Pengertian mail server : fungsi dan cara kerjanya – Mungkin kamu pernah mendengar istilah mail server, namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mail server itu sebenarnya ? nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengetahui mulai dari pengertian, fungsi dan bagaimana cara kerjanya. Nah, berikut kami berikan penjelasannya.

Pengertian Mail Server

Mail server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Istilah ini juga sering digunakan untuk menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan serupa ftp. Tak hanya itu program ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi install email.

Tak hanya sebuah program mail server juga bisa berupa sebuah komputer yang memang dikhususkan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak program ini. nah komputer ini di ibaratkan sebagai jantung dari system sebuah email. Program ini biasanya dikelola oleh programer yang disebut dengan post master.

Mail server ini dikelola oleh seorang post master yang memiliki beberapa tugas pokok yaitu mengelola kaun, memonitor bagaimana kinerja server dan melaksanakan tugas administrative lainnya. Biasanya program ini menggunakan protocol antara lain smtp, pop3 dan imap.

Fungsi Mail Server

Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Tak hanya itu fungsi utama dari program ini adalah sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstal email. Oleh karena itu aplikais ini sangat penting karena akan mengatur jalannya email dan merespon setiap email yang masuk.

Cara Kerja Mail Server

Setelah kamu tahu apa itu mail server, kini saatnya kamu tahu bagaimana mail server bekerja. Pada dasarnya ada dua cara kerja program ini. pertama, proses pengiriman email akan melewati tahapan yang agak panjang. saat email dikirim karena email akan disimpan pada server utama atau email server itu sendiri berdasarkan tujuan email akan dikirimkan kemana. Umumnya file ini berisi informasi yang dimana sumber tujuan, serta adanya waktu pengiriman. Nah saat kamu sebagai user membaca email berarti user telah mengakses server email tersebut dan membaca email yang tersimpan pada server yang di tampilkan pada browser pengguna.

Untuk memahami cara kerja mail server yang kedua ini,kamu harus memahami ada beberapa istilah penting yaitu MUA atau mail user agent yaitu sebuah komponen yang berinteraksi secara langsung, misalnya adalah thunderbird, ms outlook, zimbra atau interface webmail seperti gmail ataupun yahoo.

Selain itu istilah penting mail server lainnya adalah MTA atau mail transfer agent yang bertanggung jawab mentransfer email dari server mail kemudian sampai server mail penerima, contohnya adalah karena sendmail dan postfix. Selain itu MDA atau mail delivery agent, jika mta lokasi menerima email masuk dari mta terpencil maka email akan dikirim kek otak pengguna dengan mda.

Istilah lain dalam mail server ada POP atau IMAP kedua singkatan ini merupakan sesuatu protocol yang digunakan untuk mengunduh email dari kotak penerima server untuk penerima MUA. Kemudian ada mail exchange record atau MX. Istilah ini merujuk pada entri dns untuk server mail. Record mx ini akan menunjuk pada alamt ip dimana email harus ditembakkan. Mx record yang rendah akan selalu menang karena mendapat priritas tertinggi. Contohnya misal mx 10 akan lebih baik dibandingkan dengan mx 20.

pengertian mail server

Nah setelah kamu tahu berbagai istilah mengenai mail server, kini kamu akan mengetahui Cara kerja mail server yang kedua yaitu, setelah pengguna mengklik tombol sent, selanjutnya MTA akan mengirimkan ujung ke ujung pengiriman email dari server pengirim ke server tujuan. Kemudian mta local akan server tujuan penerima email kemudian dipindahkan ke mda setempat. Kemudian mda akan menulis email dikotak pesan pengguna. Ketika penerima membuka email, maka akan diambil alih oleh MUA dengan menggunakan protocol POP atau imap.

Recent search terms:

  • fungsi mail server
  • pengertian mail server
  • pengertian dan fungsi mail server
  • fungsi email server
  • fungsi dari mail server
  • kegunaan mail server
  • jelaskan fungsi mail server
  • pengertian mail server dan fungsinya
  • cara kerja mail server
  • fungsi web mail server
Pengertian Mail Server : Fungsi dan Cara Kerjanya
Tagged on: