Pengertian media komunikasi : fungsi dan macam macamnya – Media komunikasi adalah suatu sarana komunikasi bisa berupa alat atau sarana yang digunakan komunikator dalam menyampaikan informasi atau pesan kepada orang banyak. Media komunikasi manusia adalah pancaindera khususnya mata dan telinga. Fungsi media komunikasi adalah untuk kita melihat, menafsirkan, memahami sesuatu informasi yang ada disekitar kita. Bayangkan jika disekitar kita tidak ada komunikasi, kita akan merasa sepi dan terisolir dengan lingkungan sekitarnya. Komunikasi tanpa adanya lingkungan juga tidak akan berjalan dengan baik.

Dan bagi manusia untuk berkomunikasi tentunya membutuhkan media komunikasi, media ini yang dimaksud berupa sarana, penyalur dan penyaji informasi. Pada kehidupan masyarakat dewasa ini komunikasi sangatlah penting. Karena saat ini orang sangat cepat dalam mencari informasi yang tepat, akurat, mudah dan efektif.

Fungsi Media Komunikasi

Ada beberapa fungsi yang perlu diketahui dari media komunikasi diantaranya :

  1. Media komunikasi sebagai sarana mempermudah dalam penyampaian suatu komunikasi kepada orang banyak.
  2. Media komunikasi sebagai sarana untuk mempercepat informasi sampai.
  3. Media komunikasi sebagai sarana untuk mempercepat isi pesan yang sifatnya abstrak.
  4. Media komunikasi dapat sebagai sarana untuk komunikasi agar lebih bersemangat.

Macam Macam Media Komunikasi

Ada bermacam-macam media komunikasi yang dapat dibedakan berdasarkan fungsi, bentuknya dan juga berdasarkan jangkauannya. Berikut beberapa macam media komunikasi yang bisa anda simak.

Media komunikasi berdasarkan dengan fungsinya dibedakan menjadi beberapa jenis berikut :

  1. Media komunikasi sebagai penghasil berbagai macam informasi, misalnya : computer/PC pengolah kata
  2. Media komunikasi untuk mencetak ulang dan menggandakan suatu informasi , misalnya : audio tapes recorder dan video tapes.
  3. Media komunikasi untuk menyebarluaskan dan juga menyampaikan informasi kepada komunikan yang menjadi sasarannya, misalnya : handphone, telephone, faximile, dan lainnya.

Media komunikasi berdasarkan dari bentuknya dibedakan menjadi beberapa jenis berikut :

  1. Media cetak yang terdiri dari berbagai macam barang yang tercetak sebagai sarana informasi, misalnya surat/Koran, brosur, bulletin, panflet dan lainnya.
  2. Media audio yang berfungsi sebagai penerima informasi dan disampaikan melalui indera pendengaran seperti radio atau telephone.
  3. Media visual merupakan media komunikasi dimana informasinya hanya tersampaikan dalam bentuk gambar atau sesuatu yang bisa ditangkap oleh indera penglihatan, misalnya foto
  4. Media audio visual adalah media komunikasi yang bisa dilihat juga bisa didengar, misalnya televisi dan video.

Jenis media komunikasi lainnya berdasarkan jangkauanya adalah media komunikasi eksternal dan media komunikasi internal. Media komunikasi eksternal yang merupakan media komunikasi untuk menjalin suatu hubungan dengan pihak luar seperti misalnya media cetak, televisi, telepon, surat dan juga internet.

Sedangkan untuk media komunikasi internal merupakan media komunikasi yang bertujuan untuk sarana menyampaikan dan penerima informasi untuk internal saja. Jenis media komunikasi internal misalnya surat, telepon, papan pengumuman, majalah bulanan dan lainnya.

Kemudian ada juga elemen media komunikasi yang dijadikan dasar media komunikasi baru, berikut beberapa elemen dasar yang perlu diketahui adalah keterampilan berfikir secara kritis agar dapat melakukan pengembangan nilai independen terhadap suatu media. Pemahaman terhadap proses komunikasi massa. Kesadaran akan dampak media terhadap individu dan juga masyarakat.

pengertian media komunikasi

Elemen dasar lainnya adalah strategi untuk menganalisis dan mendiskusikan pesan dari media tersebut, masyarakat perlu menyerap suatu informasi dari media yang akurat dan terpercaya. Kesadaran akan isi dari sebuah media atau teks yang menyediakan wawasan bagi kehidupan. Kemampuan untuk menikmati dan memahami serta menghargai isi media komunikasi. Dan yang terakhir adalah pengembangan keterampilan produksi yang efektif dan bertanggung jawab.

Recent search terms:

  • media komunikasi
  • fungsi media komunikasi
  • pengertian media komunikasi
  • macam macam media komunikasi
  • jelaskan fungsi media komunikasi
  • fungsi alat komunikasi
  • Macam media komunikasi
  • macam macam media informasi
  • media komunikasi adalah
  • fungsi komunikasi berdasarkan fungsinya
Pengertian Media Komunikasi : Fungsi dan Macam Macamnya
Tagged on: