Pengertian motivasi belajar : fungsi dan pentingnya motivasi belajar merupakan hal yang amat penting yang dibutuhkan oleh manusia. Ia tidak terbatas pada status atau tingkat yang dilekatkan pada lembaga pendidikan seperti murid, mahasiswa, guru, maupun profesor melainkan ia merupakan kegiatan yang dibutuhkan guna terus meningkatkan kecintaan pada belajar. Ia dibutuhkan ketika seseorang tengah belajar untuk meneguk indahnya ilmu pengetahuan.

Pengertian Motivasi Belajar

Secara deskriptif, pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan kegiatan yang menggerakkan diri seseorang secara fisik dan pikiran yang dipengaruhi oleh minat dan tujuan yang dapat menjamin keberlangsungan proses belajar yang efektif yang mampu mencapai kesuksesan serta keberhasilan orang yang melaksanakannya. Lebih jelasnya, tiap-tiap kata akan dideskripsikan secara lebih lanjut.

Motivasi Belajar berasal dari dua kata yang memiliki fungsi yang berbeda, ia merupakan gabungan kata yang terdiri atas kata kerja yang dilekati oleh kata sifat. Motivasi adalah sebuah ungkapan sifat yang mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang dalam mencapai sesuatu, dalam hal ini adalah belajar. Motivasi ini bersifat positif karena mampu mendorong sikap seseorang agar terus maju dan berusaha untuk menggapai atau menjalankan sesuatu.

Sedangkan belajar merupakan sebuah tindakan mendapatkan informasi yang dilandaskan oleh keilmuan yang dibutuhkan oleh manusia. Ia dapat timbul melalui hal yang bersifat intrinsik serta ekstrinsik. Faktor intrinsik dapat berupa hasrat atau keinginan sedang faktor eksternal berupa harapan atau cita-cita. Ada beberapa fungsi tertentu serta indikator yang perlu diketahui untuk mengukur tingkat kesuksesan yang dilakukan oleh seseorang yang tengah menjalankan proses belajar ini.

Fungsi Motivasi Belajar

Motivasi Belajar memiliki beberapa fungsi penting yang dapat selalu membantu siswa untuk dapat menggapai harapan atau cita-cita mereka. Ia berfungsi tidak hanya sekadar sebagai penyemangat namun lebih dari itu ia mampu bertindak sebagai pemusat motivasi untuk menjadikan seseorang menjadi bersifat lebih baik. Dengan kata lain, ia mampu mengubah kebiasaan atau tingkah laku seseorang dari yang sebelumnya kurang aktif menjadi aktif.

Beberapa fungsi motivasi belajar adalah sebagai berikut. Ia mampu mendorong timbulnya perasaan senang saat belajar. Artinya, ia dapat mengubah kebiasaan atau tingkah laku seseorang yang sebelumnya merasa jenuh ketika belajar menjadi hal yang menyenangkan dan dapat dinikmati. Ia menjadi semacam sebuah motor penggerak yang ada dalam diri seseorang yang tengah mengerjakan sesuatu agar terus berada dalam keadaan yang semangat dan aktif.

Motivasi Belajar juga berfungsi sebagai pengarah belajar yang memiliki artian mendorong perubahan diri seseorang saat belajar agar dapat mencapai sesuatu yang ia inginkan. Motivasi dapat berupa motivasi intrinsik yang berasal dari dalam sendiri maupun motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar. Ada beberapa hal yang membuat menumbuhkan motivasi saat belajar ini menjadi sangat penting.

Pentingnya Motivasi Belajar

Beberapa hal mengenai pentingnya motivasi belajar adalah sebagai berikut. Motivasi dapat menjadi pendorong atau penggerak energi yang ada dalam diri seseorang ke arah hal yang positif. Ia menjadi motor yang menggerakkan aktivitas seseorang. Selain itu, motivasi juga menjadi penentu arah tindakan yang ingin dicapai. Adanya kejelasan tindakan yang disertai dengan langkah yang jelas pula membantu proses pencapaian cita menjadi lebih mudah.

Dengan adanya motivasi, usaha yang dilakukan juga lebih terencana. Segala perilaku atau tindak laku yang akan dilakukan akan lebih terseleksi sehingga hanya perilaku yang sesuai dengan tujuan yang baik sajalah yang akan mampu menggerakkan diri seseorang menjadi lebih dekat ke arah yang dia ingin capai. Memberikan motivasi akan sangat membantu proses belajar diri seseorang menjadi ke arah yang lebih baik lagi.

pengertian motivasi belajar

Motivasi Belajar dapat berupa beberapa tindak laku atau ucapan yang mampu menyuntikkan semangat belajar pada diri seseorang. Motivasi yang dilakukan dengan memberikan pujian misalnya, ternyata lebih baik daripada memberikan hukuman. Motivasi yang terpupuk dengan baik akan membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan berjalan dengan lebih baik sehingga mampu melahirkan prestasi yang ingin dia capai. Demikianlah pentingan motivasi bagi setiap orang yang menumbuhkan minat serta kecintaan terhadap proses belajar.

Recent search terms:

  • fungsi pentingnya motivasi
  • pengertian motivasi dan ruang lingkup motivasi
Pengertian Motivasi Belajar : Fungsi dan Pentingnya
Tagged on: