Hakikat komunikasi politik memang menjadi hal yang penting dan harus dikuasai oleh perorangan maupun instansi yang terkait. Tentunya komunikasi jenis ini akan sangat membantu dan memperlancar hubungan dalam dunia politik itu sendiri. Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan istilah komunikasi politik ini, untuk itu sebagai sebuah pengetahuan dan pembelajaran untuk berkecimpung dalam dunia politik maka sangat perlu bagi anda untuk mengetahuinya.

Pengertian Hakikat  Komunikasi Politik

Setelah menyimak sedikit ulasan di atas tentunya anda menjadi lebih penasaran dengan komunikasi politik tersebut. namun sebelum membahasnya lebih jauh, maka kita bahas dahulu definisi komunikasi politik agar lebih fokus dan memberikan pemahaman yang lebih mendasar. Komunikasi politik sendiri merupakan komunikasi yang mana melibatkan berbagai pesan-pesan politik dan juga pihak, seperti aktor-aktor politik yang mana sangat erat kaitannya dengan kekuasaan, pemerintahan serta kebijakan pemerintah. Dalam pengertian lainnya komunikasi politik ini juga bisa diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan antara orang yang memerintah dengan orang yang diperintah.

Melihat definisi dari komunikasi politik di atas tentunya anda menjadi sedikit memahami akan maksud komunikasi politik tersebut. terlepas dari berbagai definisi yang telah dikemukakan, komunikasi politik juga bisa disimpulkan sebagai fungsi dari sebuah partai politik itu sendiri. Melalui komunikasi politik akan dapat menyalurkan berbagai ragam pendapat serta aspirasi dari masyarakat suatu negara dan mengaturnya. Adanya komunikasi politik ini tentunya akan mempermudah setiap orang atau kelompok dalam menyampaikan pendapat-pendapat dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dan disepakati.

Hakikat Komunikasi Politik

Banyaknya pengertian yang dihadirkan untuk menjelaskan mengenai komunikasi politik tentunya memperlihatkan bahwa disiplin ilmu tentang komunikasi dan politik ini cukup penting. Namun terlepas dari hal itu semua bahwa terdapat hakikat dari komunikasi politik itu sendiri yang sangat perlu anda ketahui berikut ini. dalam memahami hakikat itu sendiri tentunya anda juga harus mengetahui akan definisi, unsur serta fungsi dari komunikasi itu sendiri agar dapat menghasilkan suatu kesimpulan dasar atau yang sebenarnya dari komunikasi politik itu sendiri.

Hakikat komunikasi politik itu sendiri bisa dilihat melalui pengertiannya yang menjadi jalan untuk berkomunikasi dalam dunia perpolitikan yang mencakup, massa, hubungan pers, media massa, sistem informasi pemerintah, kebebasan informasi, kebebasan pers. Sebagai sebuah jembatan dalam berkomunikasi politik pastinya menjadikan ilmu ini sangat penting agar segala pendapat tersampaikan dengan baik.

Melihat pembahasan di atas tentunya belum cukup untuk menguraikan dengan detail maksud dari hakikat komunikasi politik itu tersebut. untuk itu pastinya anda juga harus mengetahui akan fungsi yang sebenarnya dari komunikasi politik ini sendiri.

Fungsi Hakikat Komunikasi Politik

Setelah menyimak berbagai pembahasan di atas tentunya akan sangat tidak lengkap tanpa membahas fungsi dari komunikasi politik itu sendiri. Menurut beberapa ahli bahwa fungsi komunikasi politik memiliki lima dasar sebagai berikut. Pertama menjadi sumber informasi bagi masyarakat mengenai hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Selain itu kegunaan komunikasi politik juga dapat menjadi wadah untuk berbagai gagasan yang kemudian menjadi wacana dalam pembentukan opini publik yang akan memberikan hasil opini tersebut kembali pada masyarakat. Memberikan pendidikan bagi masyarakat melalui liputan agar mengetahui fakta yang terjadi di sekitar.

Komunikasi politik juga akan memberikan informasi bagi pemerintah dan institusi politik yang ada. selain itu komunikasi politik yang terjadi di negara demokratis akan berguna dalam menyalurkan aspirasi dan menginformasikan kebijakan maupun program pemerintah atau institusi politik agar bisa tersalurkan ke seluruh massa masyarakat.

pengertian komunikasi politik

Itulah pembahasan mengenai komunikasi politik yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga berbagai informasi di atas bermanfaat untuk anda yang mungkin masih asing sehingga bisa menjadi pengetahuan meskipun tidak secara langsung berkecimpung di dunia politik.

Recent search terms:

  • hakikat komunikasi politik
  • Hakikat komunikasi politik di indonesia
  • 5alasan harus mebgetahui komunkasi politik
  • bagaimana pendapat anda tentang jenis jenis komunikasi dalam pembelajaran
  • hakekat komunikasi politik
  • HAKIKAT ARTIKEL POPULER
Hakikat Komunikasi Politik
Tagged on: