Pengertian ilmu gizi : ruang lingkup dan sejarahnya – Kesehatan manusia tentunya berkaitan dengan asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. dimana makanan yang dikonsumsinya hendaknya merupakan sumber dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses metabolism tubuh. berbagai makanan tersebut tentunya dipelajari dalam Ilmu gizi. Nah untuk penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut. silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Ilmu Gizi

Definisi dari ilmu gizi ini memang terdapat berbagai pendapat. Dimana secara garis besar ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makanan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh secara optimal. Di sisi lan terdapat pendapat mengenai makna ilmu gizi, yang mana merupakan ilmu makanan, zat-zat gizi dan substansi yang terkandung didalamnya, juga mengenai peranan dan keseimbangannya untuk kesehatan tubuh.

Di sisi lain juga terdapat beberapa pengertian Ilmu gizi dari para ahli gizi yang menyatakan apa itu Ilmu gizi. Salah satunya adalah Gutrie yang menyatakan bahwa ilmu gizi adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai makanan, zat gizi, proses pencernaan, metabolism dan penyerapan dalam tubuh, juga disertai mengenai dampak dari kekurangan atau kelebihan gizi bagi tubuh. di sisi lain Sediaoetama juga mendefinisikan mengenai ilmu gizi, yang mana merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hal yang berkaitan dengan makanan dan juga kesehatan tubuh

Sedangkan secara etimologis, bahwa kata gizi tersebut berasal dari bahasa arab. Ghidz yang merupakan kata dalam bahasa arab yang artinya adalah makanan. Dengan beberapa penjelasan dan definisi ilmu gizi diatas, dapat disimpulkan bahwa ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari proses tubuh dalam memanfaatkan makanan yang dimulai dari mengunyah, menelan, mencerna, menyerap, mendistribusikan, menggunakan dan membuang zat yang tidak digunakan.

Ruang Lingkup Ilmu Gizi

Setelah memahami akan makna ilmu gizi diatas, pembahasan selanjutnya beralih pada ruang lingkup ilmu gizi.dimana cakupannya cukup luas. Ruang lingkup ilmu gizi tersebut terbagi terdiri dari beberapa tahap. Pertama, input, yang merupakan proses makanan dimakan atau dikonsumsi. Kedua, proses yang merupakan proses makanan dicerna, diserap dan digunakan dalam proses metabolism tubuh. Ketiga adalah output, yang mana berperan dalam pertumbuhan sel, pemeliharaan sel, memperlancar fungsi anatomis dan tubuh, serta berperan dalam menghasilkan energi. Dan yang terakhir adalah outcome yang berbuah pada pertumbuhan fisik, mental, kecerdasan dan juga produktivitas.

Mempelajari ilmu gizi tentunya juga perlu mengetahui akan ilmu-ilmu lain yang berkaitan diantaranya adalah ilmu agronomi, ilmu angan, mikrobiologi, biokimia, faal, biologi molecular dan juga kedokteran. Di masyarakat sendiri, diharapkan mereka mengetahui akan beberapa hal penting yang berkaitan dengan gizi seperti gizi individu, keluarga, masyarakat, gizi instutusi dan juga gizi olahraga.

Sejarah Ilmu Gizi

Pada awalnya ilmu gizi ini diperkenalkannya oleh bapak Gizi dunia yaitu seorang ahli kimia berkewarganegaraan perancis, yaitu Antonie Lavoisier. Sedangkan di dalam negeri juga terdapat ahli ilmu gizi yang berperan dalam memperkenalkan akan pentingnya ilmu gizi tersebut. prof. DR. Poerwo Sudarmo merupakan bapak Gizi Indonesia yang memperkenalkan pentingnya akan asupan makanan yang merupakan 4 sehat 5 sempurna.

Perkembangan ilmu gizi tentunya tidak hanya berhenti sampai disitu, pasalnya terdapat beberapa penemuan yang sangat penting dalam dunia gizi. Salah satunya adalah penemuan mineral yang terkandung dalam tulang dan gigi, selanjutnya juga ditemukan kalsium pada tahun 1808. Pada tahun-tahun berikutnya juga mulai ditemukan nutrisi penting lainnya didalam tubuh seperti zat besi, cairan elektrolit. Begitu juga dengan penemuan vitamin, yang mana sebelumnya telah dilakukan berbagai penelitian sejak tahun 1887. Dan pada akhirnya 1912 vitamin dinyatakan sebagai zat yang tidak tergolong zat gizi utama dalam pencegahan penyakit.

Pada tahun-tahun selanjutnya yaitu pada tahun 1955, penelitian tingkat molecular dan selular mulai diadakan. Dengan hasil yang diperoleh merupakan pengertian tentang struktur sel yang rumit dan kompleks. Sedangkan 5 tahun selanjutnya penelitian yang dilakukan mulai difokuskan terhadap hubungan zat gizi, peranan biologic dan penetapan kebutuhan zat gizi pada manusia serta pengolahan makanan terhadap kandungan gizi manusia.

pengertian ilmu gizi

Demikianlah penjelasan mengenai ilmu gizi yang telah dirinci mulai dari pengertian, ruang lingkup beserta sejarah singkat perkembangan ilmu gizi baik di dunia maupun didalam negeri. Besar harapan penjelasan diatas dapat bermanfaat.

Recent search terms:

  • pengertian ilmu gizi
  • ruang lingkup ilmu gizi
  • ruang lingkup gizi
  • materi ilmu gizi
  • sejarah ilmu gizi
  • artikel ilmu gizi
  • definisi ilmu gizi
  • ilmu gizi adalah
  • apa itu ilmu gizi
  • ruang lingkup gizi kuliner
Pengertian Ilmu Gizi : Ruang Lingkup dan Sejarahnya
Tagged on: