Pengertian kesempatan kerja : contoh dan cara memperluasnya – Bagi anda yang baru saja lulus dari SMA ataupun universitas, maka anda akan berlomba-lomba demi mendapatkan sebuah pekerjaan. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, maka akan di butuhkan keterampilan kerja sehingga anda akan bisa menjadi pekerja yang handal di lapangan. Namun, sebelum itu, anda akan membutuhkan perusahaan yang membuka peluang pekerjaan bagi para pekerja. Dan bagi anda yang merupakan seorang wirausahawan, anda akan sangat membantu pemerintah untuk mengatasi pengangguran yaitu dengan membuka Kesempatan Kerja.

Pengertian Kesempatan Kerja

Bagaimanakah pengertian Kesempatan Kerja? Kesempatan Kerja juga di kenal dengan istilah demand for labor yang merupakan sebuah keadaan yang menggambarkan adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang bisa menjadi peluang untuk di isi oleh para pencari kerja. Dengan kata lain kesempatan kerja bisa di artikan sebagai jumlah dari lapangan kerja yang telah tersedia bagi masyarakat pada umumnya baik merupakan lapangan perkerjaan yang sudah terisi maupun yang masih kosong.

 Kesempatan kerja akan selalu berkaitan dengan kemampuan pemerintah khususnya pemerintah Indonesia untuk dapat menciptakan investasi dengan menggunakan kualitas sumber daya manusia yang baik untuk penciptaan lapangan kerja.

Dengan adanya peningkatan kesempatan kerja ini, tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan produksi sehingga akan banyak membutuhkan sumber daya manusia. Hal ini akan menjadi suatu yang positif apabila jumlah kesempatan kerja sama dengan jumlah para pencari kerja, maka hal ini akan dapat mencegah terjadinya pengangguran yang meraja lela.

Contoh Kesempatan Kerja

Ada banyak sekali contoh kesempatan kerja yang bisa anda ketahui. Ada dua jenis kesempatan kerja yaitu kesempatan kerja permanen dan kesempatan kerja temporer. Yang pertama adalah kesempatan kerja permanen yang merupakan sebuah kesempatan kerja yang dapat memberikan kemungkinan pada seseorang untuk dapat bekerja secara terus menerus hingga akhirnya mereka akan pensiun atau mencapai usia dimana mereka sudah tidak bisa lagi untuk bekerja.

Sedangkan kesempatan kerja temporer merupakan sebuah kesempatan kerja yang hanya dapat memberi kemungkinan seseorang untuk dapat bekerja dalam kurun waktu singkat yang telah di tentukan. Setelah melewati kurung waktu yang telah di tentukan maka orang tersebut akan kembali menganggur dan mencari pekerjaan yang baru.

Jadi sebuah solusi yang baik adalah dengan memperluas kesempatan kerja. Hal ini penting karena dengan adanya perluasan kesempatan kerja maka hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi khususnya di Indonesia

Cara Memperluas Kesempatan Kerja

Ada beberapa cara yang di lakukan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja yang diantaranya yaitu dengan membuat beberapa program guna meningkatkan keterampilan para tenaga kerja. Hal ini bisa di lakukan dengan cara membuka berbagai kursus untuk jenis keterampilan tertentu.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri dapat menjadi patokan utama untuk mengatasi pengangguran karena kebanyakan pengangguran adalah orang-orang yang tidak memiliki keterampilan. Dengan membantu para wiraswasta dapat menjadi salah satu cara yang bisa di lakukan oleh pemerintah karena dengan adanya usaha baru tentunya akan membuka kesempatan kerja bagi yang lain.

pengertian kesempatan kerja

Transmigrasi juga merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk dengan memberikan kesempatan kerja di daerah lain. Hal ini dapat menjadi sebuah solusi untuk pengembangan daerah dan juga mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Peningkatan pembangunan di desa-desa juga akan memberikan dampak yang baik untuk membuka sebuah kesempatan kerja.

Recent search terms:

  • contoh kesempatan kerja
  • contoh kesempatan kerja temporer
  • contoh kesempatan kerja permanen
  • meningkatkan kesempatan kerja
  • pengertian kesempatan
  • contoh dari kesempatan kerja
  • contoh kesempatan kerja permanen dan temporer
  • cara memperluas kesempatan kerja
  • kesempatan kerja dan contohnya
  • kesempatan kerja
Pengertian Kesempatan Kerja : Contoh dan Cara Memperluasnya
Tagged on: