Pengertian jaringan komputer : manfaat dan sejarahnya – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jaringan komputer bukan? Jaringan komputer merupakan hal yang sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari karena bagi masyarakat modern tentu telah menggunakan dan merasakan manfaat dari adanya jaringan komputer tersebut. Lalu apa sebenarnya pengertian, manfaat dan sejarah dari jaringan komputer tersebut? Simak artikel berikut.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer itu sendiri yaitu adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang mana kedua komputer atau lebih tersebut saling terhubung antara satu sama lain melalui sebuah media transmisi atau media komunikasi sehingga antara komputer-komputer tersebut bisa saling berbagi data, aplikasi dan bahkan berbagai perangkat keras komputer.

Jadi istilah Jaringan komputer tersebut juga berarti sekumpulan terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang telah dihubungkan melalui suatu media tertentu. Tujuan dari dibangunnya jaringan komputer ini adalah untuk menyampaikan data yang dikirim oleh sebuah perangkat yang disebut sebagai pihak pengirim atau transmitter kepada peneroma atau receiver dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer ini sangat dibutuhkan dalam suatu hubungan perangkat karena jaringan komputer ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi antara perangkat yang satu dengan yang lain dengan sangat mudah. Jaringan ini juga dibutuhkan untuk dapat mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga akan didapatkan sebuah data yang relevan.

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara tentang manfaat Jaringan komputer ini tentu sangat banyak dan sangat universal. Namun secara khusus inilah beberapa manfaat dari Jaringan komputer. Manfaat yang pertama yaitu kita akan bisa mengakses file yang kita miliki dan bahkan file milik orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan, misalnya jaringan LAN atau jaringan internet.

Manfaat yang kedua yaitu dengan adanya jaringan komputer kita akan dimudahkan dalam mengirim sebuah data dengan aman, cepat dan efisien. Untuk manfaat Jaringan komputer yang selanjutnya yaitu kita sangat dimudahkan untuk bisa berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain sesuai dengan jaringan yang menaungi. Misalnya untuk LAN kita bisa berhubungan dengan sesama pengguna LAN dan untuk jaringan internet kita akan dihubungkan dengan semua orang di seluruh dunia.

Manfaat lainnya dari Jaringan komputer ini yaitu sangat memudahkan dan membuat pekerjaan kantor menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya dalam suatu kantor hanya terdapat 1 printer maka hal tersebut tidak masalah selama ada jaringan yang menaungi maka tidak perlu menyediakan printer sejumlah komputer yang ada karena dengan adanya jaringan maka komputer-komputer tersebut akan bisa saling berkirim dan berbagi data.

Sejarah Jaringan Komputer

Tidak lengkap rasanya memperbincangkan tentang Jaringan komputer tanpa membicarakan tentang sejarah jaringan komputer itu sendiri. Ide awal dari munculnya jaringan komputer tersebut muncul pada tahun 1940an dimana sebuah riset yang dilakukan di universitas Harvard tengah meneliti tentang pengembangan dari komputer model 1. Pada saat itulah muncul adanya gagasan program yang bernama Batch Progressing (proses beruntun).

Kemudian selanjutnya di tahun 1950an kembali dikembangkan menjadi TSS atau Time Sharing System. Sistem inilah yang menjadi cikal bakal adanya jaringan. Kemudian selanjutnya di tahun 1970an TSS tersebut kembali berkembang menjadi Distribution Prosessing yang memungkinkan lebih dari 2 host untuk melayani banyak terminal sekaligus.

Pengertian Jaringan Komputer

Dan selanjutnya di tahun 1980an mulai terdapat standarisasi jaringan dengan TCP/IP yang mana di dalamnya termasuk pengenalan DNS, LAN dan juga Internet Relay Chat. Kemudian di tahun 1990 akhirnya lahirlah World Wide Web yang lebih kita kenal dengan WWW. Dimana WWW ini berkembang dengan sangat pesat dan hingga kini semakin dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat memanjakan kita dengan adanya Jaringan komputer tersebut.

Recent search terms:

  • Yang didapatkan dari materi jaringan komputer
Pengertian Jaringan Komputer : Manfaat dan Sejarahnya
Tagged on: