Pengertian jejaring sosial : peran serta fungsinya – Apakah anda pernah mendengar istilah jejaring sosial? Hal ini tentunya bukanlah suatu hal yang asing lagi di telinga kita karena di era globalisasi ini, jejaring sosial media tidak akan pernah terpisahkan dari kehidupan kita. Dengan berkembangnya teknologi canggih seperti adanya smartphone and android, hal ini akan ,menjadikan jejaring sosial menjadi semakin popular di kalangan masyarakat betapa tidak, karena jejaring sosial dapat menjadi sebuah sarana bagi individu untuk berinteraksi satu sama lain melalui dunia maya.

Apakah anda ingin mengetahui lebih dalam tentang jejaring sosial? Di dalam artikel ini akan di jelaskan kepada anda secara tuntas tentang fungsi, peran dan pengertian jejaring sosial. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Jejaring Sosial

Apa itu jejaring sosial? Jejaring sosial yang di sebut juga dengan sosial network merupakan sebuah bentuk dari struktur sosial yang terdiri dari berbagai simpul-simpul yang tentunya saling berhubungan, saling terkait dan juga terikat antara satu atau lebih dengan lainnya untuk melakukan sebuah tipe hubungan yang lebih spesifik. Adapun mengenai simpul-simpul yang dimaksudkan dalam hal ini adalah sebuah simpul yang dapat berupa simpul individu maupun organisasi.

Adapun untuk istilah jejaring sosial untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang professor bernama Professor J.A Barnesyaitu tepatnya pada tahun 1954. Jadi bisa di katakan bahwa jejaring sosial merupakan sebuah sistem dari struktur sosial yang meliputi elemen-elemen dari individu ataupun organisasi.

Dengan adanya jejaring sosial ini, tentunya akan membuat individu atau kelompok tersebut memiliki kesamaan secara sosialitas, dimulai dari mereka yang sudah saling mengenal satu sama lain sehari-hari sampai dengan hubungan keluarga yang saling berhubungan. Adapun untuk peran jejaring sosial akan di jelaskan di bawah ini.

Peran Jejaring sosial

Jejaring sosial juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu individu atau kelompok yakni sebagai sarana untuk berinteraksi. Ada dua macam jejaring sosial yang paling popular di kalangan masyarakat di era modern ini yang di antaranya adalah facebook and twitter. Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat sekarang ini.

Untuk pertama kalinya Jejaring sosial Facebook ini didirikan oleh seseorang yang bernama Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin yang merupakan mahasiswa dari Universitas Harvard. Facebook ini memainkan peranan yang sangat penting karena banyak sekali keunggulan dari facebook dan bisa di katakan jarang sekali untuk dimiliki oleh berbagai situs jejaring sosial lainnya yaitu berbagai macam aplikasi yang di tawarkan dapat memudahkan para pengguna untuk berinteraksi satu sama lainnya.

Jejaring sosial yang popular memainkan peranan di kalangan masyarakat dunia adalah twitter. Twitter merupakan sebuah jenis dari situs jejaring sosial yang dapat memungkinkan bagi para penggunanya mendapatkan teman dan relasi lainnya hanya dengan cara mendaftarkan pada situs tersebut.

Twitter ini untuk pertama kalinya didirikan oleh seseorang yang bernama Jack Dorsey pada pada Maret tahun 2006 yang sangat popular dengan micro blogging. Kedua jenis jejaring sosial tersebut memiliki peranan yang besar karena dapat menjadi sebuah media informasi dan komunikasi antar berbagai individu dan kelompok.

pengertian jejaring sosial

Fungsi Jejaring Sosial

Ada banyak sekali fungsi jejaring sosial yang di antaranya adalah sebagai media untuk dapat berkirim pesan, untuk berbagi informasi, mengirim video maupun gambar, sebagai sarana untuk berdiskusi antara kelompok dan juga sebagai sarana dan media untuk melakukan interaksi Tanya jawab. Betapa pentingnya jejaring sosial ini untuk masa sekarang maupun yang akan datang.

Recent search terms:

  • fungsi jejaring sosial
  • pengertian jejaring sosial
  • fungsi dan kegunaan jejaring sosial
  • fungsi dari media sosial
  • fungsi jejaring sosial adalah
  • jlsakn yg dimksd medsos
  • pengertian jejaring sosial dan fungsinya
  • peran jejaring sosial
  • peranan jaringan sosial dalam beimigrasi
Pengertian Jejaring Sosial : Peran Serta Fungsinya
Tagged on: