Pengertian hukum perdata : ruang lingkup dan contohnya – Suatu negara tentunya membutuhkan kan sebuah peraturan. Yang mana dengan adanya peraturan, dapat mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan oleh manusia dengan tujuan dapat menciptakan kedamaian dan menghindarkan perselisihan dengan adanya hukum yang berlaku. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis hukum. Yang salah satunya adalah hukum perdata yang juga merupakan hukum tertulis.

Pengertian Hukum Perdata

Selain istilah hukum perdata, jenis hukum ini juga dikenal dengan istilah hukum privat materiil atau hukum sipil. Definisi Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara orang perorangan di dalam masyarakat. Dengan kata lain, hukum pidana mengatur hubungan antara masyarakat dengan negara atau yang berkaitan dengan hukum publik, justru pengertian hukum perdata adalah sebaliknya yakni mengatur hubungan antara subyek hukum dalam masyarakat dan yang berkaitan dengan hukum privat. Hukum privat adalah hukum yang mengatur kepentingan perseorangan dalam masyarakat..

Di sisi lain juga terdapat beberapa pendapat para ahli hukum yang mendefinisikan mengenai hukum perdata. Salah satunya adalah Prof. Soediman Kartohadiprojo, S.H yang menyatakan bahwa hukum perdata tersebut dibuat untuk mengatur kepentingan perseorangan yang satu dengan perorangan lainnya. sedangkan definisi hukum perdata dari Prof R. Soebekti adalah semua hak yang meliputi hukum privat materiil yang mengatur kepentingan perorangan, berbeda dengan pendapat Prof Dr, Wirjono Prodjodikoro S. H yang menyatakan bahwa hukum perdata merupakan suatu rangkaian hukum yang terjadi antara orang-orang atau badan hukum satu sama lain yang mengaturtentang hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

Klasifikasi Hukum perdata dapat dibagi menjadi hukum perdata materil dan hukum perdata formil. Hukum perdata materil berkaitan dengan muatan atau materi yang diatur dalam hukum perdata itu sendiri, sedangkan hukum perdata formil adalah hukum yang berkaitan dengan proses perdata atau segala ketentuan yang mengatur mengenai bagaimana pelaksanaan penegakan hukum perdata itu sendiri, seperti melakukan gugatan di pengadilan. Hukum perdata formil juga dikenal dengan sebutan hukum acara perdata

Ruang Lingkup Hukum Perdata

Berdasarkan klasifikasi ruang lingkup hukum perdata terdapat dua jenis diantaranya adalah Hukum Perdata Dalam Arti Luas. Pada dasarnya meliputi semua hukum privat meteril, yaitu segala hukum pokok (hukum materiil) yang mengatur kepentingan-kepentingan perseorangan, termasuk hukum yang tertera dalam KUHPerdata (BW), KUHD, serta yang diatur dalam sejumlah peraturan (undang-undang) lainnya.

Klasifikasi ruang lingkup hukum perdata selamjutnnya ditinjau dari hukum perdata dalam arti sempit. Dimana diartikan sebagai kebalikan dari hukum dagang yang tercantum dalam KUHP perdata. Dengan demikian jenis hukum ini merupakan jenis hukum yang tertulis.

Contoh Hukum Perdata

Hukum perdata dalam diberlakukan pada suatu masalah yang terjadi antara individu dengan individu lainnya. salah satu contohnya adalah ketika pembelian tanah. Terkadang terdapat sengketa tanah. Salah satu misalnya yang berkaitan dengan pelunasan pembelian tanah yang tidak kunjung dibayar, atau pihak yang membeli enggan memberi biaya ganti rugi pembuatan sertifikat tanah.

Contoh lainnya dari hukum perdata adalah ketika seseorang yang telah berkeluarga, tiba-tiba dihadangkan permasalahan adanya seorang anak yang merupakan anak diluar nikah dengan wanita lain. Nah tentunya anak tersebut secara logika memang berhak atas warisan dari orang tuanya. Namun ketika anak tersebut lahir diluar pernikahan yang sah. Maka dirinya dipastikan akan sulit mendapatkan warisan dari orang tuanya. Nah permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan hukum perdata.

Selain permasalahan yang dialami perorangan dengan perorangan, hukum perdata juga mengurus masalah yang terjadi antara sebuah organisasi atau kelompok dengan perorangan. Sebagai contoh pencemaran nama baik terhadap suatu kelompok yang dilakukan oleh seorang individu. Tentunya hal tersebut akan berlaku hukum perdata.

Pengertian Hukum Perdata

Nah itulah pengertian, ruang lingkup dan contoh dari diberlakukannya hukum perdata di Indonesia. semoga ulasan diatas dapat bermanfaat.

Recent search terms:

  • ruang lingkup hukum perdata
  • contoh hukum perdata
  • pengertian dan ruang lingkup hukum perdata
  • fungsi tujuan dan ruang lingkup hukum perdata
  • hukum acara perdata termasuk yang menyangkut kepentingan perorangan yaitu hukum
  • apa ruang lingkup hukum perdata
  • pengertian dan contoh hukum perdata
  • contoh ruang lingkup hukum perdata
  • ruang lingkup hukum perdata materiil
  • contoh hukum perdata materiil
Pengertian Hukum Perdata : Ruang Lingkup dan Contohnya
Tagged on: