Pengertian komunikasi massa : karakteristik dan contohnya – Komunikasi massa berperan penting sebagai proses dalam membuat dan menyebarluaskan suatu pesan maupun informasi ke khalayak publik. Seiring dengan berkembangnya sistem informasi dan semakin canggihnya teknologi membuat informasi dapat kita peroleh dengan cepat dan menyebar hampir di penjuru dunia. Media masa memiliki wewenang tunggal dalam hal menyeleksi, memproduksi, serta menyampaikan informasi tersebut pada khalayak umum. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk komunikasi massa maka simaklah uraian berikut.

Pengertian Komunikasi Massa

Sebelum beranjak lebih jauh, marilah kita pahami terlebih dulu mengenai arti komunikasi massa. Definisi Komunikasi massa secara harfiah terdiri dari dua kata, yakni kata komunikasi dan kata massa. Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses dalam penyampaian suatu pesan/ gagasan, sedangkan kata massa dapat diartikan sebagai jumlah orang yang banyak, dan tersebar dalam beberapa lokasi, tidak harus di lokasi yang sama.

Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa adalah suatu proses komunikasi yang menggunakan media/ saluran dalam menghubungkan antara pihak pemberi informasi (komunikator) dengan pihak penerima informasi secara massal dengan jumlah yang banyak, bersifat heterogen, terpencar, dan dapat menimbulkan efek tertentu.

Komunikasi tersebut dapat melalui berbagai jenis media modern, seperti surat kabar serta film-film yang sering dipertunjukkan di gedung bioskop. Salah satu pakar mengatakan bahwa selain media massa modern di atas juga terdapat media massa tradisional yakni meliputi teater rakyat, dongeng, maupun juru pantun.

Karakteristik Komunikasi Massa

Sebelum seseorang memutuskan untuk menggunakan media massa sebagai alat untuk berkomunikasi, alangkah baiknya orang tersebut mengetahui dan memahami apa sajakarakteristik komunikasi massa. Karakteristik yang pertama, komunikasi yang bersifat umum. Pada karakteristik ini, pesan komunikasi yang akan disampaikan melalui media massa merupakan pesan yang terbuka dan umum untuk semua orang.

Kedua, yakni komunikasi yang bersifat heterogen, dengan massa yang terdiri dari berbagai masyarakat yang berbeda seperti jenis kelamin, umur, pendidikan, agama, pekerjaan hingga latar belakang budaya yang beragam. Ciri komunikasi massa ketiga yaitu yang bersifat satu arah. Dengan komunikasi yang melalui media, maka seorang komunikator dan para komunikan tidak dapat melakukan interaksi secara langsung. Sang komunikator aktif dalam menyampaikan informasi, sedangkan para komunikan aktif pula dalam menerima informasi tersebut, dan keduanya tidak dapat berinteraksi dan berdialog seperti komunikasi antar personal. Oleh karena itu, komunikasi tersebut bersifat searah.

Dan karakteristik yang terakhir yaitu timbulnya kekompakan. Dengan adanya komunikasi massa ini, akan menimbulkan massa yang dapat kompak/serempak. Maksudnya, kekompakan kontak dengan banyaknya warga penduduk yang terdiri dari berbagai tempat tinggal dan jarak yang cukup jauh dari sang komunikator.

Contoh Komunikasi Massa

Setelah kita mengetahui beberapa karakteristik di atas, selanjutnya kita akan mengetahui apa saja contoh kasus komunikasi massa. Contohnya yakni pada adanya petisi pemberhentian tayangan YKS di TV. Acara tersebut dinilai telah meresahkan warga. Pasalnya, tayangan tersebut tidaklah memberikan tayangan yang mendidik, malah memberikan tayangan yang dapat merusak moral, seperti guyonan yang tidak beretika, goyangan, hingga tayangan yang vulgar.

Dengan kasus di atas, muncullah sebuah petisi yang menyatakan pemberhentian tayangan YKS. Alhasil, sebanyak 26.000 orang setuju bahwa tayangan tersebut diberhentikan. Kasus tersebut merupakan salah satu contoh komunikasi massa yang terjadi melalui siaran televisi.

pengertian komunikasi massa

Itulah sedikit pembahasan kita mengenai komunikasi massa, mulai dari pengertian, karakteristik hingga contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan ilmu. semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • contoh komunikasi massa
  • contoh bentuk komunikasi Massa
  • contoh kasus komunikasi massa
  • pengertian komunikasi massa dan contohnya
  • Contoh komunikasi masa
  • karakteristik komunikasi massa dan contohnya
  • contoh komunikasi melalui media untuk satuk orang ke banyak orang
  • komunikasi massa
  • contoh komunikadi masa
  • karakteristik komunikasi publik dan massa source centrality artinya beserta contoh
Pengertian Komunikasi Massa : Karakteristik dan Contohnya
Tagged on: