Pengertian hukum internasional : batasan dan contohnya – Dalam hidup ini kita tentu dihadapkan pada berbagai macam permasalahan yang melibatkan berbagai pihak dan bahkan melibatkan pihak internasional. Oleh karena itu untuk mengentaskan permasalahan yang terjadi di ranah internasional tersebut tentu diperlukan adanya sebuah hukum yang mengatur berbagai macam permasalahan tersebut. Inilah yang mendasari dibuatnya Hukum Internasional.

Hukum internasional sendiri merupakan hukum bangsa-bangsa, hukum antar bangsa dan juga hukum antar negara. Di jaman dahulu kala, hukum internasional gunanya adalah untuk menunjukkan kebiasaan dan juga aturan hukum yang berlaku dalam hubungan antara raja-raja yang mana hukum tersebut juga menunjukkan pada kompleks kaedah dan juga asas yang mengatur hubungan antara anggota masyarakat bangsa ataupun negara. Lalu apa sebenarnya pengertian Hukum Internasional tersebut?

Pengertian Hukum Internasional

Bagi anda yang belum begitu paham mengenai pengertian Hukum Internasional ini secara gamblang artinya adalah hukum yang berlaku untuk dua negara atau lebih yang mana hukum tersebut mengatur tentang aktifitas yang terjadi dalam skala internasional. Hukum internasional tersebut terbagi menjadi dua. Yang pertama yaitu hukum publik internasional dan yang kedua adalah hukum perdata internasional.

Hukum publik internasional adalah hukum internasional yang mengatur antara negara yang satu dengan yang lain yang disebut juga dengan hukum antarnegara. Sementara untuk hukum perdata internasional yaitu hukum internasional yang mengatur antara warga negara pada suatu negara dengan warna negara dari negara lain. Hukum ini disebut juga dengan hukum antar bangsa.

Dan yang menjadi subjek dari Hukum Internasional ini terdiri dari seluruh lapisan masyarakat yang menjadi penduduk suatu negara. Secara khusus terdiri dari individu, negara itu sendiri, tahta suci/Vatikan, Palang Merah Internasional dan juga organisasi internasional. Dalam hukum internasional ini juga terdapat asas-asas yang mendasarinya.

Terdapat asas teritorial yang berlaku untuk setiap orang dan juga barang yang terdapat di wilayahnya. Yang kedua yaitu asas kebangsaan yang meliputi setiap warga negara dimanapun ia berada akan tetap memperoleh perlakuan hukum dari negara tersebut. Sedangkan yang ketiga yaitu asas kepentingan umum yang memungkinkan sebuah negara untuk menyesuaikan diri dengan seluruh peristiwa, kondisi atau keadaan yang memiliki sangkut paut dengan kepentingan umum.

Untuk sumber dari Hukum Internasional ini berasal dari dua hal yakni dari sumber hukum formal dan juga sumber hukum materil. Sumber hukum formal merupakan ketetapan-ketetapan hukum internasional. Sementara sumber yang lainnya yaitu dari sumber hukum materil yang merupakan sumber yang membahas tentang dasar berlakunya hukum suatu negara.

Batasan Hukum Internasional

Untuk batasan Hukum Internasional itu sendiri menurut Mochtar Kusumaatmadja yaitu meliputi ruang lingkup hubungan atau persoalan hukum yang terjadi antar negara dan negara. Juga meliputi hubungan atau persoalan hukum antara subjek hukum bukan negara dengan subjek hukum bukan negara yang satu dengan yang lainnya. Hukum ini mencakup hukum internasional publik dan juga hukum internasional privat.

Contoh Hukum Internasional

Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan dengan contoh. Contoh Hukum Internasional yang pertama yaitu hukum internasional di bidang HAM atau Hak Asasi Manusia yang merupakan deklarasi universal hak asasi manusia. Deklarasi universal HAM ini diselenggarakan pada 10 Desember 948 di kota San Fansisco, Amerika Serikat.

Pengertian Hukum Internasional

Contoh yang kedua yaitu Hukum Internasional yang berkaitan dengan perang. Salah satu contohnya adalah The Fourth Geneva Convention Relative to the Protection of Civilian Person in Time of War 12 August 1949. Hukum tersebut juga berlaku untuk Indonesia karena Indonesia juga telah menjadi anggota Geneva Convention 1949.

Recent search terms:

  • contoh hukum internasional
  • hukum internasional dan contohnya
  • beberapa hak hukum internasional
  • contoh hukum internasional beserta pengertian dari contoh hukum internasional
  • contoh hukum internasional khusus
  • contoh hukum internasional dan jelaskan
  • Contoh hukum int
  • contoh contoh hukum internasional
  • Cintih hukum internasional
  • yang termasuk contoh hukum internasional?
Pengertian Hukum Internasional : Batasan dan Contohnya
Tagged on: