Pengertian komunikasi bisnis : fungsi dan ruang lingkupnya – Komunikasi bisnis sangatlah diperlukan bagi setiap pebisnis dalam mencapai tujuan organisasinya. Tentu saja untuk mencapai tujuan tersebut komunikasi yang dilakukan haruslah secara efektif antara pimpinan maupun bawahannya. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, menjadi seorang manajer maupun pemimpin perusahaan dituntut untuk mampu berkomunikasi baik di dalam maupun di luar organisasi untuk mempromosikan produk maupun jasanya kepada pelanggan. Oleh karena itu, komunikasi dalam berbisnis sangatlah dibutuhkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, simaklah ulasan berikut ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Sebelum beranjak lebih jauh pada arti komunikasi bisnis, ada baiknya kita mengetahui arti dari dua kata tersebut. Komunikasi secara etimologis berasal dari bahasa Latin, yakni Communico, Communicatio, dan Comunicare yang artinya membuat sama. Secara terminologis, kata komunikasi memiliki arti sebagai proses dalam menyampaikan gagasan dari pihak satu ke pihak lainnya.

Dari arti kedua kata di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi bisnis merupakan proses pertukaran pendapat, gagasan maupun informasi yang disajikan secara personal maupun impersonal dengan perantara simbol-simbol atau sinyal dan memiliki tujuan tertentu. Informasi maupun gagasan yang disampaikan tersebut hendaknya bersifat informatif dan persuasif, agar pihak yang lain sanggup menerima dan melakukan suatu kegiatan yang berkaitan dengan informasi tersebut.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Suatu hal tentu saja memiliki fungsi, yang merupakan kegunaan dirumuskannya hal tersebut. begitu pula dengan pokok bahasan kali ini. Manfaat komunikasi bisnis terdiri dari beberapa hal, yakni fungsi informatif, fungsi kontrol, fungsi persuasif/motivatif, dan fungsi emotif. Fungsi informatif, yakni fungsi yang memberikan berbagai pilihan maupun mengubah suatu keadaan bisnis, serta dalam membuat suatu keputusan.

Kemudian fungsi komunikasi bisnis selanjutnya yaitu fungsi kontrol. Fungsi ini diharapkan dapat mengendalikan dan mengawasi, yakni dengan cara menyediakan saluran feedback pada setiap kegiatan tersebut, baik secara individual maupun organisasional. Fungsi lainnya yakni fungsi persuasif/ motivatif. Dengan adanya fungsi ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada orang lain melalui sebuah treatment tertentu supaya orang lain dapat menerima dan bertindak sesuai yang diharapkan.

Dan fungsi yang terakhir yaitu fungsi emotif. Fungsi ini sebagai suatu alat atau cara dalam mengekspresikan emosi yang ditujukan pada penerimaan inti gagasan/ide yang disampaikan. Dengan adanya beberapa fungsi di atas, diharapkan fungsi tersebut dapat berjalan secara optimal.

Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis

Setelah kita mengurai mengenai pengertian dan fungsi komunikasi bisnis di atas, selanjutnya kita bahas mengenai ruang lingkupnya. Pada dasarnya ruang lingkup komunikasi bisnis sangatlah luas dan lebih komplek, seperti komunikasi pada sejarah berdirinya organisasi/perusahaan hingga pengelolaan dan pengembangannya.

Beberapa ruang lingkup komunikasi bisnis yaitu pertama, komunikasi internal. Komunikasi ini berlangsung pada cakupan organisasi/perusahaan yang terjadi di antara organisasi/perusahaan tersebut. komunikasi internal dibagi menjadi tiga jenis, yaitu komunikasi vertikal (atasan dan bawahan), komunikasi horizontal (orang yang memiliki jabatan yang sejajar), dan komunikasi diagonal (orang yang memiliki jabatan yang berbeda pada posisi yang tidak sejajar vertikal).

Cakupan komunikasi bisnis kedua yaitu komunikasi eksternal, yakni komunikasi yang terjadi antara organisasi/perusahaan dan pihak luar organisasi/perusahaan seperti masyarakat. Komunikasi ini dapat terjadi melalui beberapa hal, seperti adanya pameran, promosi, publikasi, konferensi pers, radio, televisi, serta adanya kegiatan bakti sosial maupun kegiatan pengabdian pada masyarakat.

pengertian komunikasi bisnis

Itulah sedikit ulasan mengenai komunikasi bisnis yang kami berikan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat.

Recent search terms:

  • fungsi komunikasi bisnis
  • ruang lingkup komunikasi bisnis
  • 5 lingkup komynikasi bisnis
  • 3 fungsi komunikasi bisnis
  • komunikasi bisnis dan fungsi komunikasi
  • cakuoan komunikasi bisnis
  • fungsi komunikasi bisnis bagi perusahaan
  • yang dimaksud dengan komunikasi bisnis dan ruang lingkupnya
  • fungsi komunikasi bisnis informatif emotif
  • fungsi komunikasi informatif represuasif kontrol emotif
Pengertian Komunikasi Bisnis : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: