Pengertian ilmu pengetahuan menjadi sebuah hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Kegunaan ilmu pengetahuan sangat besar dalam kehidupan manusia. Kepemilikan ilmu pengetahuan dapat membedakan seseorang dengan makhluk lain, sebab untuk mendapatkan ilmu pengetahuan diperlukan kemampuan berpikir yang hanya dapat dilakukan oleh makhluk berakal seperti manusia.

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ilmu pengetahuan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian ilmu pengetahuan. Dari segi bahasa ilmu pengetahuan diambil dari bahasa Latin Scientia yang berarti mengetahui atau mempelajari. Sementara dalam bahasa inggris, ilmu pengetahuan lebih dikenal dengan istilah science yang artinya sama dengan kata berbahasa Latin tadi.

Jika dilihat secara istilah, definisi dari ilmu pengetahuan dapat dipahami dari beberapa pendapat ahli. Pertama, ilmu pengetahuan diartikan sebagai kesatuan pengetahuan yang tersusun sistematis yang mampu menjelaskan berbagai gejala yang timbul.Selanjutnya, ada yang memberi pengertian pada ilmu pengetahuan sebagai sebuah sarana untuk mengetahui tentang alam semesta yang dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa manusia.

Ilmu pengetahuan memiliki beberapa ciri pokok yang menyertainya. Pertama, ilmu pengetahuan memiliki ciri empiris atau dapat dibuktikan melalui pengamatan atau percobaan. Ciri yang kedua adalah objektif. Ilmu pengetahuan haruslah bebas dari kecenderungan pada seseorang. Ilmu pengetahuan juga memiliki ciri sistematis atau memuat informasi yang tersusun rapi dan memiliki saling keterikatan antar informasi. Ilmu pengetahuan juga memiliki ciri lainnya seperti analitis. Ciri ini berusaha membedakan setiap persoalan yang menjadi kajian ilmu pengetahuan agar dapat dipahami lebih lanjut mengenai sifat, hubungan dan peranannya. Ada juga ciri verifikatif pada ilmu pengetahuan yang mana berarti kebenarannya dapat dibuktikan oleh siapa saja.

Manfaat Ilmu Pengetahuan

Keberadaan ilmu pengetahuan memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan manusia dapat bertindak lebih bijak. Hal ini dikarenakan manusia akan mengetahui hakekat suatu benda atau alam semesta sehingga dapat diperlakukan dengan baik dan benar. Selain itu manfaat dari ilmu pengetahuan ini juga penting untuk memelihara kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup.

Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan

Ruang lingkup ilmu pengetahuan merupakan batasan yang dibahas dalam ilmu pengetahuan. Secara umum, ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga cabang keilmuan, yakni ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan bumi beserta antariksa.

Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang mempelajari tentang benda-benda alam. Cabang keilmuan ini seringkali dikenal dengan ilmu pasti sebab jawaban yang didapatkan dari rumus-rumus ilmu pengetahuan alam bersifat pasti.  Ilmu yang masuk dalam kategori keilmuan ini antara lain ilmu fisika, ilmu kimia, dan ilmu biologi.

Ilmu pengetahuan sosial mencakup berbagai cabang keilmuan yang di dalamnya membahas tentang kehidupan sosial manusia satu dengan manusia lainnya. Ilmu sosial ini lawan dari ilmu alam, sebab pertanyaan yang muncul pada keilmuan ini cenderung memiliki jawaban yang beragam dan variatif. Dalam ilmu pengetahuan sosial ini dibagi menjadi beberapa kajian ilmu seperti ilmu ekonomi, ilmu sejarah, ilmu antropologi, ilmu politik, dan masih banyak lagi.

Selain itu pada perkembangannya muncul ilmu bumi dan antariksa yang mempelajari tentang bumi dan benda-benda luar angkasa. Pembahasan ilmu pengetahuan yang satu ini mengamati dan memperhatikan cara kerja benda-benda langit serta seluk-beluk tentang bumi. Ada beberapa ilmu yang tercakup dalam keilmuan yang satu ini seperti astronomi, geografi, geologi, dan lainnya.

pengertian ilmu pengetahuan

Demikian ulasan singkat mengenai ilmu pengetahuan yang dapat anda pahami dengan mudah. Dasar Ilmu pengetahuan ini paling tidak dapat memberi gambaran kepada anda yang nantinya hendak memperdalam salah satu cabang keilmuan di atas.

Recent search terms:

  • ruang lingkup ilmu pengetahuan
  • pengertian ilmu pengetahuan secara umum
  • ruang lingkup ipa dan manfaatnya
  • manfa at dan ciri pengetahuan
  • www ruaang lingkupilmu pengetahuan
  • Pengertian antariksa beserta manfaatnya
  • pengertian dan ruang lingkup ilmu pengetahuan dan pengembangannya
  • pengertian ilmu dan ruang lingkup
  • pengertian ilmu pengetahuan dan manfaatnya
  • pengertian ilmu pengetahuan dasan dan manfaatnya
Pengertian Ilmu Pengetahuan : Manfaat dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: