Pengertian lingkungan sosial : faktor dan contohnya – Dapat di katakan bahwa sebagai masyarakat, kita hidup di dalam lingkungan sosial. Ada banyak sekali definisi dan factor serta contoh dari lingkungan sosial menurut berbagai pendapat para ahli. Sebagai informasi untuk anda, di dalam artikel ini akan di sajikan mengenai factor, contoh serta pengertian lingkungan sosial. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial juga di sebut dengan konteks sosial atau konteks sosiokultural, ataupun disebut juga dengan milieu, merupakan sesuatu hal yang dapat didefinisikan sebagai sebuah suasana fisik ataupun sebuah suasana sosial yang dimana manusia hidup dan berinteraksi didalamnya sehingga dapat berkembang. Sedangkan menurut barnet dan Casper, Lingkungan sosial terdiri dari kebudayaan atau kultur yang di ajarkan dan di alami oleh individu ataupun manusia.

Sedangkan lingkungan sosial menurut Purba mengatakan, adalah sebuah wilayah dimana di sana merupakan tempat berlangsungkan berbagai macam interaksi sosial antar satu kelompok dengan yang lainnya. Adapun pranata dari interaksi sosial ini meliputi adanya simbol dari nilai dan norma yang jelas yang berkaitan dengan lingkungan

Dengan demikian, maka dapat di simpulkan bahwa lingkungan sosial merupakan sebuah lingkungan yang di dalamnya terdiri dari makhluk sosial dimana mereka berinteraksi satu sama lainnya untuk dapat membentuk sebuah sistem pergaulan yang memiliki peranan yang besar pembentukan kepribadian suatu individu.

Adapun lingkungan sosial juga terbagi menjadi dua yaitu lingkungan sosial primer dan sekunder. Lingkungan sosial primer merupakan lingkungan sosial yang di mana di dalamnya terdapat hubungan yang erat antara satu dengan anggota yang lain, sehingga anggota-anggota tersebut akan saling mengenal baik antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan lingkungan sosial sekunder merupakan sebuah lingkungan sosial yang memiliki hubungan yang longgar antara satu anggota dengan anggota anggota lainnya karena hanya berorientasi untuk kepentingan formal tertentu.

Faktor Lingkungan Sosial

Factor-faktor lingkungan sosial di antaranya adalah sebagai berikut. Yang pertama adalah pengelompokan sosial yaitu berbagai macam orang-orang dimana mereka membentuk persekutuan sosial yang dilandasi oleh adanya hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan lainnya

Yang selanjutnya dari lingkungan sosial adalah penataan sosial dimana hal ini sangat penting untuk dapat mengatur ketertiban dalam kehidupan di masyarakat. Penataan itu berupa aturan-aturan yang di gunakan sebagai pedoman untuk bersama kerja sama dan pergaulan untuk setiap anggotanya dimana setiap orang harus memiliki kedudukan yang jelas sehingga akan lebih jelas untuk mengetahui kepentingan satu dengan yang lainnya.

Contoh Lingkungan Sosial

Ada banyak sekali contoh-contoh dari lingkungan sosial seperti lingkungan sosial di sekolah dimana di dalamnya terjadi interaksi sosial di antara komponen-komponen pendukung dengan status yang berbeda-beda. Sebagai contoh adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan lainnya. Setiap dari komponen tersebut akan menjalankan tugasnya masing-masing.

selain itu contoh lingkungan sosial juga terdapat di dalam lingkungan masyarakat. Interaksi sosial di dalam lingkungan masyarakat memiliki keanekaragaman yang sesuai dengan status dan juga perannya masing-masing. Hal ini dapat di lihat pada interaksi antara satu warga dengan warga yang lainnya seperti adanya kerja sama, bahu-membahu, persaingan dan juga gotong royong.

pengertian lingkungan sosial

selanjutnya adalah lingkungan sosial di dalam keluarga. Di dalam keluarga tentunya juga memiliki lingkungan sosialnya sendiri yang terdiri dari ayah, ibu, anak dan juga anggota keluarga lainnya. Setiap anggota keluarga tentunya memiliki perannya masing-masing seperti ayah yang bekerja,dan anak yang berangkat ke sekolah dimana setiap anggota keluarga memiliki perannya masing-masing untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan baik.

Recent search terms:

  • lingkungan sosial
  • contoh lingkungan sosial
  • pengertian lingkungan sosial
  • lingkungan sosial adalah
  • pengertian lingkungan sosial budaya dan contohnya
  • contoh faktor lingkungan
  • kumpulan contoh lingkungan sosial
  • apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial
  • faktor lingkungan sosial
  • pengertian lingkungan sosial dan contohnya
Pengertian Lingkungan Sosial : Faktor dan Contohnya
Tagged on: