Pengertian metode pembelajaran : macam-macam dan contohnya – Pembelajaran merupakan kegiatan wajib yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan pendidikan guna mencetak generasi bangsa yang berilmu pengetahuan tinggi. Untuk mewujudkan tujuan ini diperlukan pembelajaran efektif. Namun untuk pelaksanaannya tentu tidaklah mudah oleh karenanya para pendidik sangat membutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk membuat pembelajaran menyenangkan, efektif dan efisien.

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode merupakan satu kata yang murujuk pada cara yang akan digunakan untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Dan jika dikaitkan dengan proses pembelajaran, maka definisi metode pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara yang dipilih oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Metode pembelajaran ini memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran, selain agar proses belajar mengajar tidak membosankan, peserta didik juga akan semakin mudah mencerna materi yang diberikan. Untuk itulah ketika memilih sebuah metode pendidik harus memperhatikan karakteristik peserta didik. Pendidik dapat menggunakan metode yang berbeda untuk tiap kelasnya disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik.

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Ada beberapa jenis metode pembelajaran yang umum digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang paling umum digunakan adalah metode ceramah. Namun terkadang metode ini menjadi cukup membosankan apabila tidak disertai oleh kemampuan manajemen kelas yang kurang. metode ceramah biasanya dibarengi dengan metode tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.

Metode pembelajaran selanjutnya adalah metode diskusi. Metode ini dilakukan dengan menyajikan sebuah materi untuk kemudian dianalisis secara terbuka hingga ditemukan sebuah penyelesaian masalahnya. Metode ini akan lebih efektif jika melibatkan seluruh peserta didik. Selain itu pendidik juga dapat mengkolaborasikan metode ini dengan metode pemberian tugas baik secara individu ataupun kelompok yang selanjutnya dipresentasikan dan didiskusikan secara terbuka di kelas.

Selanjutnya ada metode eksperimen, yang merupakan sebuah metode yang akan memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan uji coba terhadap sebuah materi yang telah dipelajarinya. Melalui metode ini peserta didik diberi kesempatan untuk mengamati, menganalisis dan membuktikan sendiri teori yang telah dipelajarinya.

Metode pembelajaran yang kelima adalah metode demonstrasi, metode ini juga sangat umum dilakukan dalam proses pembelajaran. Dilakukan dengan memperagakan atau menunjukkan proses ataupun cara kerja dari materi yang sedang dipelajari untuk selanjutnya ditirukan oleh peserta didik. Dan terakhir adalah metode tutorial. Dalam proses pembelajaran metode ini dapat sesekali dilakukan baik secara kelompok ataupun individu. Namun sebelumnya pendidik harus menjelaskan mengenai materi secara umum, untuk selanjutnya dikerjakan oleh peserta didik dengan bimbingan guru.

Contoh Metode Pembelajaran

Selain menggunakan beberapa metode diatas, pendidik juga dapat menggunakan cara-cara lain untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Dan berikut beberapa contoh metode pembelajaran yang terbilang efektif dan efisien, yang antara lain adalah metode debat, metode role playing dan metode problem solving.

Metode debat sangat bermanfaat untuk memperdalam kemampuan siswa dalam penguasaan materi dan melatih kemampuan komunikasi siswa, sementara metode role playing bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi dan pemahaman siswa terhadap sebuah kondisi melalui pemeranan tokoh baik tokoh hidup maupun benda mati.

pengertian metode pembelajaran

Dan metode problem solving sangat efektif untuk melatih siswa dalam menghadapi sebuah masalah dan mencari jalan keluar terbaik. Demikianlah beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran semakin efektif dan efisien, semoga bermanfaat..

Recent search terms:

  • metode pembelajaran
  • contoh metode pembelajaran
  • pengertian metode pembelajaran
  • contoh metode
  • metode belajar
  • macam-macam metode pembelajaran
  • macam metode pembelajaran
  • macam macam meyode pbelajaran
  • macam macam metode pembelajaran
  • metode pembelajaran dan contohnya
Pengertian Metode Pembelajaran : Macam-Macam dan Contohnya
Tagged on: