Pengertian kesehatan kerja : tujuan dan pentingnya – Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal karena kita tahu bagaimana rasanya merasakan sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat wajib untuk anda lakukan. Kesehatan tidak hanya di butuhkan di rumah, sekolah saja namun hal ini juga berlaku untuk kesehatan kerja sebagaimana yang akan di bahas di artikel ini tentang pengertian kesehatan kerja, tujuan dan juga pentingnya.

Pengertian Kesehatan Kerja

Apa itu kesehatan kerja? Pengertian kesehatan kerja merupakan sebuah bentuk dari adanya jaminan kesehatan yang di berikan pada seseorang pada saat sedang melakukan sebuah pekerjaan.

Sedangkan keselamatan kerja menurut World Health Organization, kesehatan kerja merupakan sebuah upaya yang bertujuan untuk dapat peningkatan dan juga pemeliharaan terhadap derajat kesehatan baik secara fisik, mental ataupun sosial bagi pekerja untuk semua jenis pekerjaan yang di lakukan.

Adapun untuk pencegahan terhadap gangguan kesehatan yang di berikan kepada para pekerja di karenakan oleh kondisi pekerjaan. Perlindungan ni di berikan kepada para pekerja yang di dalam melakukan pekerjaannya memiliki risiko yang tinggi akibat dari faktor yang bisa merugikan kesehatan. Adapun untuk penempatan dan juga pemeliharaan untuk para pekerja dalam suatu lingkungan kerja akan disesuaikan dengan bagaimana kondisi fisiologi dan psikologis dan pekerja itu sendiri.

Sedangkan kesehatan kerja menurut Suma’mur, definisi kesehatan kerja sebagai sebuah spesialisasi yang terdapat di dalam ilmu kesehatan. Hal ini agar masyarakat pekerja dapat memperoleh derajat kesehatan dengan baik, baik fisik ataupun mental dan juga sosial dengan berbagai usaha-usaha preventif dan juga kuratif terhadap berbagai jenis penyakit dan berbagai gangguan-gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena diakibatkan oleh faktor-faktor pekerjaan atau lingkungan kerja.

Tujuan Kesehatan Kerja

Ada banyak sekali tujuan kesehatan kerja yang di tujukan kepada para pekerja ini. Hal ini menjadi hal yang sangat penting khususnya bagi mereka yang memiliki pekerjaan dengan resiko yang tinggi. Maka dari itu, memberikan jaminan kesehatan kerja adalah tujuannya, dengan adanya kesehatan kerja ini tentunya akan lebih menjamin bagaimana kondisi kesehatan seseorang ataupun memberikan jaminan apabila seseorang pekerja bisa saja mengalami kecelakaan ataupun terluka ketika melakukan pekerjaannya.

Sebagai contohnya misalnya adalah petugas pemadam kebakaran ataupun kuli bangunan, memiliki kesehatan kerja adalah hal yang penting mengingat resiko yang berat yang harus mereka hadapi agar dapat menjalankan tugasnya. Jadi misalnya seseorang tersebut terluka ataupun sakit maka kesehatan kerja dapat menjadi jaminan bagi kesejahteraan mereka.

Tujuan lain dai kesehatan kerja yaitu untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman. Dengan adanya kesehatan kerja ini tentunya dapat membuat para pekerja menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam menjalankan tugas mereka tanpa adanya rasa khawatir untuk hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

Pentingnya Kesehatan Kerja

Kesehatan kerja tentunya akan memainkan peranan yang penting untuk kelangsungan para pekerja. Seperti halnya para pekerja yang bekerja pada sector pertanian. Maka mereka akan cenderung beresiko terhadap penyakit paru-paru karena asap dan hal lainnya. Dengan adanya kesehatan kerja, maka akan dapat lebih membantu mereka.

pengertian kesehatan kerja

Selain itu sebagai contoh lain adalah bagi seseorang yang bekerja di industri pertambangan yang memungkinkan mereka akan mudah untuk terserang atau terhirup zat-zat yang berbahaya sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa mereka. Dengan adanya kesehatan kerja ini tentunya akan lebih membantu untuk menjamin kesehatan dan keselamatan mereka.

Recent search terms:

  • pengertian kesehatan kerja
  • kesehatan kerja
  • kesehatan kerja adalah
  • tujuan kesehatan kerja
  • jelaskan pengertian kesehatan kerja
  • definisi kesehatan kerja
  • apa yang dimaksud dengan kesehatan kerja
  • arti kesehatan kerja
  • pengertian kesehatan kerja dan contohnya
  • Apa pengertian kesehatan kerja
Pengertian Kesehatan Kerja : Tujuan dan Pentingnya
Tagged on: