Pengertian lembaga keuangan : jenis dan fungsinya – Sebagian dari anda mungkin sering mendengar kata lembaga keuangan, namun tahukah anda definisi dari lembaga yang bergerak dibidang keuangan ini? Ada banyak ahli yang menjabarkan definisi dari lembaga ini, dan di Indonesia sendiri kita sangatlah dekat dengan lembaga yang memberikan jasa keuangan, baik itu disadari ataupun tidak. Mari kita bahas satu persatu pada kesempatan kali ini.

Pengertian Lembaga Keuangan

Secara umum, definisi lembaga keuangan diartikan sebagai sebuah badan usaha yang bergerak dibidang keuangan dengan menyediakan jasa penyimpanan dana, penyaluran hingga peminjaman kepada para nasabahnya. Aset utama yang dimiliki oleh pelaku usaha keuangan ini adalah dalam bentuk uang dan tagihan.

Selain menyediakan jasa keuangan, lembaga keuangan juga menyediakan berbagai bentuk layanan, seperti tawaran berbagai bentuk tabungan, asuransi, layanan transfer, hingga program untuk masa depan seperti program pensiun. Jadi bisa disimpulkan bahwa lembaga yang bergerak dibidang keuangan ini merupakan salah satu bagian dari sistem keuangan dan ekonomi modern yang cukup berperan penting dalam menjaga kondisi ekonomi masyarakat.

Jenis Lembaga Keuangan

Di Indonesia Lembaga dibidang keuangan dibedakan menjadi 2. Yang pertama adalah jenis lembaga keuangan bank. jenis lembaga ini terdiri dari Bank Sentral yang hingga kini masih dipegang oleh Bank Indonesia dengan tugasnya menjaga kebijakan moneter, Bank umum atau bank komersial yang bertugas melayani seluruh jasa perbankan kepada para nasabahnya baik individu maupun lembaga, dan Bank pengkreditan rakyat yang khusus melayani beberapa jasa keuangan pada masyarakat kecamatan ataupun desa.

Dan jenis dari lembaga keuangan yang ke dua adalah lembaga bukan bank, cakupan dari lembaga ini lebih luas jika dibandingkan jenis lembaga yang hanya bergerak dibidang perbankan. Yang antara lain adalah lembaga yang bergerak dibidang investasi yakni pasar modal dan pasar uang, Selanjutnya adalah lembaga yang bergerak dibidang jasa pengkreditan, seperti koperasi simpan pinjam, pegadaian serta jasa leasing atau sewa guna yang kesemuanya merupakan bentuk pembiayaan atau pemberian modal sesuai yang diinginkan oleh nasabah baik untuk keperluan individu ataupun keperluan usaha.

Selanjutnya adalah usaha factoring atau yang disebut dengan anjak piutang dimana usahanya adalah mengambil alih pembayaran kredit perusahaan yang bermasalah atau mengelola kredit pada sebuah perusahaan yang memerlukannya, hampir sama dengan usaha factoring adalah perusahaan modal ventura yang juga memberikan bantuan kredit atau pembiayaan pada perusahaan yang beresiko tanpa jaminan.

Dan jenis lembaga keuangan bukan bank yang terakhir adalah dana pensiun, yang merupakan sebuah lembaga yang kegiatan utamanya adalah mengelola dana pensiun sebuah instansi baik pemerintah maupun swasta.

Fungsi Lembaga Keuangan

Ada beberapa fungsi lembaga keuangan yang perlu anda ketahui yang antara lain ada sebagai berikut. Yang pertama berfungsi untuk melancarkan transaksi baik barang maupun jasa dengan menggunakan uang ataupun kredit, menghimpun dana masyarakat yang berbentuk simpanan ataupun investasi dan menyalurkannya dalam bentuk pinjaman.

Tak hanya itu ada beberapa fungsi lainnya yakni memberikan informasi terkait analisis ekonomi untuk kepentingan nasabah, menyebarkan informasi yang akan menguntungkan nasabah serta memberikan jaminan hukum dan moral terkait keamanan dana yang dipercayakan kepada pihak lembaga baik bank maupun bukan bank.

pengertian lembaga keuangan

Dan terakhir adalah menciptakan dan memberikan likuiditas atau keyakinan kepada para nasabahnya bahwa dana yang telah dipercayakan akan dikembalikan kembali. Demikianlah beberapa informasi terkait lembaga keuangan, semoga bermanfaat,,,

Recent search terms:

  • pengertian lembaga keuangan
  • pengertian dan jenis lembaga keuangan
  • artikel lembaga keuangan
  • jasapenyimpanan dana asuransi
  • jenis dan drfinisi lembaga keuangan
  • seperti apa itu lembaga keuangan
  • jenis jenis lembaga keuangan dan fungsinya
  • jenis lembaga keuangan
  • lembaga keuangan seperti apa
  • pengertian dan fungsi lembaga keuangan
Pengertian Lembaga Keuangan : Jenis dan Fungsinya
Tagged on: