Pengertian kerja sama : manfaat dan contohnya – Mendengar istilah kerja sama, mungkin kita semua telah sering mendengar kata ini yang sudah tidak asing di telinga kita semua. Hal ini bisa kita lihat banyak sekali berbagai jenis kerja sama khususnya di dunia kerja seperti halnya kerja sama ekonomi sampai kerja sama internasional. Di dalam artikel ini akan di jelaskan kepada anda tentang pengertian, contoh,dan juga manfaat kerja sama sebagai berikut.

Pengertian Kerja Sama

Kerja sama merupakan sebuah bentuk dari interaksi social yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi bisa di katakan jika kerja sama di lakukan oleh kelompok atau perorangan untuk mencapai satu tujuan bersama. Kerja sama ini terjadi antara orientasi antar kelompok maupun grup.

Menurut Charles H. Cooley mengatakan bahwa kerja sama akan timbul jika seseorang atau kelompok yang sadar jika mereka memiliki kepentingan yang sama dan pada saat yang sama pula. Bagi mereka yang bekerja sama akan memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk memenuhi segala kepentingannya. Ada beberapa bentuk kerja sama yang terutama adalah bargaining atau tawar menawar. Bargaining merupakan pelaksanaan perjanjian mengenai proses pertukaran barang dan jasa antara organisasi yang berbeda.

Bentuk kerja sama yang kedua adalah coalition atau koalisi yang merupakan kombinasi antara dua organisasi yang memiliki tujuan yang sama. Pada kerja sama ini biasanya akan memakan waktu karena kedua organisasi tersebut memiliki struktur namun karena memiliki tujuan yang sama sehingga kerja sama di laksanakan. Yang ketiga adalah join venture yaitu kerja sama dalam sebuah proyek tertentu seperti industri mobil dan lainnya.

Manfaat Kerja Sama

Kerja sama memiliki banyak manfaat yang bisa di dapatkan oleh kedua belah pihak yang melakukan kerja sama. Adapun manfaat kerja sama menurut Koesnadi (2003) yaitu dapat mendorong adanya persaingan yang bisa mencapai tujuannya yaitu meningkatkan produktifitas. Selain itu, dengan bekerja sama dapat meningkatkan semangat kerja individu sehingga tenaga kerja akan lebih efektif, produktif dan efesien.

Kerja sama juga dapat mendorong terciptanya sebuah sinergi sehingga biaya operasional yang di butuhkan akan lebih rendah dan persaingan akan semakin meningkat. Kerja sama juga dapat memberikan dorongan hubungan antara dua pihak menjadi lebih erat dan harmonis dan penuh kesetiakawanan.

Semangat kerja yang tinggi juga bisa muncul karena adanya kerja sama. Bagi lingkungan kerja sama akan memberikan dampak yang positif dimana semua orang akan secara otomatis ikut menjaga dan juga melestarikan situasi dan kondisi sehingga akan lebih baik.

Dapat di simpulkan bahwa kerja sama merupakan sebuah kesepakatan antara dua orang atau lebih dimana mereka akan saling menguntungkan dan kedua pihak akan ikut berperan aktif berkontribusi sesuai dengan potensi yang di miliki oleh masing-masing sehingga keuntungan akan menjadi keuntungan bersama dalam mencapai tujuan tertentu.

Contoh Kerja Sama

Ada banyak sekali contoh-contoh kerja sama di lingkungan kita. Contoh dari kerja sama diantaranya adalah kerja sama ekonomi internasional yang biasanya di lakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain. Jenis kerja sama ini menyangkut dengan urusan ekonomi.

pengertian kerja sama

Selain itu, contoh kerja sama ekonomi lainnya yaitu regional yang meliputi Negara-negara yang berada pada kawasan tertentu. Kerja sama ekonomi antar regional yaitu kerja sama yang di lakukan oleh Negara dari satu kawasan dengan Negara yang berada pada kawasan lainnya. Masih banyak lagi contoh kerja sama seperti kerja saja ekonomi bilateral, dan multilaeral dan lainnya.

Recent search terms:

  • pengertian kerjasama
  • pengertian kerja sama
  • kerjasama
  • kerja sama
  • contoh kerja sama
  • manfaat kerja sama
  • arti kerjasama
  • kerja sama adalah
  • arti kerja sama
  • manfaat kerjasama
Pengertian Kerja Sama : Manfaat dan Contohnya
Tagged on: