Pengertian manajemen keuangan : fungsi dan ruang lingkupnya Manajemen keuangan merupakan salah satu bagian dari ilmu manajemen yang hingga kini terus dikembangkan dari yang pada awalnya hanya menghimpun dana saja, kini telah mencakup seluruh kegiatan keuangan mulai dari menghimpun dana, penggunaan hingga pengelolaan dana. Dan untuk mengetahui seluk beluknya, berikut akan kami ulas secara lebih lengkap.

Pengertian Manajemen Keuangan

Ada beberapa pendapat para ahli terkait definisi manajemen keuangan, yang pada hakikatnya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan terkait upayanya untuk mendapatkan dana dan cara pengelolaannya yang seminimal mungkin untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan oleh perusahaan terkait.

Dalam sebuah perusahaan, manajemen keuangan sangatlah diperlukan untuk meningkatkan nilai dari perusahaan itu sendiri, ketika manajemen dalam perusahaan bagus maka bisa dipastikan nilai jual perusahaan tersebut tinggi, dan harga saham pun akan tetap stabil yang membuat para investor akan bersenang hati untuk mengucurkan dananya. Untuk memastikan hal tersebut, dibutuhkan seorang manajer keuangan yang kompeten dan berpengalaman dibidangnya.

Fungsi Manajemen Keuangan

Pada dasarnya kegiatan manajemen terkait keuangan perusahaan memiliki dua fungsi utama, yang pertama adalah fungsi perolehan dana, dimana perusahaan harus mengambil keputusan terkait pendanaan ataupun pemilihan alternatif dalam mencari sumber dana. Selain itu bagaimana cara untuk memperoleh dana yang paling mudah dan murah dapat tercermin di neraca pasiva.

Fungsi yang kedua adalah fungsi penggunaan dana. Dimana manajemen keuangan harus mengambil keputusan terkait keputusan investasi atau pemilihan investasi. Selain itu juga berperan mengatur pembelanjaan aktif agar dana yang dikeluarkan dapat dipergunakan secara efisien. Terakhir adalah perencanaan dan pengalokasian dana yang telah dikumpulkan agar dapat memberikan keuntungan lebih untuk perusahaan.

Dari dua fungsi yang telah disebutkan diatas, selanjutnya dijabarkan ke dalam beberapa fungsi manajemen keuangan yaitu berfungsi untuk pencarian keuangan, perencanaan keuangan, penganggaran keuangan, pengelolaan keuangan, penyimpanan keuangan, pengendalian sistem keuangan dalam perusahaan, pemeriksaan keuangan untuk menghindari penyimpangan dana, dan terakhir berfungsi untuk pelaporan keuangan yang sekaligus digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Berdasarkan pemaparan terkait kegiatan manajemen perusahaan dibidang keuangan diatas, kita akan melihat bahwa pada dasarnya ruang lingkup dari manajemen keuangan dalam perusahaan berkutat pada tiga hal. Yang pertama adalah bagaimana cara memperoleh dana. Yang terkait pada aktifitas yang dilakukan untuk mendapatkan sumber dana atau investor. Baik itu berasal dari dalam perusahaan ataupun dari pihak luar perusahaan.

Selanjutnya adalah bagaimana penggunaan dana, yakni sebuah aktivitas yang dilakukan untuk menggunakan sumber dana yang telah diperoleh dalam bentuk investasi di berbagai bentuk aset atau aktiva terkait alokasi kas, aktiva tetap dan untuk aktiva lainnya yang disesuaikan dengan jumlah aktiva yang dimiliki.

Dan ruang lingkup manajemen keuangan yang terakhir adalah bagaimana mengelola aset yang dimiliki. Yang merupakan sebuah kegiatan untuk mengelola sumber dana yang telah diinvestasikan dan dialokasikan dalam berbagai bentuk aset atau aktiva secara efektif dan efisien, untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengeluaran beban yang serendah-rendahnya.

pengertian manajemen keuangan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh pemilik ataupun pihak manajemen perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana semurah-murahnya dan untuk selanjutnya digunakan dan dikelola dengan efektif dan efisien untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah pengetahuan anda..

Recent search terms:

  • ruang lingkup manajemen keuangan
  • fungsi dan ruang lingkup manajemen keuangan
  • ruang lingkup perencanaan keuangan
  • peranan dan ruang lingkup manajemen keuangan
  • Apa saja ruang lingkup dari manajemen pembelanjaan dari suatu bisnis
  • ruang lingkup manajemwn keuangan
  • Pengertian manajemen keuangan dan ruang lingkup nya
  • makalah ruang lingkup manajemen keuangan
  • ruang lingkup yang ada di dalam manajemen keuangan
  • fungsi ruang lingkup dan aktivitas manajemen keuangan dalam perusaahaan
Pengertian Manajemen Keuangan : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: