Pengertian komputer server : fungsi dan contohnya Komputer server memiliki jenis dan macam macamnya sendiri. Umumnya menggunakan beberapa software server yang terkenal seperti linux, windows, novel netware, dan mac os. System operasi inilah yang mendukung kinerjanya. Nah apa itu komputer server, pengertian dan fungsinya, akan kami jelaskan dibawah ini.

Pengertian Komputer Server

Komputer server merupakan suatu komputer yang dirancang khusus dari sisi hardware ataupun dari sisi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk komputer client dalam sebuah jaringan. Umumnya komputer ini memiliki tugas yang sangat penting dalam jaringan komputer sehingga komputer ini harus memiliki spesifikasi yang tinggi baik dari hardware, kecepatan prosesor, kapasitas hardisk, dibandingkan dengan kapasitas komputer klient.

Fungsi Komputer Server

Komputer server memiliki fungsi secara umum sebagai penyimpan aplikasi dan database yang ada pada komputer klient atau yang terhubung, menyediakan fitur keamanan, melindungi semua komputer yang terhubung dan menyediakan ip address pada mesin komputer yang terhubung.

fitur komputer server yang harus ada antara lain memori ram yang besar untuk menampung query yang dijalankan oleh komputer terhubung, kecepatan prosesor yang tinggi untuk mengelola komputer klient sehingga sangat penting komputer utama ini memiliki kecepatan maksimal sehingga mampu memberikan fasilitas pengerjaan multitasking, selain itu kapasitas penyimpanan yang dimiliki haruslah sangat besar untuk menyimpan semua data dalam jaringan komputer.

Contoh Komputer Server

Contoh komputer server berdasarkan fungsi dari server ada beberapa jenis. Pertama, SSH server atau secyre shen. Jenis komputer server yang satu ini dipasang dengan aplikasi khusus sehingga mampu mengendalikan dan mengirimkan perintah eksekusi ke server dari jarak jauh. Aplikasi ini menggunakan port standar 21.

Kedua, adalah jenis komputer server dns atau domain name system. Istilah dns merupakan server yang dipasang pada aplikasi untuk menerjemahkan sebuah nama domain ke ip address, sehingga kamu tidak perlu mengingat nomer ip pada komputer cukup mengingat nama domain dari komputer tersebut.

Jenis ketiga yaitu web server. Komputer server jenis ini merupakan komputer yang dilengkapi dengan aplikasi khusus yang digunakan untuk melayani permintaan http/https dari komputer client dan mengirimkan kembali data yang diminta dalam bentuk dokument html. Web server bisa di sebut sebagai komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan file di halaman website. umumnya web server menggunakan port 80 untuk akses protocol http dan port 43 untuk akses protocol https.

Jenis komputer server selanjutnya adalah dhcp server atau dynamic host configuration protocol yang merupakan aplikasi khusus untuk management pengalokasian alamat ip dalam sebuah jaringan, dengan adanya server ini maka kamu tidak perlu mengingat ip masing-masing klient karena akan diberikan otomatis oleh server ini. selanjutnya ada komputer server jenis mail server. Jenis ini merupakan aplikasi yang mendistribusikan file informasi untuk merespon permintaan yang dikirim via email.

Selain itu ada pula jenis komputer server yang disebut dengan proxy server. Umumnya merupakan sebuah komputer atau aplikasi yang berfungsi menghubungkan komputer dalam jaringan lan dengan jaringan internet. Proxy ini disebut juga dengan gateway server atau gerbang yang menghubungkan jaringan local dengan jaringan internet.

pengertian komputer server

Samba server merupakan jenis komputer server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai pelayanan permintaan sharing dan tukar menukar data antara dua komputer klient yang berbeda system operasi misal linux dengan windows. Selain itu ada pula ftp server jenis ini merupakan aplikasi untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server klient yang support tcp/ip. Selain sedangkan database server merupakan server komputer yang dilengkapi dengan aplikasi penyimpanan database.

Recent search terms:

  • komputer server
  • fungsi komputer server
  • contoh server
  • fungsi server dan contohnya
  • contoh komputer server
  • fungsi server
  • terangkan fungsi komputer server untuk internet
  • komputer server adalah
  • Contoh dari komputer server
  • jelaskan komputer server
Pengertian Komputer Server : Fungsi dan Contohnya
Tagged on: