Pengertian manajemen pemasaran : ruang lingkup dan tugasnya – Pada sebuah perusahaan untuk mengetahui apa kebutuhan konsumen dilakukan sebuah riset pemasaran. Dalam melakukan riset ini ada banyak hal yang dilakukan seperti survey keinginan konsumen ataupun melakukan pengumpulan data lainnya. Berbagai hal yang berhubungan penelitian, perencanaan, design produk dan pemasaran dalam sebuah perusahaan seperti ini dilakukan oleh manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah proses dalam merencanakan, menganalisa, melaksanakan, mengimplementasikan dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk mencapai target perusahaan.

Definisi manajemen pemasaran ini dapat pula diartikan sebagai upaya untuk mengindetifikasi apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Manajemen pemasaran dalam sebuah perusahaan bertugas untuk melakukan riset pasar sehingga mengetahui apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen.

Pengertian manajemen operasional menurut para ahli seperti kotler/amstring menyebutkan bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu analisa, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program guna untuk membuat keuntungan dengan orientasi utama pada pembeli atau konsumen. Selain itu menurut buchari alam merupakan suatu upaya untuk merencanakan, mengarahkan dan melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pemasaran ataupun bagian di pemasaran.

Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran yang telah melakukan penelitian untuk mengetahui kebutuhan konsumen kemudian mengolah hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian inilah yang kemudian akan diteruskan pada bagian produksi sehingga diwujudkan dengan produk yang dibutuhkan konsumen. Misalnya pada suatu bisnis maka akan ada kebutuhan konsumen yang di identifikasi, misal perusahaan cat. Maka akan dilakukan penelitian atau riset pasar atas kebutuhan cat apa yang dibutuhkan konsumen, jenis dan warna apa yang saat ini dibutuhkan konsumen serta bagaimana kondisi cat yang dimiliki oleh konsumen.

Manajemen pemasaran memiliki beberapa unsur penting. Pertama, adanya orientasi pada konsumen. Umumnya produsen menghasilkan produk yang akan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga kepuasan konsumen adalah tujuan utama selain menghasilkan keuntungan. Konsumen merupakan orientasi utama dalam menjalankan strategi bisnis. Tentunya hal ini dibutuhkan proses marketing dan penjualan yang mampu mengedepankan pihak konsumen sebagai prioritas utama.

Selain itu manajemen pemasaran juga melakukan perencanaan kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Kegiatan pemasaran ini harus disusun bagaimana mampu menyediakan seluruh keperluan pemasaran sehingga proses pelaksanaan dan pengawasannya akan lebih mudah.

Manajemen pemasaran memiliki orientasi utama pada kepuasan konsumen. Hal ini harus menjadi perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Hal ini tentunya dengan mengetahui bagaimana kepuasan konsumen secara maksimal terhadap produk yang dimiliki.. Kepuasan konsumen ini tidak hanya dari produk yang dihasilkan namun juga bagaimana pelayanan yang diberikan, hubungan dengan konsumen serta bagaimana kemampuan dalam menjalankan strategi pemasaran yang baik.

Tugas Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki beberapa tugas pokok yang sangat vital pada sebuah perusahaan. Tugas manajemen pemasaran meliputi mempelajari kebutuhan konsumen dengan melakukan penelitian terhadap kebutuhan konsumen, mengembangkan kualitas produk ataupun barang yang akan dibutuhkan oleh konsumen sehingga konsumen bisa puas, membuat atau merancang desain produk atau mengembangkan desain logo atau branding produk perusahaan.

pengertian manajemen pemasaran

Selain itu manajemen pemasaran juga bertugas untuk mengatur jalannya distribusi dan memeriksa penjualan produk, kemudian mampu menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien sehingga iklan atau pesan yang ingin disampaikan pada konsumen mampu tersampaikan dengan baik, dan mampu mengatur harga untuk mendapatkan return on investment yang baik dan layak.

Recent search terms:

  • ruang lingkup manajemen pemasaran
  • lingkup manajemen pemasaran
  • ruang lingkup strategi manajemen pemasaran
  • ruang lingkup pemasaran dilihat dari fungsi manajemen
  • ruang lingkup man pemasaran dan penjelasan
  • pengertian manajemen pemasaran dan ruang lingkupnya
  • pengertian dan ruang lingkup manajemen pemasaran secara menyeluruh hubungan antara manajamen pemasaran
  • manajemen pemasaran beserta ruang lingkup
  • maksud dari ruang lingkup manajemen pemasaran
  • ruang lingkup strategi pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran : Ruang Lingkup Dan Tugasnya
Tagged on: