Pengertian masalah sosial : jenis dan penyebabnya – Di Indonesia ini khususnya sebagaimana yang kita tahu bahwa ada banyak sekali kesenjangan yang disebabkan oleh masalah sosial. Untuk mengetahui lebih detail tentang apa itu masalah sosial, apa saja jenis-jenisnya dan apa saja yang menjadi penyebab masalah sosial terjadi? Hal ini akan di jelaskan lebih lanjut kepada anda di dalam artikel ini.

Pengertian Masalah Sosial

Apa itu masalah sosial? Adapun menurut Soerjono Soekanto mengungkapkan bahwa masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian yang terjadi antara unsur-unsur sebuah kebudayaan atau masyarakat, sehingga dapat membahayakan kehidupan dari sebuah kelompok sosial masyarakat tersebut. Jika hal ini terjadi maka bentrokan yang terjadi antara unsur-unsur kebudayaan tersebut akan dapat menimbulkan berbagai gangguan hubungan sosial yaitu seperti adanya kegoyahan dalam kehidupan berkelompok dan bermasyarakat.

Masalah sosial ini juga dapat muncul karena akibat dari terjadinya perbedaan yang terlalu mencolok antara nilai dan realita dalam kehidupan masyarakat. Yang dapat menjadi contoh dari sumber masalah sosial adalah bencana alam dan proses sosial.

Masalah sosial dalam masyarakat ini biasanya akan di atur dan di tetapkah lembaga tertentu yaitu sebuah lembaga yang memiliki kewenangan khusus diantaranya adalah tokoh masyarakat, pemerintah, dan juga berbagai organisasi sosial masyarakat, dan lainnya.

Jenis Masalah Sosial

Untuk jenis masalah sosial terbagi menjadi 3 yang pertama adalah konflik dan kesenjangan yang terdiri dari masalah kemiskinan, kesenjangan dan konflik yang terjadi antar kelompok, adanya masalah dengan pelecehan seksual dan masalah lingkungan lainnya. Sedangkan jenis yang kedua dari masalah sosial yaitu perilaku yang menyimpang. Sebagai contoh dari jenis masalah sosial ini adalah remaja atau individu yang kecanduan obat-obatan terlarang seperti narkoba, adanya gangguan mental, kenakalan remake dan adanya kekerasan di dalam pergaulan antar individu

Jenis yang ketiga adalah perkembangan manusia yang bisa kita lihat pada masalah keluarga, usia yang tua, perpindahan penduduk dari desa ke kota dan juga berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan seksual suatu individu.

Penyebab Masalah Sosial

Adapun untuk masalah sosial juga memiliki beberapa factor penyebab yang diantaranya yang pertama adalah factor ekonomi. Faktor ekonomi ini merupakan sebuah factor yang terbesar menjadi penyebab munculnya masalah sosial. Dapat kita lihat ketika terjadinya krisis global PHK, maka akan cenderung membuat kriminal menjadi merajalela yang di sebabkan oleh tidak adanya penghasilan karena kehilangan pekerjaan, pengangguran, dan juga kemiskinan.

Faktor jenis masalah sosial yang kedua adalah factor biologis yang bisa kita lihat pada Kenakalan remaja saat ini. Kenakalan remaja ini bisa menjadi sebuah masalah sosial yang hingga saat ini sangat sulit untuk di hilangkan di dalam masyarakat. Hal ini biasanya di sebabkan oleh remaja yang suka coba-coba hal yang baru namun memiliki dampak yang negatif seperti narkoba, padahal sebagaimana yang kita tahu bahwa remaja merupakan aset terbesar dari suatu bangsa untuk melanjutkan pembangunan bangsa.

Jenis masalah sosial selanjutnya adalah factor biologis yang bisa terjadi melalui Penyakit yang menular. Hal ini karena penyakit yang disebabkan oleh biologis ini bisa menimbulkan masalah sosial jika penyakit tersebut menyebar di dalam suatu wilayah.

pengertian masalah sosial

Factor masalah sosial yang terakhir adalah factor psikologis sebagai contohnya adalah aliran sesat banyak terjadi khususnya di Indonesia. Aliran-aliran ini tentunya meresahkan masyarakat walaupun sudah banyak di lakukan penangkapan namun tetap saja aliran ini selalu muncul dan berkembang di daerah yang berbeda-beda.

Recent search terms:

  • pengertian masalah sosial
  • yhs-1
  • jenis masalah sosial
  • jenis jenis masalah sosial
  • Artikel Sastra urban
  • contoh sastra urban lengkap
  • macam-macam masalah sosial penyebab dan contohnya
  • jenis penyebab masalah sosial
  • jelaskan munculnya masalah sosial
  • contoh artikel mengenai sastra urban
Pengertian Masalah Sosial : Jenis dan Penyebabnya
Tagged on: