Pengertian laporan keuangan : fungsi dan jenisnya – Bagi para pelaku usaha tentu sangat mengenal seluk beluk dari laporan keuangan. Hal ini memang sangatlah penting, karena baik buruknya sebuah laporan akan menjadi faktor penentu kelangsungan usaha anda. Untuk itulah membuat sebuah laporan tidak bisa asal dilakukan dan perlu ketelitian dan kompetensi yang mumpuni.

Pengertian Laporan Keuangan

Definisi laporan keuangan menurut Standar Akutansi Keuangan atau SAK merupakan sebuah bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, yakni terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan posisi keuangan. Jadi melalui laporan ini palaku usaha dapat melihat informasi kuantitatif terkait kondisi keuangan perusahaan dan perubahan-perubahan yang dicapainya dalam periode tertentu.

Selain itu sebuah laporan terkait keuangan perusahaan juga dapat dijadikan sebagai media untuk melihat kondisi dan posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan dan menganalisis masa depan perusahaan nantinya. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan merupakan sebuah informasi yang mencatat semua transaksi usaha sepanjang waktu sehingga dapat memberikan gambaran prestasi dan kondisi ekonomis suatu perusahaan.

Fungsi Laporan Keuangan

Bagi sebuah perusahaan fungsi laporan keuangan sangatlah penting. Fungsi yang pertama adalah untuk mengetahui posisi perusahaan dan mengendalikannya. Setelah mengetahui gambaran umum terkait kondisi keuangan perusahaan pihak manajemen akan lebih mudah untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Fungsi dari laporan keuangan yang kedua adalah Untuk pertimbangan perencanaan kegiatan perusahaan. Selain berisi informasi keuangan, sebuah laporan kondisi perusahaan juga menggambarkan kemampuan perusahaan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam merencanakan sebuah kegiatan yang sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan agar tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

Fungsi selanjutnya adalah sebagai dasar dalam membuat keputusan terkait perusahaan. Fungsi ketiga ini dapat kita lihat dari kedua fungsi di atas yang pada dasarnya adalah sebagai dasar ataupun pertimbangan untuk merencanakan ataupun memutuskan suatu tindakan yang akan diambil. Yang kesemuanya bertujuan untuk memastikan kemajuan dan perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Dan fungsi dari laporan keuangan yang terakhir adalah untuk pertimbangan dan pertanggung jawaban terhadap pihak ekstern. Seperti yang kita ketahui perusahaan dapat maju dan berkembang apabila memiliki banyak investor. Para investor akan selalu memantau kondisi perusahaan dari laporan yang diberikan. Di sinilah fungsi informasi keuangan, selain sebagai pertanggungjawaban dari investasi yang mereka terima juga dapat menjadi sebuah pertimbangan untuk para investor lain dalam mengucurkan dananya.

Jenis Laporan Keuangan

Ada 4 jenis laporan keuangan yang harus anda ketahui, jenis laporan yang pertama adalah Neraca yang merupakan alat yang digunakan untuk mengukur posisi keuangan perusahaan yang terdiri dari aktiva dan pasiva. Jenis laporan kedua adalah laporan laba rugi. Laporan ini menyajikan semua rincian terkait pendapatan yang diperoleh perusahaan dan beban yang dikeluarkan selama satu periode akuntansi pada perusahaan. Dari laporan ini anda dapat mengetahui seberapa besar kerugian atau keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Selanjutnya adalah laporan perubahan modal, yakni jenis laporan yang menyajikan setiap informasi terkait perubahan aktiva bersih suatu perusahaan yang terjadi dalam satu periode akuntansi yang dipengaruhi oleh keuntungan dan kerugian serta transaksi sang pemilik modal.

pengertian laporan keuangan

Dan jenis laporan keuangan yang terakhir adalah laporan arus kas, yang berisi informasi mengenai seluruh arus kas masuk dan arus kas keluar terkait seluruh kebutuhan operasional perusahaan dalam satu periode akuntansi.

Recent search terms:

  • Apa yang anda ketahuitentang laporan keuangan jelaskan jenis-jenisnya
  • laporan keuangan dan jenis jenisnya
  • Apa yang anda ketahui tentang laporan keuangan jelaskan jenis-jenisnya
  • pengertian laporan keuangan dan jenis jenisnya
  • 4jenis laporan keuangan dalam perencanaan usaha
  • pengertiam laporan keuangan dan jenis-jenisnya
  • pemgertian laporan keuangan dan jenis-jenisnya
  • laporan keuangan dan fungsinya
  • apa yang kamu ketahui tentang laporan keuangan dan fungsinya
  • Apa yang anda ketahuitentang laporan keuangan jelaskan jenis-jenisnya?
Pengertian Laporan Keuangan : Fungsi dan Jenisnya
Tagged on: