tersebut muncul karena adanya ketidak patuhan pelaku bisnis terhadap adanya sebuah aturan yang sudah seharusnya mereka patuhi yakni Hukum bisnis. Secara awam bisa kita lihat bahwa hukum bisnis tersebut akan mengatur seluruh bisnis dalam ranah hukum yang akan menertibkan dan mewujudkan bisnis yang aman. Lalu seperti apa pengertian dari Hukum bisnis yang sesungguhnya?

Pengertian Hukum Bisnis

Bisnis merupakan sebuah usaha dagang atau bisa juga sebagai perusahaan yang bersifat komersial, profesi atau perdagangan yang mana tujuan dari bisnis itu sendiri adalah untuk bisa mendapatkan keuntungan. Bisnis tersebut diciptakan oleh mereka yang disebut sebagai interpreneur yang mana pada interpreneur tersebut menempatkan uangnya dalam rasio tertentu yang mana dalam hal ini kita sebut dengan modal untuk memproduksi dan untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka ciptakan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Pengertian yang sesungguhnya dari Hukum bisnis ini adalah sebuah perundang-undangan yang isinya mengatur tentang tata cara dan juga aturan yang harus ditaati. Hal ini bertujuan untuk menertibkan bisnis dan menjauhkan bisnis tersebut dari adanya berbagai masalah. Jikalau pada akhirnya terdapat sebuah permasalahan maka akan bisa diselesaikan dengan baik melalui hukum tanpa harus menyimpang dari hukum yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan pengertian dari hukum bisnis tersebut maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa tujuan dari Hukum bisnis tersebut adalah untuk membuat seluruh bisnis dapat terwujud dengan aman dan adil. Karena memang terkadang dalam bisnis akan ada dihadapkan dengan persaingan diantara pebisnis yang satu dengan yang lain oleh karena itu hukum bisnis tersebut akan mengatur sedemikian rupa sehingga bisnis yang aman dan adil bagi seluruh pelaku bisnis dapat terwujud.

Perkembangan Hukum Bisnis

Di Indonesia sendiri Hukum bisnis tersebut juga telah berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Terdapat berbagai sumber hukum bisnis yang sangat beragam. Sumber-sumber hukum bisnis tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok antara lain yaitu hukum tertulis, kebiasaan, yurisprudensi, perjanjian internasional dan juga perjanjian yang dibuat oleh pihak-pihak tertentu. Hukum tertulis merupakan hukum yang telah tertumpah dalam KUH Dagang dan juga KUH Perdata.

Sementara untuk kebiasaan adalah hal yang dilakukan terus menerus dan tidak terputus sehingga sudah diterima oleh masyarakat umum. Untuk yurisprudensi sendiri yaitu putusan-putusan hakim/pengadilan yang telah dibenarkan oleh MA. Dari berbagai sumber tersebut dapat kita lihat bahwa perkembangan hukum bisnis di Indonesia juga telah berkembang sesuai dengan jaman dan telah disesuaikan dengan bisnis yang berkembang di Indonesia. Oleh karena itulah tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mematuhi peraturan atau hukum bisnis tersebut.

Ruang Lingkup Hukum Bisnis

Setelah kita membahas tentang pengertian, tujuan dan juga perkembangan hukum bisnis di Indonesia selanjutnya kita akan membahas tentang ruang lingkup hukum bisnis itu sendiri. Ruang lingkup hukum bisnis tersebut sangatlah luas. Terdapat banyak sekali ruang lingkup yang melingkupi hukum bisnis di Indonesia. Seperti contohnya adalah kontrak bisnis, jual beli, penanaman modal asing, kepailitan dan likuidasi.

Pengertian Hukum Bisnis

Dan tidak hanya itu saja, namun ruang lingkup dari Hukum bisnis itu sendiri juga bisa lebih luas yakni bisa juga meliputi merger, akuisisi, konsolidasi & pemisahan perusahaan, perkreditan & pembiayaan, jaminan hutang, surat berharga, perburuhan , anti monopoli, perlindungan konsumen, hak kekayaan intelektual, keagenan & distribusi, perpajakan, asuransi, penyelesaian sengketa bisnis, bisnis internasional dan juga hukul pengangkutan.

Recent search terms:

  • pengertian dan perkembangan hukum bisnis
  • perkembangan hukum bisnis
  • hukum bisnis
  • tentang pengertian dan perkembangan hukum bisnis
  • perkembangan hukum bisnis saat ini
  • artikel hukum bisnis
  • perkembangan hukum bisnis di indonesia
  • hukumbisnis
  • contoh hukum bisnis
  • pengertian dan pengembangan hukum bisnis
Pengertian Hukum Bisnis : Perkembangan dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: