Pengertian manajemen proyek : fungsi dan contohnya – Sebuah proyek perlu direncanakan dengan matang agar hasilnya juga bisa maksimal. Untuk mencapai tujuan ini tentunya diperlukan sebuah manajemen proyekyang bagus. Nah, apa pengertian manajemen proyek dan bagaimana implementasinya, berikut akan kami jelaskan.

Pengertian Manajemen Proyek

Manejemen proyek merupakan suatu penerapan dari ilmu pengetahuan, keahlian dan ketrampilan ataupun cara teknis yang terbaik dengan kualitas sumber daya yang terbatas sehingga mampu mencapai sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sehingga mampu mendapatkan hasil yang optimal dalam tenggang waktu tertentu dan memperhatikan keselamatan kerja.

Definisi manajemen proyek yang lain juga menyebutkan bahwa manajemen proyek merupakan suatu kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan melakukan pengawasan serta mengendalikan suatu sumber daya organisasi perusahaan yang bertujuan untuk melaksanakan satu proyek ataupun pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

Fungsi Manajemen Proyek

Manajemen proyek memiliki fungsi yang sangat penting karena manajemen ini akan mengelola kualitas, biaya, keselamatan karyawan, lingkungan, sumber daya sistem informasi serta risiko dari sebuah proyek. Paling tidak ada tiga fungsi utama. Pertama, berfungsi sebagai perencanaan dalam menjalankan suatu proyek. Agar suatu proyek berjalan secara optimal maka dilakukan perencanaan yang matang. Untuk melakukan hal ini tentunya dibutuhkan perumusan rencana yang siap baik dari administrasi ataupun teknik agar bisa diimplementasikan dengan baik.

Fungsi kedua dari manajemen proyek adalah berguna sebagai system penjadwalan. Hal ini merupakan suatu implementasi dari tahap perencanaan yang di dalamnya terdapat rentang waktu, jadwal serta progress dalam kemajuan proyek tersebut. Proses ini memuat proses monitoring dan updating perkembangan proyek yang dijalankan.

Dalam manajemen proyek penjadwalan merupakan keharusan untuk menjalankan suatu proyek. Dalam proses penjadwalan ini proses monitoring dan updating dilakukan guna melihat keadaan realistis dari pengerjaan proyek tersebut. Metode yang digunakan untuk mengelola hal ini meliputi menggunakan kurva s (hanumm curve), barchart, penjadwalan linear dengan diagram vector, network planning serta waktu dan lamanya durasi pekerjaan.

Selain itu manajemen proyek juga berfungsi sebagai control atau pengendalian proyek. Fungsi ini sangat vital peranannya dalam mengendalikan keberhasilan proyek di akhir. Tujuan utama dilakukan hal ini adalah untuk mencegah adanya penyimpangan yang berlangsung selama proyek. Dengan dilakukannya fungsi ini bisa menjadi suatu pengendalian dalam usaha untuk mengoptimalkan kinerja, waktu, dan biaya yang dibutuhkan. Kegiatan yang mesti dilakukan dalam fungsi ini berupa pengawasan, koreksi atas pekerjaan, serta pemeriksaan dalam selama masa proses implementasi.

Manajemen proyek juga memiliki ruang lingkup yang bisa kita lihat. Pertama adalah penentuan waktu kapan sebuah proyek akan mulai dikerjakan, kedua meliputi perencanaan lingkup proyek yang akan dikerjakan dan ketiga merupakan verifikasi control dan proyek jika pada saat proses pengerjaan terjadi berbagai hal yang berlangsung.

Contoh Manajemen Proyek

Kalau kamu penasaran dengan apa saja contoh manajemen proyek, berikut kami berikan beberapa ilustrasi dari manajemen proyek yang biasa di lakukan. Misalnya adalah proyek konstruksi bangunan. Hal ini sering kita lihat sehari hari. Seperti pembangunan gedung, hotel, pencakar langit ataupun pembangunan berbagai fasilitas umum lainnya.

pengertian manajemen proyek

Contoh manajemen proyek lainnya misalnya adalah proyek penelitian ataupun pengembangan produk yang dibuat untuk meningkatkan kualitas produk, proyek manufaktur yang meliputi perencanaan hingga produksi. Tak hanya itu contoh lainnya misalnya adalah proyek padat modal. Proyek seperti ini merupakan proyek yang memakan banyak modal besar seperti proyek pembebasan lahan, proyek pengadaan barang dan jasa dan proyek pembangunan fasilitas untuk produksi.

Recent search terms:

  • contoh manajemen proyek
  • fungsi manajemen proyek
  • kegunaan manajemen proyek
  • contoh maanajemen proyek pembangunan
  • contoh kerja proyek dan contohnya
  • pengertian manajemen proyek dan contoh
  • contoh produk yang menggunakan manajemen proyek
  • definisi manajemen proyek dan contoh
  • fungsi dasar manajemen proyek
  • fungsi dasar manajemen proyek dan contohnya
Pengertian Manajemen Proyek : Fungsi dan Contohnya
Tagged on: