Pengertian monitor komputer : fungsi dan jenisnya – Tentunya hampir setiap orang pernah menggunakan perangkat komputer. Tentunya pada perangkat komputer tersebut terdapat bagian-bagian yang mempunyai peranan dan fungsinya tersendiri. Mulai dari cpu, mouse, monitor, speaker dan stabilisator. Walaupun sudah terlampau sering menggunakan berbagai perangkat komputer tersebut, sudah bisa dijamin banyak yang tidak mengetahui pengertian dan kegunaannya secara mendetail. Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian, fungsi dan jenis monitor komputer.

Pengertian Monitor Komputer

Salah satu perangkat komputer setelah cpu yang terpenting adalah monitor komputer. Secara bentuknya, monitor komputer ini merupakan sebuah layar yang mampu menampilkan gambar tulisan, maupun video. Sedangkan jika ditinjau dari ukurannya, cukup beragam mulai dari luas layar hingga bagian belakang yang terdapat tabungnya. Di sisi lain saat ini perkembangan monitor komputer juga cukup pesat.

Sedangkan bila didefinisikan secara ilmiah, monitor komputer adalah visual display unit yang merupakan perangkat keras komputer yang memegang peranan vital dalam sistem komputerisasi. Dengan kata lain monitor komputer adalah display adaptor yang mampu menayangkan informasi melalui proses oleh kartu video komputer. Pada dasarnya informasi biner yang diterima hanya 1s dan os akan diubah menjadi gambar dan bisa kita lihat secara langsung di monitor.

Perangkat monitor komputer merupakan salah satu cara mudah untuk bisa mempelajari penggunaan komputer. Dimana melalui tampilan visual pengguna bisa berinteraksi dan berkomunikasi. Sedangkan cara lainnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan suara dan tulisan yang dihasilkan oleh monitor atau perangkat komputer ini,

Fungsi Monitor Komputer

Monitor komputer memiliki fungsi sebagai output dari memory komputer atau sering juga disebut sebagai central processing unit. Pesan tersebut nantinya akan diubah ke dalam bahasa manusia yang ditampilkan ke monitor yang bisa dinikmati oleh pengguna. Tidak hanya itu manfaat monitor komputer lainnya adalah sebagai perangkat yang menampilkan berbagai data-data yang berbentuk grafis tampilan dari process.

Jenis Monitor Komputer

Monitor komputer dapat dibedakan dari berbagai hal. Salah satunya adalah pengklasifikasian yang dibedakan berdasarkan ukuran monitornya. Yang mana luas motornya tersebut sangat bervariasi, dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Pasalnya ukuran monitor bervariasi mulai dari 14”, 15 ”, 17”, 19”, 20”, 21” 22”, 24”

Pengklasifikasian monitor komputer selanjutnya adalah berdasarkan resolusi monitornya. Dimana hal tersebut dibedakan berdasarkan ukuran display resolusi yang berbeda pixel untuk setiap dimensi yang ditampilkan. Resolusi monitor tersebut menyakan width x height antara lain : 1366 x 768, 1360 x 768, 1280 x 768, 1280 x 720, 1280 x 600, 1024 x 768 dan 800 x 600.

Sedangkan ditinjau dari jenis dan bentuk monitornya saat ini telah banyak mengalami perkembangan. Salah satunya adalah crt atau yang disebut sebagai cathode ray tube. Sebagai monitor paling tertua ini bisa dilihat pada perangkat komputer yang lama dengan pentium rendah memiliki bentuk yang besar dan tidak fleksible. Jenis monitor ini menggunakan cara kerja dengan memancarkan sinar katoda dengan kecepatan tinggi di dalam tabung hampa udara yang nantinya akan dipantulkan. Keuntungan monitor crt ini adalah harganya yang terjangkau sekali. Namun pengguna sebaiknya menggunakan kaca filter yang mampu mengurangi cahaya radiasi elektromagnetik.

Jenis monitor komputer yang lebih canggih dibanding dengan crt adalah lcd atau monitor liquid crystal display. Monitor jenis ini didesain dengan menggunakan cairan crystal yang mampu menghadirkan kualitas display yang warnanya cukup mumpuni. Selain itu kualitas gambar yang dihasilkan pun cukup jernih dan tajam serta mampu melakukan penghematan energy. Walaupun dihargai dengan harga yang cukup mahal, tentunya para pengguna tetap menyukai jenis ini dikarenakan bentuknya yang lebih elegan dan tipis atau tidak memakan tempat.

pengertian monitor komputer

Nah setelah crt dan lcd, saat ini telah disusul dengan monitor komputer yang lebih teranyar yaitu secara berurutan antara lain led, monitor plasma, dan monitor oled. Nah itulah beberapa penjelasan monitor komputer semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • fungsi dari monitor dan jenisnya
  • apa fungsi dari monitor komputer
  • pengertian monitor dan cpu
  • pengertian dan fubgsi display unit
  • lihat manfaat monitor
  • gambar monitor komputer dan jenisnya
  • fungsi dan pengertian monitor komputet
  • bagaimana cara kerja Visual display unit
  • apa manfaat pada tampilan visual monitor
  • visual display unit sering disebut
Pengertian Monitor Komputer : Fungsi dan Jenisnya
Tagged on: