Pengertian ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan atau yang lebih dikenal sebagai ilmu sains memang memiliki beberapa cabang keilmuan. Dimana pada dasarnya sains ini merupakan ilmu yang didasarkan pada penelitian dan pengamatan terhadap gejala alam yang terjadi. Sedangkan ilmu pengetahuan ini juga memiliki beberapa ilmu dasar, diantaranya adalah fisika, biologi dan juga Ilmu Kimia.

Pengertian Ilmu Kimia

Definisi dari ilmu kimia adalah sebuah ilmu pengetahuan alam atau sains yang mana fokus mempelajari terhadap penyusunan suatu materi, perubahan yang terjadi menjadi zat lain serta energy yang berpengaruh pada proses perubahan tersebut.

Sedangkan berdasarkan (keenan, 1984) Ilmu Kimia adalah suatu cabang ilmu yang di dalamnya mempelajari bangun materi dan perubahan-perubahan yang dialami materi ini dalam proses-proses alamiah maupun dalam eksperimen yang direncanakan.

Pengertian Ilmu kimia secara bahasa diambil dari bahasa arab yang berasal dari kata “alkemi”. Kata tersebut berarti sebuah seni yang menyepuh logam dan mineral. Dengan demikian ilmu kimia secara tidak langsung dapat diambil kesimpulan telah berkembang di wilayah arab kuno dimana sebelum peradaban Eropa menjadi sumber pengetahuan. Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari, manusia sangat dekat dengan Ilmu Kimia, yang mana sangat mudah ditemui pada benda-benda disekitar manusia atau benda yang kesehariannya digunakan. nah untuk memahami lebih lanjut mengenai ilmu kimia, silahkan pahami lebih lanjut mengenai karakteristiknya.

Karakteristik Ilmu Kimia

Sebagai bagian dari sains, karakteristik Ilmu kimia tentunya juga perlu menjadi hal penting untuk diketahui. Dimana karakteristiknya terletak pada ilmu kimia yang memiliki sifat abstrak. Dimana materi yang dipelajari dalam ilmu kimia ini memang tidak tampak, katakan saja atom, molekul atau ion yang mana tidak dapat dilihat dan dicermati secara langsung. Selain itu sifat ilmu kimia ini juga dapat dikatakan secara berurutan dan berkembang dengan cepat.

Ilmu Kimia juga memiliki karakteristik lainnya yang mana ilmu kimia merupakan sebuah penyederhanaan dari yang sebenarnya. Pasalnya objek dalam ilmu kimia merupakan campuran zat kimia yang tidak hanya sederhana namun sangat kompleks. Dengan demikian ilmu kimia ini juga membutuhkan pemikiran atau pendekatan. Dimana tujuan utamanya adalah untuk tidak terjadi missconception.

Selain karakteristik ilmu kimia diatas, masih terdapat ciri khas ilmu kimia lainnya. dimana ilmu kimia tidak hanya bagaimana cara memecahkan soal yang terdiri dari angka numerik saja. namun ilmu kimia juga membutuhkan penjelasan yang berupa fakta kimia, istilah kimia dan juga aturan-aturan dalam kimia.

Ruang Lingkup Ilmu Kimia

Ilmu Kimia ini memiliki beberapa ruang lingkup yang terdiri dari beberapa cabang ilmu kimia. Salah satunya adalah biokimia. Biokimia ini merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari zat kimia yang sekaligus reaksi kimia yang menyertai proses secara biologis. Hal ini terjadi pada proses metabolism dalam tubuh.

Di sisi lain juga terdapat cabang ilmu kimia lainnya yaitu kimia fisika, merupakan sebuah ilmu dari cabang ilmu kimia yang fokus mempelajari struktur, sifat dan perubahan kimia suatu zat yang juga fokus terhadap perubahan energy yang menyertai perubahan kimia.

Ruang lingkup ilmu kimia tidak hanya itu, yang mana masih terdapat kimia anorganik dan juga organic. dimana kimia anorganik ini merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari unsur pembentuk senyawa dan penggunaan dan pembuatannya. Sedangkan kimia organic merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur pembentuk senyawa karbon, yang termasuk reaksi, mekanisme dan ikatan reaksinya.

Pengertian Ilmu Kimia
Pengertian Ilmu Kimia

Itulah penjelasan mengenai Ilmu Kimia beserta penjabaran-penjabaran yang terkait. Tentunya penjelasan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai penambah pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan.

Recent search terms:

  • Pengertian ilmu kimia
  • ilmu kimia
  • google
  • pengertian dari ilmu kimia
  • definisi ilmu kimia
  • pengertian ilmu kimia dan contoh
  • yang dipelajari dalam ilmu kimia
  • Ilmu kimia adalah
  • apa saja yang dipelajari dalam ilmu kimia
  • pengertian ilmu kimia beserta contoh
Pengertian Ilmu Kimia
Tagged on: