Pengertian manajemen operasional : fungsi dan ruang lingkupnya Manajemen operasional berkaitan erat dengan manajemen suatu organisasi. Untuk mengetahui pengertian manajemen operasional, fungsi, ruang lingkup dan bagaimana cara kerjanya, mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional merupakan suatu bentuk pengelolaan yang menyeluruh dan optimal pada masalah tenaga kerja, mesin, peralatan, bahan baku atau produk apapun yang bisa dijadikan barang atau jasa yang dikomersilkan. Kegiatan seperti ini umumnya merupakan tanggung jawab dari seorang manajer operasional.

Ada beberapa definisi manajemen operasional dari para ahli. Menurut jah heizer dan barry bender, manajemen operasional merupakan kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan merubah input dan outputnya. Menurut edy harjanto adalah suatu proses yang berkesinambungan dan efektif yang menggunakan fungsi manajemen dan mengnitegrasikan berbagai sumber daya secara efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan menurut pangestu subagyo manajemen operasional merupakan suatu penerapan ilmu manajemen yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan proses produksi ataupun operasional sehingga dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien dan efektif.

Fungsi Manajemen Operasional

Fungsi manajemen operasional sendiri meliputi empat hal yaitu sebagai proses yang berupa teknik atau metode yang digunakan untuk mengolah bahan produksi, yang kedua manajemen operasional berfungsi sebagai pengorganisasian teknik, metode sehingga mampu menciptakan organisasi produk yang lebih efektif, selain itu fungsinya adalah sebagai dasar untuk penetapan perencanaan bahan dan yang terakhir fungsinya adalah sebagai program pengawasan atau control terhadap atas tujuan penggunaan bahan. Fungsi fungsi ini merupakan untuk mendukung kelangsungan hidup organisasi yaitu pemasaran produk yang mampu menghasilkan permintaan sehingga menghasilkan penjualan, produksi atau operasi yang menghasilkan produk dan keuangan atau akuntansi yang berfungsi untuk mengawasi kesehatan keuangan sebuah organisasi.

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Manajemen operasional mencakup beberapa ruang lingkup yaitu: perancangan dan perencanaan suatu system produksi dan operasi. Ruang lingkup ini meliputi bagaimana merencanakan produksi, tujuan merencanakan produksi, menentukan produk apa saja yang akan diproduksi dan digunakan oleh konsumen, menentukan kualitas harga dan waktu pengerjaan produksi. Dalam perencanaan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu seleksi dan perencanaan desain produk, seleksi ataupun perencanaan proses dan peralatan, memilih lokasi pabrik, tata letak dan fasilitas pabrik, bagaimana merencanakan lingkungan kerja yang kondusif dan memperhatikan persoalan standar yang akan muncul.

Manajemen operasional juga mencakup pengendalian produksi yang meliputi pengendalian berdasarkan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya. Perencanaan ini merupakan proses untuk pengendalian produksi yang didalamnya ada berbagai kebijakan yang harus dipenuhi. Namun proses produksi yang dijalankan harus di awasi agar tidak keluar jalur perencanaan.

Tak hanya itu ruang lingkup manajemen operasional juga meliputi system operasi produksi. System ini meliputi tiga bagian. Pertama struktur organisasi yang meliputi proses menjalin hubungan antara komponen satu dengan yang lainnya sehingga aktivitas organisasi mampu mencapai tujuan atau target organisasi.

Kedua manajemen operasional meliputi system operasi atas produksi atas dasar pesanan atau kebutuhan konsumen. Walaupun ada barang yang diproduksi secara regular namun tidak menutup kemungkinan untuk membuat barang yang diproduksi khusus atas permintaan konsumen.

pengertian manajemen operasional

Ruang lingkup dalam proses system informasi manajemen operasional juga meliputi produksi untuk pasar. Hal ini umumnya menyangkut pesanan atau produsen yang telah memiliki basis pasar yang cukup baik atau menggunakan kegiatan produksi secara regular. Umumnya produksi untuk pasar ini pada umumnya atas permintaan konsumen baik konsumen yang sudah ada maupun konsumen yang baru.

Recent search terms:

  • makalah ruang lingkup manajemen operasional
  • ruang lingkup manajemen operasional
Pengertian Manajemen Operasional : Fungsi dan Ruang Lingkupnya
Tagged on: