Pengertian keselamatan kerja : tujuan dan contohnya Keselamatan Kerja merupakan hal yang sangat penting demi melindungi pekerja dari hal-hal yang tidak di inginkan. Oleh karena sekarang ini telah banyak di terapkan keselamatan kerja untuk melindungi keamanan para pekerja. Di dalam artikel ini akan di jelaskan lebih lanjut kepada anda tentang pengertian, tujuan, dan juga contoh dari Keselamatan Kerja.

Pengertian Keselamatan Kerja

Ada beberapa pengertian Keselamatan Kerja yang di ungkapkan menurut beberapa sumber. Menurut Suma’mur 1996, Keselamatan Kerja merupakan sebuah sarana yang di lakukan untuk melakukan upaya pencegahan terhadap adanya kecelakaan, cacat, ataupun kematian sebagai bentuk akibat dari kecelakaan kerja.

Bagi mereka para pekerja, keselamatan kerja merupakan sebuah gerbang keamanan tenaga kerja yang menyangkut pada proses produksi dan juga distribusi baik berupa barang maupun jasa. Ada banyak kaitan dari keselamatan kerja yakni seperti halnya dengan mesin pesawat, alat kerja, bahan, dan juga berbagai proses pengolahan dalam melakukan pekerjaan.

Hal ini di lakukan karena dengan adanya Keselamatan Kerja, maka sebuah upaya guna memberikan tindakan aktif terhadap hal-hal yang tidak di inginkan. Hal ini dapat di lakukan dengan adanya tindakan preventif terhadap bentuk tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan. Keselamatan kerja juga memiliki beberapa tujuan yang akan di jelaskan lebih lanjut di dalam artikel ini.

Tujuan Keselamatan Kerja

Keselamatan Kerja memiliki tujuan yaitu untuk dapat melindungi kesehatan dari tenaga kerja demi meningkatkan efisiensi dari pekerja dan merupakan sebuah tindakan pencegahan terhadap kecelakaan para kerja. Selain itu, tujuan keselamatan kerja juga untuk menjamin segala keutuhan dan juga kesempurnaan dari para pekerja baik secara rohani maupun jasmani yang meliputi hasil kerja budaya demi kesejahteraan masyarakat.

Adapun Keselamatan Kerja juga meliputi pencegahan terhadap kecelakaan, dan juga mengurangi penyakit yang di sebabkan oleh pekerjaan, mengurangi cacat, dan juga pencegahan terhadap kematian. Keselamatan Kerja juga meliputi pemeliharaan material dan konstruksi yang semua itu demi meningkatkan taraf hidup kesejahteraan manusia.

Ada banyak aspek-aspek yang meliputi keselamatan kerja yang diantaranya adalah untuk menunjang terlaksananya berbagai tugas-tugas pemerintah dalam bidang peningkatan taraf hidup pekerja dalam sebuah perusahaan seperti perusahaan industry, pertanian, perkebunan, dan lainnya.

Adapun untuk standar Keselamatan Kerja yaitu meliputi adanya pelindung badan seperti pelindung tangan, mata, hidung, kaki, dan juga telinga. Alat pengamanan listrik untuk pekerja yang berhubungan dengan hal listrik yang tentunya cukup membahayakan. Selain itu, juga terdapat pengamanan ruangan seperti adanya system alarm dan pemadam kebakaran, sitem penerangan, hidran, dan masih banyak lainnya.

Contoh Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itu, setiap orang hendaknya selalu memperhatikan masalah keselamatan kerja. Kita semua tidak akan tahu kapan dan dimana kita akan mendapatkan musibah karena ada banyak sekali kemungkinan seseorang akan mendapatkan kecelakaan dan apabila seseorang tidak melakukan bentuk pencegahan untuk keselamatan diri anda sendiri maka, dampak yang di dapatkan bisa sangat fatal. Oleh dari itu ada banyak contoh keselamatan kerja yang bisa anda lakukan.

pengertian keselamatan kerja

Contoh dari keselamatan kerja diantaranya adalah dengan menggunakan pakaian keselamatan kerja sebagai salah satu pelindung badan dari berbagai bahaya yang bisa mencelakakan tubuh para pekerja. Pakaian ini bisa kita lihat contohnya adalah untuk para pekerja pemadam kebakaran yang menggunakan pakaian yang cerah seperti warna orange. Hal ini bertujuan sebagai penanda bagi seseorang dalam lokasi pekerja.

Recent search terms:

  • pengertian keselamatan kerja
  • KESELAMATAN KERJA
  • contoh keselamatan kerja
  • pengertian keselamatan
  • contoh keselamatan kerja di perusahaan
  • tujuan keselamatan kerja
  • jelaskan pengertian dari keselamatan kerja
  • jelaskan pengertian keselamatan kerja
  • arti keselamatan kerja
  • apa itu keselamatan kerja
Pengertian Keselamatan Kerja : Tujuan dan Contohnya
Tagged on: