Pengertian negara berkembang : ciri-ciri dan contohnya – Setiap negara di dunia ini tentunya memiliki kekayaan dan potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi lebih maju. dikatakan negara maju apabila potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan juga bermanfaat bagi negara-negara lain. Dengan demikian, keadaan negara dan penduduknya akan makmur dan memiliki standar taraf hidup yang tinggi. Namun, sebaliknya bagi negara berkembang. Negara dengan kategori berkembang adalah negara yang masih memiliki standar hidup rendah dan menengah. Negara yang masih seperti ini masih membutuhkan proses dalam mengembangkan potensi dan sumber daya alam dan juga manusianya untuk lebih maju. Mengenai negara maju, akan dibahas sebagai berikut.

Pengertian Negara Berkembang

Pengertian negara berkembang masih belum ada istilah yang sudah permanen untuk mendefinisikannya. Namun, negara berkembang ini merupakan istilah umum untuk mendeskripsikan suatu negara dengan taraf kesejahteraan yang masih rendah karena berbagai faktor yang ada. Adanya beberapa sektor kenegaraan, belum bisa menopang kebutuhan negara dan penduduknya sehingga tingkat kesejahteraannya masih rendah.

Untuk mengelompokkan apakah negara tersebut merupakan negara berkembang atau tidak dapat diukur dari beberapa hal diantaranya adalah sistem politik negara tersebut misalnya negara-negara kapitalis dan sosialis. Pengelompokan lainnya adalah menurut bentuk pemerintahannya, seperti monarki, serikat dan republik. Namun yang paling fenomenal adalah pengelompokannya dari segi ekonomi dan kemajuan teknologinya. Agar lebih jelas, berikut adalah ciri-ciri negara berkembang tersebut.

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Untuk dikatakan negara tersebut berkembang atau maju, tentunya ada indikator tertentu. Indikator atau bisa juga dikatakan ciri-ciri negara berkembang yang pertama adalah pendapatan perkapita penduduknya. Pendapatan atau income penduduk suatu negara merupakan cermin dari negaranya. Di negara-negara maju, pendapatan penduduk perkapitanya tinggi, namun di negara berkembang tentu income-nya lebih rendah atau berada dibawah tingkatan dari pada negara maju.

Ciri kedua yaitu, pertumbuhan penduduk. Pada negara maju, pertumbuhan penduduknya sangat dipertimbangkan, angka kelahiran sangat diperhitungkan karena setiap kepala keluarga hanya memprogram dua anak. Angka kematian juga rendah dikarenakan tingginya teknologi terutama dalam bidang kesehatan. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka sumber daya alam yang tersedia juga harus banyak. Di negara berkembang, inilah yang sering terjadi antara pertumbuhan penduduk dan sumber daya alam tidak seimbang.

Ciri selanjutnya yaitu jumlah tenaga kerja. Negara maju memiliki kesempatan kerja yang sangat besar sehingga jumlah tenaga kerja juga sangat dibutuhkan yang tentunya juga berakibat pada keadaan ekonomi suatu penduduk. Namun di negara berkembang tidak demikian karena sektor industri tidak besar sehingga kegiatan ekonomi penduduk lebih pada bidang pertanian atau perkebunan.

Ciri lainnya masih berhubungan dengan ciri yang sebelumnya yaitu, perekonomiannya masih pada sektor primer. Hal ini tentu sangat berbeda dengan negara maju yang sektor perekonomiannya adalah sektor industri ketiga dan keempat. Negara berkembang masih mengandalkan kekayaan alam dalam menjalankan kegiatan perekonomiannya dan pengolahan jasa masih kurang.

Selain itu, tingkat pendidikan dan kesehatan yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari terbatasnya fasilitas yang ada. Dengan demikian, pendidikan dan kesehatan belum bisa maksimal dan bahkan belum merata.

Contoh Negara Berkembang

Contoh negara berkembang sebagian berada di Afrika, Asia, Amerika selatan. Seperti negara India yang berada di kawasan Asia Selatan. India memiliki jumlah penduduk yang besar dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan seperti pertanian, peternakan dan pertambangan.

pengertian negara berkembang

Selain negara India, contoh lainnya yaitu negara berkembang di Benua Asia diantaranya Indonesia, Kazakstan, Mongolia, Malaysia, Myanmar, Thailand, Timor Leste, dll. sedangkan daftar negara berkembang di Benua Afrika seperti Mesir, Maroko, Sudan, Tunisia, Liberia, Nigeria, dll.

Recent search terms:

  • Pengertian negara berkembang
  • pengertian negara berkembang adalah
  • Ciri ciri negara berkembang beserta contoh negaranya
  • contoh negara berkembang dan penjelasannya
  • contoh negara yang sumber daya alam dan manusianya berkembang
  • pengertian kegiatan berkembang
  • pengertian negara potensial tinggi contoh
  • penjelasan dan ciri ciri negara income rendah
Pengertian Negara Berkembang : Ciri-Ciri dan Contohnya
Tagged on: